Dulu Jaga Toko di Mangga Dua, Ini Kisah Inspiratif Daniel Mananta

Daniel Mananta. (Instagram)

Daniel Mananta. (Instagram)

Belakangan ini, Daniel Mananta jadi buah bibir netizen lantaran dirinya bakal memerankan tokoh Basuki Tjahaja Purnama dalam film A Man Called Ahok. Film ini tentunya akan menjadi film kedua Daniel yang sebelumnya sempat muncul di film berjudul Rumah Dara.

Sebagai seorang seleb, kisah hidup Daniel juga cukup inspiratif. Kariernya di dunia hiburan dirintis dari nol. Bukan karena ayahnya yang seorang artis, atau ibunya yang seorang penyanyi lantas anaknya dengan mudah terjun di dunia yang sama.

Daniel memang lahir dari keluarga yang mapan dan berkecukupan. Akan tetapi, di masa mudanya, Daniel banting tulang, kerja keras demi masa depan dan tidak suka bermanja-manja .

Sebagai seleb, Daniel Mananta memang dikenal sebagai presenter beken. Dia bahkan sudah pernah menyabet Panasonic Gobel Awards 2013 untuk kategori Presenter Talent Show Terfavorit.

Penasaran dengan sepak terjang Daniel dalam kariernya? Yuk simak cerita singkatnya di sini.

1. Dulu cuma jaga toko di Mangga Dua, tukang cuci, dan anggota MLM

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Saat belum terjun di dunia hiburan, Daniel Mananta bekerja membantu ayahnya mengurus sebuah toko pakaian impor di Pasar Pagi Mangga Dua. Kabarnya, Daniel-lah yang menjaga toko tersebut.

Namun jangan salah, biar kata cuma toko baju impor, toko itu sukses lho. Ayahnya pun berhasil menyekolahkan Daniel yang dari TK hingga SMP bersekolah di Tarakanita, Pluit, hingga melanjutkan stud jenjang SMA di Perth, Australia.

Ketika berada di Negeri Kangguru, Daniel juga gak cuma sekolah doang. Dia pun menjalani kerja sampingan untuk menambah uang saku.

Kabarnya nih, di Australia dia jadi tukang cuci di restoran. Tukang cucinya juga bukan cuma cuci piring, melainkan juga cuci kakus!

Setelah lulus dari Aquinas College, dia pun kuliah di Edith Cowan University dan lulus tahun 2002. Kabarnya nih, selama kuliah dia juga pernah kerja sebagai salah seorang anggota multi level marketing Amway, dan magang di Citibank.

2. Ikut audisi VJ MTV

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Di era 1990 hingga 2000-an awal, MTV emang jadi saluran televisi yang digandrungi anak-anak gaul. Dulu, pembawa acara di MTV dikenal dengan sebutan VJ alias Video Jockey.

Pada saat itu, MTV menggelar audisi VJ yang bertajuk MTV VJ Hunt. Dari sekitar enam ribu kontestan, Daniel Mananta pun tampil sebagai pemenang.

Alhasil, dari sinilah karier Daniel di dunia entertainment dimulai. Dia mulai jadi orang terkenal, hingga akhirnya di tahun 2004 dia jadi host MTV Asia Award. Daniel pun berkesempatan mewawancarai band-band terkenal pada saat itu, sebut saja seperti Korn, Linkin Park, The Black Eyed Peas, dan lainnya.

Saat jadi VJ-lah, Daniel mulai sering disapa VJ Daniel. Dia juga didapuk sebagai brand ambassador produk-produk ternama. Otomatis kantongnya pun jadi makin tebal pada saat ini.

3. Indonesian Idol

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Karena ketenaran dan keluwesannya dalam membawakan acara berstandar internasional, Daniel Mananta akhirnya diajak untuk jadi host di Indonesian Idol, mulai dari season 3 hingga sekarang. Awalnya, dia muncul bersama Ata, namun di tahun 2008, dia diduetkan bersama Dewi Sandra. Namun, untuk Indonesian Idol 2010 dan seterusnya, Daniel gak punya tandem.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Dia pun sempat jadi host di acara musik lainnya, sebut saja seperti Planet Muzik Award 2011 yang diselenggarakan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Ia pun ditunjuk untuk membawakan The Voice of Indonesia pada 2016.

Sementara itu, di Indonesian Idol Junior, Daniel malah dipercaya untuk jadi juri.

4. Mendirikan Damn I Love Indonesia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Inilah mengapa Daniel Mananta bisa disebut sebagai salah satu entrepreneur yang sukses.

Kamu pernah dengar kan produk clothing bermerek Damn I Love Indonesia? Bisnis ini sejatinya merupakan cetakan baru dari bisnis baju berkonsep Jepang yang dibuka Daniel di WTC Mangga Dua.

Karena bisnis itu gak berkembang, maka dia pun mengubahnya dengan nama Damn Black Label, yang kemudian berubah lagi jadi Damn I Love Indonesia.

Cerdasnya, setiap keuntungan penjualan t-shirtnya digunakannya untuk buka cabang baru. Metode ini persis kayak cara Warren Buffett membesarkan bisnisnya, yaitu menginvestasikan keuntungan.

5. DaMN Inc

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Daniel Mananta (@vjdaniel) on


Selain clothing, Daniel dan partnernya pun mendirikan sebuah perusahaan entertainment bernama DaMN Inc. Perusahaan ini juga bergerak di bidang agensi model hingga event organizer. Intinya, bisnis yang satu ini adalah passion lain Daniel di luar bisnis ritel.

Kalau kamu pernah nonton film Killer yang dibintangi Oka Antara, ternyata DaMN Inc terlibat di situ. Daniel adalah executive producer di sana, bukan sebagai bintang film.

Kabarnya, Mike Lewis dan Nino Fernandez juga tergabung dalam agensi DaMN Inc.

Seperti itulah kisah singkat perjalanan Daniel Mananta, dari tukang jaga toko keluarga hingga jadi selebriti dan entrepreneur sukses.

Sampai saat ini, gak sedikit pula brand yang menunjuk Daniel sebagai brand ambassador lho. Gak tanggung-tanggung, sebagian besar brand ternama, seperti Adidas, Smart Mercedes-Benz, hingga jam tangan mewah TAG Heuer.

Kisah Daniel tentu mengajari kita untuk selalu memanfaatkan peluang yang ada demi kelangsungan karier di masa depan. Coba bayangin, berawal dari MTV VJ Hunt, dia pun berhasil menikmati kesuksesannya hingga saat ini.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis