Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya

Gaji Pokok

Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya

Contoh slip gaji karyawan diperlukan oleh setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan dengan tujuan untuk berbagai hal pribadi. Dokumen yang satu ini mungkin terdengar sepele ketika gak dibutuhkan tetapi kamu mesti tahu kalau perannya sangat krusial saat diperlukan.

Sebab kegunaannya yang terbilang vital untuk berbagai hal mulai dari bayar pajak, mengecek pengeluaran sampai melamar pekerjaan di tempat baru. Oleh karena itu, penting buat kamu, khususnya yang bekerja di dunia profesional guna mengetahui hal tersebut.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015, slip gaji adalah bukti pembayaran atau penerimaan upah dari perusahaan kepada pegawainya yang sah. 

Dalam kertas ini terdapat beberapa informasi tertuliskan tentang nominal gaji dan tunjangan yang didapatkan seseorang beserta dengan rincian potongan apabila ada keperluan perlu dibayarkan.

Bukti penerimaan ini emang gak selalu dibutuhkan setiap bulannya oleh karyawan. Kamu bisa meminta langsung kepada divisi keuangan atau HRD untuk segera diberikan.

Manfaat dan fungsi slip gaji karyawan 

Pada umumnya, slip gaji bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan atas pengajuan kartu kredit, pinjaman KPR, dan lainnya. Dari slip gaji ini, pihak bank dapat melakukan analisis apakah debitur memenuhi kelayakan yang telah ditetapkan. 

Contoh kasusnya, ketika mengisi kolom gaji di formulir pinjaman, debitur menuliskan bahwa gaji yang diterima adalah Rp5 juta. Dengan slip gaji karyawan kreditur dalam melihat perincian gaji pemohon pinjaman apakah informasi yang diberikan betul atau tidak. Atau mungkin memang betul gaji debitur Rp5 juta per bulan, namun yang diterima bersih hanya Rp4,5 juta per bulan. 

Selain itu ada beberapa fungsi lain dari slip ini untuk karyawan, antara lain:

  • Mengajukan pinjaman online
  • Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR)
  • Melamar pekerjaan
  • Kredit mobil atau motor

Manfaat slip gaji bagi perusahaan

Tidak hanya memberikan keuntungan dari sisi karyawan, slip ini juga sangat berguna bagi perusahaan. Perlu dipahami bahwa slip karyawan merupakan bukti pembayaran yang dapat menunjukkan transparansi suatu perusahaan sehingga loyalitas karyawan pun dapat terbentuk.

Selain itu, slip ini juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian kompetensi karyawan. Ini dikarenakan, lewat slip tersebut, perusahaan dapat menganalisis frekuensi lembur dan besaran bonus yang diterima atas prestasi karyawan.

Komponen slip gaji karyawan

Pada praktiknya, setiap perusahaan memiliki komponen slip upah karyawan yang berbeda-beda. Meski begitu, tetap ada komponen wajib yang perlu dicantumkan oleh semua perusahaan. Berikut ini di antaranya: 

1. Data umum karyawan dan perusahaan 

Dalam slip gaji, tentu harus ada identitas jelas atas perusahaan dan karyawan yang bersangkutan. 

2. Gaji pokok 

Gaji pokok adalah upah dasar yang dibayarkan perusahaan atas pekerjaan yang dijalani karyawan setiap bulannya. 

3. Tunjangan 

Tunjangan adalah tambahan gaji di luar gaji pokok yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Tunjangan sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. 

  • Tunjangan tetap seperti tunjangan jabatan dan keluarga diberikan rutin bersamaan dengan gaji. 
  • Tunjangan tidak tetap seperti tunjangan transportasi dan makan siang diberikan sesuai kehadiran atau absensi karyawan. 

4. Potongan 

Sama halnya dengan tunjangan, potongan dalam slip gaji juga terbagi atas dua kategori, yaitu potongan tetap dan tidak tetap. 

Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya
Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya
  • Potongan tetap seperti dan dilakukan setiap bulan. 
  • Potongan tidak tetap seperti cicilan pinjaman atau kasbon disesuaikan dengan keadaan. 

5. Bonus

Beberapa perusahaan memberikan bonus atau komisi atas prestasi kerja karyawan. Umumnya komponen bonus ini muncul sekali atau dua kali dalam setahun. 

6. Lembur

Lembur artinya kerja melebihi delapan jam sehari atau 40 hari seminggu. Meski begitu, tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama. 

Contoh Slip Gaji Karyawan 

Untuk memberikan gambaran lebih jelas terkait jenis bukti pembayaran ini, berikut Lifepal telah rangkum mengenai contoh slip gaji karyawan sederhana.

contoh slip gaji karyawan sederhana
Sumber gambar: Artisanalbistro.com
sederhana contoh slip gaji karyawan
Sumber gambar: Haurgeulis.com
contoh slip gaji karyawan excel
Sumber gambar: Gadjian.com

Jadi, dapat disimpulkan bahwa slip gaji karyawan berguna sebagai bukti transparansi perusahaan kepada karyawan. Tanpa bukti pencatatan ini, karyawan akan sulit mengetahui asal-usul gaji yang diterimanya setiap bulan.

Cara membuat slip gaji karyawan  

Untuk penyusunannya tidak harus selalu sama dengan contoh slip karyawan di atas. Kunci utamanya adalah mencantum komponen-komponen wajib yang telah dibahas sebelumnya. 

Ada banyak menggunakan contoh slip gaji Excel yang bisa diunduh di berbagai sumber. Namun, kalau ingin membuat sendiri, ini caranya: 

Ketahui format slip gaji 

Sebelum membuat slip gaji pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu isi slip gaji. 

Berikut ini format pengisian slip gaji karyawan: 

  • Informasi Perusahaan
  • Data Karyawan
  • Rincian Gaji
  • Potongan Gaji
  • Tanggal Dikeluarkannya Slip Gaji

Buat tabel di Microsoft Excel 

Bukalah program Microsoft Excel di laptop atau komputer kamu. Kemudian buat kolom sesuai dengan format slip gaji yang kamu inginkan. 

Setelah tabel berhasil dibuat, kamu tinggal mengisi rincian dari slip gaji pada tabel. Rincian yang dijelaskan di atas, yaitu rincian gaji, bonus, tunjangan, lembur dan lainnya. Pastikan untuk membuat setiap sheet untuk masing-masing keperluan. 

Menggunakan VLOOKUP 

Rumus VLOOKUP digunakan saat menggunakan rumus slip gaji Excel. Kamu sebenarnya tidak perlu memasukan angka-angka secara manual. 

Sehingga saat terjadi kesalahan dan adanya perubahan jumlah nominal yang harus dimasukan, kamu tidak perlu mengganti nominal pada semua tabel. Penggunaan rumus ini tentu akan menghemat waktu dan meminimalisir kesalahan dalam perhitungan. 

Jangan lupa untuk memasukan informasi mengenai perusahaan tempat kamu bekerja pada kop slip gaji beserta informasi lainnya. 

Selain itu, slip gaji juga perlu ditandatangan pemberi yang merupakan perusahaan dapat diwakilkan oleh staf administrasi atau staf payrol.

Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya
Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen Penting Dalamnya

Selain cara tersebut. kita juga bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi slip gaji online seperti Gaji.id, Gadjian, dan Accurate Online. 

Pertanyaan seputar slip gaji karyawan