Chubb Travel Insurance: Guna dan Klaim Asuransi Perjalanan

pasangan travel

Liburan atau bepergian tanpa hambatan, memang jadi dambaan semua orang yang merencanakan untuk jalan-jalan. Namun, risiko atas kejadian yang tidak menyenangkan kerap menghantui dan mungkin tidak terhindarkan. 

Apabila, hal tersebut terjadi, kesenangan liburan dan perjalanan kita jadi berkurang. Nah, agar hal itu tidak terjadi dan liburan atau perjalanan kita tetap menyenangkan, kita perlu membekali diri dengan asuransi perjalanan

Salah satu produk asuransi yang boleh kita lirik adalah Chubb Travel Insurance. Apa istimewanya produk ini? Simak ulasan Lifepal berikut. 

Chubb Travel Insurance

Adalah produk asuransi dari Chubb Insurance sebagai perusahaan asuransi umum dan jiwa di Indonesia. Chubb Insurance Indonesia adalah bagian dari Chubb Limited yang beroperasi di 54 negara di dunia. 

Di Indonesia, Chubb Insurance memiliki 28 jaringan tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu produk Chubb Insurance adalah, Chubb Travel Insurance. Boleh dibilang, produk asuransi ini cukup populer. Tercatat 100.000 peserta asuransinya yang telah dilayani dan dibayarkan klaimnya oleh perusahaan setiap tahunnya. 

Produk ini memberikan perlindungan bagi jutaan traveller di seluruh dunia. Mulai sejak berangkat dari rumah, hingga kembali lagi sampai tujuan. 

Mobilitas masyarakat modern saat ini yang tinggi, baik keperluannya untuk berwisata, pendidikan hingga perjalanan bisnis. Sangat baik, bila kita melengkapinya dengan asuransi perjalanan. 

Sebab, risiko atau peristiwa yang terjadi saat dalam melakukan perjalanan tidak semua dapat kita hindari, bukan? 

Manfaat Peserta Asuransi Chubb Travel Insurance

Saat membeli produk asuransi, tentu kita membelinya karena memang bermanfaat untuk melindungi diri dari sebuah risiko. Nah, pada produk Chubb Travel Insurance sejumlah manfaat dapat dirasakan bagi pemegang polisnya. Berikut perlindungan yang diberikan dari Chubb Travel Insurance.

  • Memberikan penggantian atau pembayaran langsung biaya pengobatan di luar negeri.
  • Memberikan penggantian atas ketidaknyamanan yang terjadi saat perjalanan, seperti keterlambatan penerbangan atau keterlambatan bagasi.
  • Pertanggungan yang berhubungan dengan kejadian terorisme.
  • Memberikan perlindungan saat mengalami kecelakaan pada saat perjalanan.

Chubb Travel Insurance memberikan akses layanan 24 jam bagi pemegang polis untuk mendapatkan meminta bantuan darurat. Apabila sebuah peristiwa menimpa kita, bantuan dan saran bisa dijelaskan hanya lewat panggilan telepon, selanjutnya  bantuan pun segera datang untuk kita. 

Produk-Produk Chubb Travel Insurance

Chubb Travel Insurance menawarkan produk asuransi perjalanan berdasarkan dengan dua kategori, yaitu sekali perjalanan dan perjalanan jamak. Uniknya, produk akan menyesuaikan kebutuhan perlindungan kita saat bepergian atas empat jenis perjalanan berikut. 

1. Perjalanan domestik 

Bepergian di Indonesia, Chubb Travel Insurance menawarkan tiga jenis produk asuransinya. Sekadar informasi, perbedaan harga untuk produk ini memengaruhi manfaat yang diterima, ya. Berikut rincian produk yang ditawarkan yang mana asumsinya ditujukan untuk pribadi. 

  • Deluxe memberikan delapan manfaat kepada tertanggung. Dengan harga premi Rp79.000, manfaat utama yang diterima mulai dari kematian atau cacat permanen akibat kecelakaan, biaya medis karena kecelakaan hingga penundaan penerbangan dan kerusakan bagasi. 
  • Superior memberikan delapan manfaat kepada tertanggung. Dengan harga premi Rp63.000, manfaat utama yang diterima sama dengan Deluxe. Hanya saja nilainya tertanggungnya lebih kecil dibandingkan Deluxe.. 
  • Standard memberikan delapan manfaat kepada tertanggung. Dengan harga premi Rp43.000,manfaat utama yang diterima sama dengan Deluxe dan Superior. Hanya saja nilai tertanggungnya paling kecil dibandingkan dua produk tersebut. 

2. Perjalanan internasional 

Sebagai contoh, pilihan perjalanan ke Australia dan dilakukan sekali jalan. Maka produk yang ditawarkan ada tiga macam. Berikut rincian produk yang ditawarkan Chubb Travel Insurance yang ditujukan untuk pribadi.

  • International Deluxe memberikan 17 manfaat bagi pemegang polis. Premi yang dijual seharga Rp535.000. Manfaat yang akan diterima mulai dari: kematian dan cacat akibat kecelakaan, miskoneksi perjalanan, penerbangan yang overbooked, kehilangan uang pribadi dan dokumen perjalanan hingga kerusakan peralatan golf. 
  • International Superior memberikan 17 manfaat bagi pemegang polis. Premi yang dibayarkan seharga Rp395.500. Manfaat yang akan diterima sama dengan International Deluxe, hanya saja nilai manfaat yang diterima di bawah. 
  • International Standard harga premi Rp283.500 memberikan manfaat yang sama dengan International Deluxe. Meski begitu ada manfaat yang dikecualikan tidak diterima pada produk ini yakni: miskoneksi penerbangan, penerbangan yang overbooked dan perlindungan rumah terhadap kebakaran. Sehingga nilai premi yang ditawarkan juga lebih kecil. 

Sedangkan untuk perjalanan jamak, berikut perinciannya.

  • International Deluxe Annual, memberikan 17 manfaat bagi pemegang polis. Manfaat. Premi  yang ditawarkan Rp2,39 juta dengan manfaat yang akan diterima mulai dari kematian dan cacat akibat kecelakaan, miskoneksi perjalanan, penerbangan yang overbooked, kehilangan uang pribadi dan dokumen perjalanan hingga kerusakan peralatan golf.  
  • International Superior Annual, harga premi yang ditawarkan Rp2,04 juta dengan manfaat yang diterima 17 manfaat dengan manfaat yang akan diterima mulai dari: kematian dan cacat akibat kecelakaan, miskoneksi perjalanan, penerbangan yang overbooked, kehilangan uang pribadi dan dokumen perjalanan hingga kerusakan peralatan golf. 
  • International Standar Annual dengan harga premi Rp1,48 juta yang memberikan 13 manfaat. Manfaat yang diberikan sama dengan dua produk di atas sebelumnya. Hanya saja yang membedakan tidak berlaku adalah: kehilangan uang pribadi dan dokumen perjalanan, penerbangan yang overbooked, miskoneksi perjalanan dan perlindungan perabotan rumah terhadap kebakaran. 

3. Perjalanan di wilayah Asean

Untuk satu kali perjalanan, Chubb Travel Insurance memberikan 10 manfaat bagi pemegang polis. Sebagai contoh, pilihan perjalanan ke Thailand dan dilakukan sekali jalan. Produk yang ditujukan untuk individu. Premi yang harus dibayar Rp157.500 

Sedangkan untuk perjalanan jamak adalah Asean Annual dengan harga premi Rp1,10 juta. Manfaat utamanya antara lain kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan, biaya medis dikarenakan kecelakaan, pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, hingga evakuasi medis darurat.

4. Perjalanan yang termasuk kawasan Schengen 

Premi yang dibayarkan Rp234.000 dengan 11 manfaat utama yang diterima. Manfaat yang diterima antara lain: Kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan, biaya medis dikarenakan kecelakaan, kunjungan simpatik ke luar negeri apabila dirawat inap di rumah sakit luar negeri, penundaan penerbangan dan bagasi hingga perjalanan balik untuk anak-anak.

Cara Membeli Chubb Travel Insurance

Setelah mengetahui manfaat dan produk yang ditawarkan berguna untuk kita. Selanjutnya adalah membeli Chubb Travel Insurance. Salah satu cara membeli polis Chub Travel Insurance secara online lewat website resmi di chubbtravelinsurance.co.id. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tentukan pilihan polis perjalanan yang kita mau pilih. Apakah untuk sekali jalan atau jamak. Contoh: kita memilih untuk satu kali jalan, maka klik item tersebut. 
  2. Tentukan perjalanan, apakah perjalanan dilakukan untuk internasional, ASEA, wilayah Schengen atau domestik. 
  3. Masukkan lokasi yang kita akan kunjungi.
  4. Siapa yang melakukan perjalanan: apakah sendiri, saya dengan pasangan atau saya dan keluarga.
  5. Tentukan waktu perjalanan dari tanggal berapa sampai kapan.
  6. Klik item: dapatkan penawaran.
  7. Pilih program yang kita inginkan, akan ada satu hingga tiga pilihan. Sesuaikan nilai premi dengan bujet dan manfaat yang kita inginkan. Apabila sudah cocok klik beli sekarang.
  8. Masukkan data pribadi kita secara benar, berikut nomor paspor apabila melakukan perjalanan ke luar negeri. 
  9. Nomor polis kita akan diterima melalui SMS.
  10. Konfirmasi pesananan, kita secara bersama dengan Polis dan Ikhtisar Polis dalam bentuk softcopy melalui surel.
  11. Pembayaran atas premi yang kita ajukan.

Proses Pengajuan Klaim Chubb Travel Insurance

Lalu bagaimana cara mengajukan klaim atas polis asuransi yang kita miliki? Prinsipnya sama dengan membeli polis asuransi, yaitu secara online

Hanya saja, saat membelinya kita mesti melengkapinya dengan dokumen yang dibutuhkan. Plus, dokumen tambahan terkait yang meliputi formulir klaim yang telah diisi lengkap dan konfirmasi booking dan jadwal perjalanan. 

Pastikan saat mengajukan klaim sudah sesuai dengan ketentuan yang ada, yaitu tidak lebih dari 30 hari sejak peristiwa yang menjadi alasan pengajuan klaim. Selain itu, hal-hal ini perlu diperhatikan. 

  1. Isi lengkap semua bagian & pertanyaan yang relevan dari formulir klaim sehubungan dengan klaim kita. Rincian informasi yang kurang, biasanya akan berakibat penundaan karena diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. 
  2. Untuk asesmen segera terhadap klaim, serahkan formulir klaim dan dokumen-dokumen pendukung dengan menggunakan Formulir Klaim Perjalanan Online, atau mengirimkannya lewat email ke [email protected] Atau kita bisa mengirimkan klaim lewat pos.

Sekian informasi soal produk Chubb Travel Insurance, semoga bisa membantu kita yang sedang merencanakan perjalanan, ya!

Sebagai referensi, Asuransi Chubb turut menyediakan produk Asuransi Umum Chubb dan Asuransi jiwa Chubb Life

Untuk mendapatkan berbagai informasi selengkapnya mengenai produk-produk asuransi perjalanan dan asuransi jiwa lainnya yang tepat untuk kita dan keluarga, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.