Jadi Desainer : Cynthia Tan Belajar dari Tempat Magang buat Dapatkan Klien

Cynthia Tan saat ini emang tengah menikmati kesuksesan kariernya sebagai desainer. Ia pun memulai langkahnya sebagai desainer dari nol hingga mendapatkan banyak klien.

Gimana gak, perempuan kelahiran Jakarta, 27 tahun silam ini mulai menabung dan membeli mesin jahit demi memuaskan passionnya sebagai perancang busana. Berawal dari satu unit mesin jahit dan satu karyawan, Cynthia Tan sukses menjalankan profesinya sebagai desainer.

Perempuan yang sempat magang di salah satu rumah mode desainer, ia pun mengetahui gimana caranya mendapatkan klien. Ya, maklum aja saat itu Cynthia baru aja lulus dari sekolah mode Esmod Jakarta.

“Sebelumnya aku pernah magang di salah satu fashion desainer,” bukanya pada redaksi MoneySmart.id belum lama ini.

Baca juga: Bermodalkan Rp 2,8 Juta dan Satu Karyawan, Cynthia Tan Sukses Jadi Desainer

“Nah, aku melihat gimana caranya dealing, gimana dia approach client, oh udah tahu gimana caranya buka harga buat klien. Seperti itu sih,” tambahnya seru.

Sejak itulah ia mulai memberanikan diri buat memulai usahanya sendiri dan melabelkan dirinya sebagai “desainer”. Ya, memulai kariernya sebagai desainer emang gak mudah bagi Cynthia buat mendapatkan klien.

Klien pertama datang dari keluarga 

Cynthia Tan saat mendapatkan klien dari kalangan selebriti Tanah Air, (Instagram/@cynthiatan__).

Dengan nada bicaranya yang lugas dan lantang, ia menceritakan gimana dirinya mendapatkan klien pertamanya kala itu. Promosi dari mulut ke mulut nyatanya nih menghasilkan buah yang manis buat Cynthia Tan buat mendapatkan klien.

“Waktu itu klien pertama aku itu adalah yang benar-benar ini ya, awalnya saudara-saudara dulu ya kan,” ungkapnya seru.

“Nah, ini yang benar-benar pertama kali ketemu itu adalah Karina. Nah, dia waktu itu mau sweet seventeen. Jadi keluarganya itu arsitek dan dari keluarga menengah atas. Terus aku bikinin baju sweet seventeen-nya itu aku charge Rp 7 juta,” tambahnya.

Baca juga: Baru 27 Tahun, Cynthia Tan Udah Jadi Desainer Selebriti Top!

Emang promosi dari mulut ke mulut saat itu sangat membantu Cynthia Tan demi memperkenalkan rancanganm bajunya ke banyak orang. Dengan giat, ia pun akhirnya nih menerima pesanan baju buat pesta ulang tahun.

Honor pertama jadi desainer senilai Rp 7 juta

Cynthia Tan mendapatkan honor pertamanya sebagai desainer senilai Rp 7 juta, (Ardi Mandiri/MoneySmart.id).

Mematok harga kisaran Rp 7 juta, Cynthia sempat kaget dengan usaha yang ia jalanin. Ia mendapatkan lebih dari hasil mendesain baju pesta ulang tahun kerabatnya kala itu.

Mau tahu gak kalau Cynthia Tan itu udah menerima pesanan baju sejak dirinya masih duduk di bangku kuliah. Betapa kerja keras banget ya bagi perempuan anak tertua di keluarganya ini.

Sambil kuliah ia mau lho menerima pesanan rancangan baju buat kliennya. Meskipun ilmu negosiasi dan gimana caranya mendapatkan klien ia dapatkan saat masih magang di salah satu rumah mode.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: Masih Muda Udah Tajir! Begini Potret Rumah Mewah 4 Artis Muda Indonesia

“Rp 7 juta itu aku hitung buat beli kain, terus bayar penjahit terus, beli segala macem, waktu itu aku masih kuliah ya dan aku juga bingung “oh yaudah deh aku ambil”,” kenangnya.

Mendapatkan banyak profit dari klien pertamanya

Cynthia Tan bersama Christian Bautista dan istri, (Instagram/@cynthiatan_).

“Jujur waktu itu aku pakai feeling aja tapi udah aku kalkulasi, kira-kira ada kok profitnya tapi ternyata pas aku jalanin, kok profitnya lebih gede dari aku bayangin aku udah beli kain dan jahit, terus yaudah oke,” ungkapnya panjang lebar.

Ia pun menyadari lho buat memulai kariernya sebagai desainer emang gak semudah yang dibayangkan. Cara buat dealing dengan klien lalu mengikuti kemauan sang konsumen gak mudah juga.

Ya, namanya juga keras saat itu Cynthia pun mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil rancangan bajunya pun disukai oleh klien pertamanya yang datang dari pihak keluarga.

“Pas dress Karina itu jadi, oh dia suka dan mamahnya happy, dan aku gak segampang dealing saat itu lho,” pungkasnya.

Buat memulai sebuah usaha dan profresi yang mandiri bisa dibilang kamu emang mesti banyak pengorbanan waktu dan materi lho. Tapi sabar ya, semua bakal berbuah manis buat kelangsungan karier kamu nanti.

Lihat aja nih karier Cynthia Tan saat ini terbilang moncer banget lho, gimana gak kliennya sekarang banyak datang dari kalangan selebriti Tanah Air. Nah, maka dari itu penting nih buat kamu mengambil ilmu dari tempat magang.

Sebelum memasuki dunia kerja atau memulai profesi mandiri  ada baiknya kamu mengambil banyak ilmu. Dari situ kamu bakal mendapatkan bekal yang cukup kuat sehingga nanti kedepannya enak banget buat menekuninya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →