CEO Linkedin Jeff Weiner Mundur Setelah 11 Tahun Memimpin

Jeff Weiner

CEO Linkedin Jeff Weiner Hengkang Setelah 11 Tahun Memimpin

Setelah sebelumnya Tony Fernandes CEO AirAsia mundur dari jabatannya, kini langkah serupa juga diambil Jeff Weiner yang memimpin media sosial LinkedIn. Kedua sosok hebat tersebut mengundurkan diri dalam waktu yang berdekatan kurang dari satu minggu.

Hal itu langsung dimumkan oleh pihak manajemen perusahaan LinkedIn sekaligus menunjuk Ryan Roslansky sebagai penggantinya terhitung tanggal 1 Juni 2020. Roslansky sekarang menduduki posisi Senior Vice President untuk bagian produksi dan user experience.

Meski mundur dari CEO, Jeff Weiner masih berada di struktur perusahaan dengan mengisi posisi Executive Chairman LinkedIn.

“Saya selalu berpikir akan memegang posisi itu selama saya bahagia, kemudian saya sadar sangat mencintai tempat ini dan tujuan serta visi kami malah menjadi sangat berhubungan dengan tujuan diri saya sendiri,” ungkapnya.

Yuk, kita langsung simak aja cerita lengkap Jeff Weiner dalam membangun kariernya berikut ini: 

Pernah bekerja di Warner Bros dan Yahoo!

gedung warner bros
Pernah bekerja di Warner Bros dan Yahoo! (Shutterstock)

Jeff Weiner merupakan lulusan Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat jurusan Ekonomi pada tahun 1992. Setelah lulus, dia memulai karier sebagai Analayst di Braxton Associates selama dua tahun.

Lalu melanjutkan karier di Warner Bros Studio selama lima tahun lebih sebagai  Manajer dan Vice President. 

Gak hanya sampai di situ saja, Jeff juga sempat bekerja di raksasa internet Yahoo! dari tahun 2001 hingga  2008. Jabatan tertingginya adalah Executive Vice President Network Division.

Jeff Weiner bergabung bersama Linkedin sejak tahun 2009

halaman pencarian kerja LinkedIn di laptop
Jeff Weiner bergabung bersama Linkedin sejak tahun 2009 (Shutterstock

Pria kelahiran Kota New York, Amerika Serikat, 21 Februari 1970 ini memulai kariernya  sebagai CEO Linkedin pada Desember 2008. 

Selama 11 tahun tersebut, dia gunakan waktunya untuk membangun reputasi LinkedIn di dunia pekerja profesional.

Selama waktu tersebut Jeff Weiner juga sempat mendirikan satu perusahaan bernama Next Play Ventures yang bergerak di bidang pendanaan modal ventura tahun 2014. Selain jago bekerja, ternyata Jeff juga jago dalam dunia bisnis ya, patut dicontoh nih

Berkat Jeff Weiner, kini LinkedIn punya 500 juta pengguna lebih

gedung-gedung bertingkat tinggi
Berkat Jeff Weiner, kini LinkedIn punya 500 juta pengguna lebih (Shutterstock)

Saat ini, hampir semua pegawai yang bekerja di kota besar dunia menggunakan LinkedIn sebagai media sosial untuk berbagi informasi mengenai dunia kerja. Berbeda dengan Facebook yang punya konsep lebih menyasar ke kehidupan sehari-hari.

Gak hanya berbagi informasi tentang pekerjaan, Jeff Weiner berhasil membuat LinkedIn sebagai portal lowongan kerja di mana banyak HRD perusahaan besar memanfaatkannya guna mengiklankan posisi yang kosong.

Ini terbukti ampuh meningkatkan pengguna Linkedin yang hari ini mencapai angka 500 juta lebih. Kamu salah satu penggunanya, bukan?

LinkedIn dibeli oleh Microsoft tahun 2016

gedung Microsoft
LinkedIn dibeli oleh Microsoft tahun 2016 (Shutterstock)

LinkedIn adalah medsos yang didirikan oleh Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly dan Jean-Luc Vaillant di California, Amerika Serikat tahun 2002.

Tetapi melihat perkembangan yang pesat, pada 2016 perusahaan Microsoft mengakuisisi LinkedIn seharga US$ 26 miliar atau setara Rp 355 triliun. 

Sosok Jeff Weiner ternyata berkontribusi besar atas akuisisi tersebut karena memperlancar arus komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Berapa tunjangan dan harta kekayaan Jeff Weiner?

beberapa lembar uang dolar
Berapa tunjangan dan harta kekayaan Jeff Weiner? (Shutterstock)

Pada tahun 2015 Jeff Weiner mendapat tunjangan sekitar US$ 19,9 juta atau setara Rp 272 miliaran. Sedangkan untuk kekayaannya sendiri tercatat sekitar US$ 150 juta atau setara Rp 2 triliun.

Itulah sedikit cerita tentang Jeff Weiner yang bakal lengser dari kursi CEO Linkedin. Semoga bisa menginspirasi kamu ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis