6 Fakta Chatib Basri, Eks Menkeu SBY yang Diangkat Jadi Komisaris Mandiri

chatib basri

chatib basri

Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri. Kinerja Chatib Basri dinilai mumpuni untuk membantu membawa Bank Mandiri menjadi lebih berkembang lagi.

Pengangkatan ekonom jebolan UI ini dilakukan hari ini (9/12/2019), melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB). 

Chatib Basri telah malang melintang mengisi posisi jabatan-jabatan strategis. Tidak hanya di pemerintahan saja, melainkan juga di sektor swasta. 

1. Chatib Basri jebolan UI dan Australia National University 

chatib basri
Chatib Basri jebolan UI dan Australia National University (Instagram/@chatibbasri)

Chatib Basri lahir pada tahun 22 Agustus tahun 1965. Dia merupakan salah satu ekonom yang mumpuni di Indonesia. 

Chatib menyelesaikan studi sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1992. 

Lulus dari UI, dia melanjutkan studi master di Australia National University dan lulus tahun 1996. Lima tahun kemudian, menyusul gelar doktor dari universitas yang sama berhasil disabetnya. 

Baca juga: Diisukan Bakal Bangkrut, Bank Mandiri Faktanya Cetak Profit Rp 13 Triliun

2. Mengawali karier sebagai peneliti 

Chatib Basri
Mengawali karier sebagai peneliti (Instagram/@chatibbasri)

Mengingat kariernya di bidang akademik sangat cemerlang, dia dipercaya bekerja sebagai peneliti di beberapa lembaga.  Di Indonesia, pria kelahiran Jakarta itu pernah bekerja sebagai peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat (LPEM) UI. 

Sementara di Australia, saat tengah menyelesaikan studi ia diminta untuk menjadi asisten peneliti salah seorang profesor di Australia National University. Tugas tersebut diembannya hingga gelar doktor berhasil diraihnya tahun 2001. 

3. Seorang dosen di Fakultas Ekonomi UI 

chatib basri
Seorang dosen di Fakultas Ekonomi UI (Instagram/@chatibbasri)

Selain peneliti, Chatib juga dipercaya untuk menjadi staff pengajar di Fakultas Ekonomi UI. Jika dilihat dari situs resminya FEB UI, dia tercatat sebagai dosen di departemen Ilmu Ekonomi dan masih aktif hingga saat ini. 

Terbukti melalui Instagram pribadinya, pria 54 tahun ini pernah mengunggah jadwal perkuliahan ‘Pengantar Ekonomi I’ lengkap dengan deretan nama tim pengajarnya. 

Tercantum dengan jelas nama Chatib Basri dan Menteri Keuangan saat ini Sri Mulyani sebagai salah satu dosennya. 

4. Konsultan di berbagai lembaga internasional 

chatib basri
Konsultan di berbagai lembaga internasional (Instagram/@chatibbasri)

Kariernya gak cuma moncer di dalam negeri saja, tetapi juga di lembaga-lembaga internasional. Chatib Basri dipercaya menjadi konsultan di lembaga-lembaga milik PBB, mulai dari USAID, AUSAID, sampai UNCTAD. 

Sementara di World Bank, dia pernah menjabat sebagai konsultan dan kini sebagai anggota Dewan Penasehat untuk bidang Gender dan Pembangunan. 

5. Jadi Komisaris di perusahaan-perusahaan swasta 

chatib basri
Jadi Komisaris di perusahaan-perusahaan swasta (Instagram/@chatibbasri)

Jika ditugaskan menjadi komisaris di Bank Mandiri, sepertinya bukan hal yang sulit lagi bagi Chatib. 

Pasalnya, dia pernah berkali-kali menduduki kursi dewan komisaris di sejumlah perusahaan besar, di antaranya PT Astra International, PT Indika Energy, dan Axiata Group Bhd.

6. Salah satu menteri kabinet di masa Presiden SBY 

chatib basri
Salah satu menteri kabinet di masa Presiden SBY (Instagram/@chatibbasri)(Instagram/@chatibbasri)

Pada masa pemerintahan kedua Presiden SBY, Chatib Basri dipercaya untuk menempati sejumlah pos strategis di pemerintahan. Pada tahun 2012, dia diangkat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal sampai tahun 2013. 

Di tahun 2013 sampai 2014, Presiden SBY memintanya untuk mengisi kursi Menteri Keuangan yang ditinggalkan Agus Martowardojo karena dilantik sebagai Gubernur BI.  

Itulah fakta-fakta mengenai perjalanan karier Chatib Basri. Sebelum dipercaya untuk menjadi komisaris di BUMN, namanya sempat mencuat menjadi salah satu calon menteri Jokowi di periode kedua. (Editor: Chaerunnisa)