Curhat Duit: Bimbel atau les privat, mana yang harus dipilih ya?

cari duit sendiri

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di www.lifepal.co.id karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara www.lifepal.co.id dan pembaca setianya, selain lewat Forum.DuitPintar.com

 

Curhat Duit kali ini datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang ibu rumah tangga yang ingin mempersiapkan anak pertamanya yang duduk di bangku kelas 3 SMP dalam menghadapi UN nanti.

 

selamat siang admin DP,

 

Apa kabanya nih? Semoga selalu sehat ya, saya mau ikutan curhat duitnya dong, boleh ya. Nama saya Dwi, ibu rumah tangga yang saat ini memiliki 2 orang anak. Anak saya yg pertama kelas 3 SMP, yang kedua masih kelas 4 SD. Anak saya yang pertama ini saat ini lagi saya persiapkan buat menghadapi Ujian Nasional SMP. Dan saya berniat untuk memberikan les mata pelajaran tambahan buat dia. Yang buat saya bingung adalah, lebih baik mana les mata pelajaran di bimbel atau les privat di rumah ya min?

 

Karena saya ingin mendapatkan yang terbaik buat anak saya, dan juga menjaga keuangan keluarga kami tetap stabil. Minta saran dan masukannya ya min. Terimakasih

Jawaban:

Halo Dwi,

Terima kasih untuk emailnya ya,

 

Memberi pendidikan yang terbaik buat anak pasti keinginan semua orangtua ya. Dan sudah bukan rahasia lagi kalau yang namanya biaya pendidikan itu selalu meroket setiap tahun.

 

Nah, selain pendidikan formal di sekolah, orangtua bisa memberi tambahan fasilitas pendidikan lewat bimbingan belajar (Bimbel) dan les privat. Biasanya fasilitas ini diberikan untuk membantu anak mengejar ketinggalan atau meningkatkan fokus mereka pada pelajaran.

 

Sebenarnya gak bisa diasumsikan bimbel itu lebih baik atau lebih murah dalam segi pengeluaran biaya dibandingkan les privat dan sebaliknya.

 

Ini hanya masalah kemampuan keuangan orangtua dan kebutuhan si anak. Kalau masih bingung berikut penjelasannya supaya kamu gak terlalu bingung dalam mengambil keputusan akan memberikan fasilitas yang mana untuk anak.

 

Bagi orangtua yang punya kemampuan finansial tinggi, dalam arti semua kebutuhan dasar sehari-hari sudah dapat terpenuhi bahkan untuk tabungan dan dana darurat, gak jadi masalah untukmemilih les privat atau bimbingan belajar.

 

Bimbingan belajar saat ini beragam dan sangat banyak pilihannya dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing orangtua juga. Tinggal bagaimana kita sebagai orangtua pandai-pandai mencari informasi ya.

 

Sebagai gambaran aja nih, untuk persiapan UN bagi anak kelas 3 SMP, biaya yang dibutuhkan jika memilih bimbel sekitar Rp 5.100.000 (biaya keseluruhan sampai selesai) dengan 4 kali pertemuan setiap minggunya. Biasanya di setiap tempat bimbel memberi keringanan sistem pembayaran dengan cara dicicil.

 

Perhatikan lokasi bimbel juga ya, karena ini akan mempengaruhi besarnya pengeluaran. Kalau anak diikutsertakan dalam kelas bimbel berarti ada pengeluaran lain selain tarif kelas bimbel itu sendiri. Seperti transportasi dan uang jajan anak.

 

Semakin jauh jaraknya, maka akan semakin besar beban pengeluaran transportasi dan jajan. Walau mengendarai kendaraan sendiri seperti motor atau mobil pun pasti akan mengonsumsi bahan bakar.

 

Semisal saja ongkos transportasi sekali pertemuan Rp 20 ribu x 4 = Rp 80 ribu. Nah, tinggal kalikan saja Rp 80 ribu tersebut sampai program persiapan UN bimbel selesai. Lumayan bukan nominalnya. Ditambah lagi jika orangtua harus mengantar anak setiap aktivitas bimbel. Kalau memang kamu punya waktu dan berkomitmen gak masalah kok.

 

Tambahan pengeluaran lain adalah jajan minum atau snack. Anak pasti ingin jajan dan butuh asupan tambahan selama ikut bimbel. Perhitungkan juga pengeluaran yang kelihatannya sepele ini ya. Anggarkan saja Rp 15 ribu sebagai uang jajan mereka saat bimbel. Jika punya waktu sesekali bisa juga dengan membawakan bekal dari rumah agar lebih higienis dan hemat ya.

 

Lalu bagaimana dengan les privat? Saat ini juga banyak jasa les privat disediakan oleh baik perorangan maupun tempat bimbel loh. Nah, di sinilah peran kamu sebagai orangtua untuk bisa melihat apakah kebutuhan anak memang lebih baik menggunakan jasa guru privat atau tidak.

 

Perhatikan deh kebutuhan anak. Jika anak termasuk anak yang sulit berkonsentrasi dengan adanya teman-teman di sekitarnya, maka mungkin kamu sebagai orangtua harus memilih les privat. Apalagi jika ternyata lokasi bimbel yang dituju masih terlalu jauh dari rumah.

 

Kelebihan les privat adalah tentu saja gak ada biaya transportasi dan jajan yang harus dikeluarkan ya. Karena guru lah yang datang ke rumah untuk memberi pelajaran khusus bagi anak. Ini artinya juga orangtua dapat memantau secara langsung kegiatan belajar-mengajar tambahan ini.

 

Dari segi waktu mungkin lebih efektif dan efisien, karena gak perlu mengantar anak ke tempat bimbel, cukup menunggu guru datang ke rumah. Anak pun biasanya akan lebih fokus menyerap pelajaran yang diberikan. Begitu juga fokus dari guru, karena hanya satu anak murid saja.

 

Les privat juga memungkinkan kamu sebagai orangtua untuk berkomunikasi langsung dan aktif dengan guru. Jadi kamu bisa mengetahui perkembangan si anak dan berdiskusi dengan guru tentang si kemampuan si anak.

 

Oh iya, sebagai gambaran saja nih, biaya tarif les privat untuk murid kelas 3 SMP adalah sekitar Rp 3.300.000 untuk 20 kali pertemuan dengan durasi waktu setiap kunjungan selama 90 menit. Biaya tambahan dengan memilih jasa guru privat mungkin dibutuhkan saat waktu belajar si anak diperpanjang atau ada bonus untuk ucapan terima kasih kepada sang guru ya.

 

So, pilih bimbel atau privat sebenarnya sama saja. Lihat mana yang menurut kamu lebih baik dan mampu untuk dilakukan. Jangan memilih berdasarkan ikutan trend atau pengaruh orang lain.

 

Ketahuilah kemampuan finansial dan kebutuhan anak ya. Karena kalau keputusan yang diambil gak disertai pertimbangan yang tepat, kasihan si anak, dan hanya akan sia-sia saja materi, waktu serta tenaga yang dikorbankan.

 

Intinya, apapun pilihan anda pasti yang terbaik untuk anak

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →