Selain Bos Grup Djarum, Ini 10 Orang Terkaya Asia Lainnya Pemilik Klub Sepak Bola

Orang Terkaya Asia yang Miliki Klub Sepak Bola Eropa (Shutterstock).

Orang terkaya Asia asal Indonesia ramai diberitakan membeli klub sepak bola Eropa, yaitu Como 1907. Klub sepak bola asal Italia tersebut dibeli SENT Entertainment Ltd yang dipimpin Robert Wijaya Suwanto dan tercatat berada di bawah kendali Grup Djarum.

Nah, Grup Djarum yang juga mengontrol Bank Central Asia (BCA) dimiliki dua orang terkaya Asia yang di Indonesia menjadi orang paling kaya, yaitu Michael Bambang dan Robert Budi Hartono. Kedua pemilik Grup Djarum ini seperti yang dilaporkan Forbes memiliki kekayaan dengan nilai US$ 35 miliar atau setara Rp 494 triliun.

Kepemilikan atas Como 1907 seperti yang dikabarkan Kompas terjadi pada awal April 2019. Dana yang digelontorkan buat memiliki klub tersebut kabarnya gak sampai Rp 5 miliar sebagaimana yang diungkap Mirwan Suwarso, perwakilan Mola TV (bagian Grup Djarum), kepada awak media di Jakarta pada Kamis (17/10).

Bukan cuma kepentingan bisnis semata, kepemilikan Como 1907 nantinya bakal memberi manfaat bagi Garuda Select sedang belajar di Inggris. Markas klub di Italia nantinya digunakan sebagai tempat berlatihnya Garuda Select. 

Asal tahu aja nih, Garuda Select adalah program kerja sama antara PSSI dan Grup Djarum buat mengembangkan talenta-talenta muda di dunia sepak bola. Layaknya PB Djarum yang melatih talenta-talenta muda di dunia bulutangkis yang kini dihentikan gara-gara KPAI, begitu juga dengan Garuda Select yang berupaya menciptakan pemain sepak bola yang unggul.

Rupanya, gak cuma Michael Bambang dan Robert Budi Hartono sebagai orang-orang Asia terkaya yang tercatat memiliki sepak bola. Sebelum-sebelumnya ada beberapa orang terkaya yang juga mencatatkan namanya sebagai pembeli klub sepak bola di Eropa. Siapa aja orang-orang terkaya Asia yang memiliki klub sepak bola Eropa? Berikut ini daftarnya.

Daftar orang terkaya Asia yang menjadi pemilik klub sepak bola Eropa, siapa aja?

Orang Terkaya Asia
Orang Terkaya Asia

Cukup banyak orang terkaya Asia yang diketahui berani keluarkan dana dalam jumlah besar cuma buat membeli klub sepak bola di Eropa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa orang terkaya, baik masih menjadi pemilik maupun pernah menjadi pemilik klub sepak bola.

 

Orang terkaya Asia Nilai kekayaan Klub sepak bola
Dejphon Chansiri US$ 720 juta Sheffield Wednesday F.C.
Narin Niruttinanon Reading F.C.
Peter Lim US$ 2 miliar Valencia CF
Vincent Tan US$ 770 juta Cardiff City F.C.
Tony Fernandes US$ 530 juta Queens Park Rangers F.C.
Aiyawatt Srivaddhanaprabha US$ 4,9 miliar Leicester City F.C.
Zhang Jindong US$ 9,5 miliar Inter Milan
Guo Guangchang US$ 5,8 miliar Wolverhampton Wanderers
Lai Guochuan West Bromwich Albion
Gao Jisheng Southampton F.C.

 

Rata-rata orang terkaya Asia yang membeli klub-klub sepak bola di Eropa berasal dari Thailand. Nama-nama orang terkaya Thailand tersebut antara lain Dejphon Chansiri, Aiyawatt Srivaddhanaprabha, dan Narin Niruttinanon.

Di luar itu, ada orang-orang dari China yang menjadi pemilik klub di Eropa. Mereka yang namanya sebagai pemilik klub, yaitu Zhang Jindong, Guo Guangchang, Lai Guochuan, dan Gao Jisheng.

Sementara orang terkaya lainnya berasal Singapura seperti Peter Lim serta dari Malaysia seperti Vincent Tan dan Tony Fernandes. Nah, itu tadi informasi seputar orang terkaya Asia yang menjadi pemilik klub sepak bola. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →