Yuk, Intip Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Sini!

melamar kerja

Sudah menjadi barang tentu jika salah satu berkas persyaratan ketika kita akan melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat ini sangat berguna untuk memberikan informasi tertulis tentang diri kita kepada pihak perusahaan.

Kita dituntut untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Hal itu sangat penting alih-alih memikat perusahaan dengan surat lamaran kita. Jadi, jangan sembarangan menulis surat lamaran kerja, ya!

Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Pahami Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang akan kita tulis harus sesuai dengan format yang berlaku. Format tersebut bisa kita pakai untuk menyempurnakan isi surat lamaran.

1. Tempat dan tanggal pengiriman

Bagian ini adalah bagian teratas dari surat lamaran kerja. Kita isi bagian ini dengan tempat (kota) di mana kita menulis suratnya diikuti dengan tanggal, bulan dan tahun. Pastikan penulisan nama kota dan bulan diawali dengan huruf kapital. 

Contoh: Trenggalek, 20 Oktober 2019

2. Penerima surat

Kita wajib mengisi bagian ini dengan alamat penerima surat. Pastikan kita tahu benar siapa penerima dan alamat yang kita tuju. 

Contoh: 

Yth. Ibu Ningsih Panca Warna

Kepala Bagian Personalia PT. Ikhlas Sabar

Jl. Oro Oro Ombo No 290, Malang

Jawa Timur

3. Salam pembuka

Setelah menuliskan alamat penerima atau perusahaan, selanjutnya kita wajib menulis salam pembuka atau pengantar.

  • Dengan hormat, atau
  • Yth. Ibu Widia Nur Ayu Bima

4. Isi surat

Tiba saatnya kita menulis bagian terpenting dari surat lamaran kerja yaitu isi. Ada tiga bagian yang harus kita tulis dan perhatikan baik-baik.

  • Paragraf 1

Paragraf ini berisi tentang informasi detail berkaitan dengan posisi yang kita lamar dan dari mana kita mengetahui jika perusahaan yang kita lamar membuka lowongan. Selain itu, kita bisa tambahkan informasi tentang diri kita, biasanya nama, umur, dan pendidikan terakhir.

  • Paragraf 2

Selanjutnya, di bagian ini kita bisa isi informasi singkat tentang pengalaman yang mendukung posisi yang dilamar serta kemampuan yang sekiranya memadai dan menggambarkan diri kita. 

  • Paragraf 3

Paragraf terakhir fokus pada penutup dan ucapan terimakasih. Kita bisa meyakinkan secara halus pihak perusahaan bahwa kita pantas bekerja di tempatnya. Jangan lupa untuk memberitahu berkas apa saja yang sudah kita lampirkan sebagai bahan pertimbangan. Sertakan juga kontak yang bisa dihubungi, ya!

5. Nama terang penerima

Bagian ini terletak paling bawah. Kita bisa menyertakan nama terang kita sebagai pengirim. Contoh:

Hormat saya,

Henrik Larsson

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah kita belajar format surat lamaran kerja, yuk kita lihat contohnya di bawah ini!

1. Contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia

Malang, 2 Desember 2019

Yth. Bapak Yusron Baha Gia

HRD PT. Badarawuhi

Jl. Kehidupan No. 345

Kota Batu, Malang

Jawa Timur

Dengan hormat,

Berdasarkan lowongan pekerjaan yang saya baca pada Linkedin tanggal 26 November 2019, saya berniat melamar pekerjaan yang dimaksud yaitu Staf Administrasi. Saya Dita Leni Rafia, lulusan S1 Universitas Tangga Kesuksesan jurusan Administrasi Internasional dengan IPK 3,91.

Saya berpengalaman dalam menangani administrasi perkantoran selama setahun yang saya dapatkan ketika magang di PT. Ras Rasen, di Banyuwangi tahun 2018. Saya bertanggung jawab untuk menyiapkan segala keperluan administrasi perusahaan selain melakukan kegiatan surat menyurat. Saya adalah orang yang tekun dan teliti serta bisa bekerja di bawah tekanan.

Berdasarkan pengalaman yang saya punya, saya berharap bisa bergabung dengan PT. Badarawuhi. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup, salinan ijazah, dan sertifikat pendukung. Saya bisa dihubungi lewat surel [email protected] dan 08678900000. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dita Leni Rafia

2. Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Malang, December 23, 2019

Mr. John Qwertyuiop

Recruiter Sukses Isi Dua Ltd.

Notojoyo Avenue 25,

New York

Dear Mr. Qwertyuiop,

Based on your Linkedin post that was posted on December 20, 2019, I wrote this cover letter regarding job application in your company which I am interested in being an administration staff. My name is Phyton Reticulatus, a 22 year-old graduate of University of Secamenggala majoring in Public Administration.

I am experienced in handling administration needs. I was an intern administration officer of Embong Anyar Corp for eight months. I was responsible for managing confidential letter in many purposes. In addition, I am certified in Public Administration on behalf of National Administration Officer Certification since July, 2019.

Based on my experiences above, I hope that I can be a part of your company. Further, I enclose my CV and Diploma by means of other considerations. I can be reached at [email protected] and 090000000. Thank you for your attention.

Regards, 

Phyton Reticulatus

Perbesar Peluang Diterima, Pelajari Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Ini

Setelah mempelajari format dan contohnya, kita wajib juga nih pelajari tips membuat surat lamaran kerja biar peluang diterimanya lebih besar.

1. Baca dengan saksama kualifikasi dan persyaratannya

Setiap lowongan kerja pasti mencantumkan kualifikasi dan persyaratan. Tugas kita adalah membacanya secara detail. Dengan membaca, kita bisa tahu apakah posisi tersebut cocok dengan kita atau tidak. Selain itu, persyaratan pun bisa mulai disiapkan satu-persatu.

2. Gunakan bahasa yang baku

Surat lamaran kerja sifatnya formal dan profesional, begitupun dengan bahasanya, kita harus memakai bahasa yang baku. Bahasa tersebut akan mempermudah pembaca dalam memahami isi dan maksud surat kita.

3. Hindari typo

Menulis surat lamaran kerja berbeda dengan ketika kita menulis pesan chat ataupun SMS kepada teman. Ketepatan penulisan kata per katanya wajib diperhatikan. Jangan sampai ada kata yang disingkat atau kurang lengkap abjadnya.

4. Perjelas tujuan

Kita harus memperjelas tujuan dari surat yang kita buat yaitu melamar pekerjaan. Posisi yang dilamar juga harus disesuaikan dengan informasi yang kita dapat. Jangan sampai kita melamar posisi full time tapi ternyata pihak perusahaan hanya membuka posisi part time atau magang. Nah, sekali lagi, upayakan untuk membaca dengan hati-hati. 

5. Jika lamarannya ditulis, perhatikan jenis dan ukuran kertasnya

Seringkali kita juga diminta untuk membuat surat lamaran kerja dengan menulisnya di secarik kertas. Ingatlah bahwa kertas mempunyai banyak jenis, ukuran dan kegunaannya. Secara umum, untuk lamaran kerja, kertas yang biasa digunakan adalah kertas folio bergaris.

6. Baca berulang kali

Untuk menghindari kesalahan penulisan dan isi, kita bisa membaca surat lamaran yang sudah dibuat secara berulang. Selain itu, kita juga bisa meminta teman dekat untuk ikut membaca dan mengoreksi jika ada salah.

Itulah informasi mengenai surat lamaran kerja dari format, contoh, hingga tipsnya.

Pastinya setiap informasi lowongan kerja mempunyai persyaratan yang berbeda-beda termasuk menyiapkan pas foto terbaru, namun satu hal yang pasti adalah surat lowongan yang harus kita buat. Surat ini bisa jadi penentu keberhasilan kita dalam melamar pekerjaan, loh! Semoga berhasil!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →