Merek Mobil Terlaris di Indonesia: Toyota, Honda, Mitsubishi, atau Wuling?

Daftar Mobil Terlaris di Indonesia, Merek Apa yang Juara (Shutterstock).

Dari banyaknya mobil yang terjual, ada beberapa merek yang menyandang predikat sebagai mobil terlaris di Indonesia. Pasar dalam negeri sejauh ini masih menjadi pasar yang menjanjikan buat produk-produk otomotif, entah itu sepeda motor maupun mobil.

Sebagai informasi, produksi mobil di Indonesia berdasarkan data 2013-2018 sekitar 1,2 juta unit tiap tahunnya. Sementara dari Januari-Oktober 2019, jumlah produksi mobil di dalam negeri berada di kisaran 1,08 juta unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut bahwa penjualan mobil di Indonesia menurut wholesales Januari-September 2019 mencapai 753.594 unit. Kalau penjualan sepanjang tahun 2018, angkanya mencapai 1.151.308 unit.

Ini masih ditambah dengan penjualan ke luar negeri atau ekspor yang nilainya pada tahun 2018 tembus US$ 3,3 miliar. Rata-rata mobil yang diproduksi di Indonesia diekspor ke negara-negara Asia dan Timur Tengah, seperti Filipina, Arab Saudi, Thailand, Jepang, hingga Afrika Selatan.

Kira-kira merek mobil mana yang menjadi mobil terlaris di Indonesia? Kalau pengin tahu jawabannya, cari tahu yuk informasinya dalam ulasan di bawah ini.

Deretan mobil terlaris di Indonesia dari Toyota hingga Wuling, merek manakah yang penjualannya tertinggi?

Mobil terlaris di Indonesia
Toyota (Shutterstock).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penjualan mobil di Indonesia sepanjang tahun 2018 menyentuh angka 1.151.308 unit. Mobil-mobil yang terjual tersebut gak berasal dari satu ataupun dua merek, tapi beragam merek yang udah populer di pasaran.

Statista, portal online asal Jerman yang mengumpulkan data dan membuat statistik, mencatat sejumlah merek mobil yang masuk daftar mobil terlaris di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

 

Merek mobil terlaris di Indonesia Jumlah unit yang terjual
Toyota 352,16 ribu
Daihatsu 202,74 ribu
Honda 162,17 ribu
Mitsubishi 142,86 ribu
Suzuki 118,01 ribu
Mitsubishi Fuso 51,47 ribu
Hino 39,74 ribu
Isuzu 26,1 ribu
Wuling 17 ribu
Datsun 10,43 ribu
Nissan 6,89 ribu
Mazda 5,66 ribu
UD Trucks 3,37 ribu
Chevrolet 2,51 ribu
BMW 2,36 ribu

 

Sejauh ini berdasarkan data di atas, mobil-mobil pabrikan Jepang masih menjadi mobil terlaris di Indonesia. Tercatat, ada Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki. 

Menariknya nih pendatang baru asal China, Wuling, berhasil menjual sebanyak 17 ribu unit di Indonesia. Penjualan Wuling di Indonesia mengalahkan Datsun, Nissan, Mazda, Chevrolet, hingga BMW.

Toyota Avanza menjadi yang paling laris di Indonesia, kalahkan Mitsubishi Xpander dan Honda Brio Satya

Mobil terlaris di Indonesia
Toyota Avanza (Shutterstock).

Sebelum kemunculan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia. Posisi Toyota Avanza bergeser ketika banyak konsumen yang lebih memilih Mitsubishi Xpander sebagai pilihan mobil multi-purpose vehicle (MPV).

Namun, data Gaikindo pada Oktober 2019 mencatat angka penjualan Toyota Avanza mencapai 8.816 unit. Angka penjualan ini lebih tinggi dibandingkan Mitsubishi Xpander yang mencapai 4.236 unit.

Selain Toyota Avanza, varian Toyota lainnya, yaitu Toyota Calya, juga mencatatkan hasil penjualan yang cukup memuaskan. Toyota Calya yang terjual pada Oktober 2019 mencapai 6.034 unit berada di bawah Honda Brio yang mencapai 7.235 unit.

Lalu, ada Toyota Rush yang terjual sebanyak 4.776 unit dan Toyota Kijang Innova sebanyak 4.518 unit. Dengan hasil penjualan Toyota sejauh ini, apakah pabrikan Jepang yang satu ini bakal tetap memegang posisi pertama sebagai mobil terlaris di Indonesia ataukah bakal tergantikan ya dengan merek lainnya? (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →