Dapat Duit Saat Ngabuburit, Kenapa Gak? Coba 5 Ide Ini

Siapa bilang ngabuburit terasa berat? Menunggu jam buka puasa datang, kamu bisa kok bikin rentang waktu tersebut jadi terasa lebih ringan. Bahkan, kamu bisa sampai lupa kalau kamu lagi puasa.

Maksudnya lupa lagi puasa itu adalah kamu gak merasa terbebani oleh rasa lapar dan haus. Alasannya, pikiran kamu teralihkan dari mikirin jam buka puasa ke hal-hal lebih penting.

Apa hal lebih penting itu?

Salah satunya adalah ngehasilin duit saat ngabuburit. Selain bisa mengalihkan pikiran dari rasa gak sabar segera berbuka, kamu pun bisa dapat duit. Kan lumayan banget buat Lebaran nanti.

Apa aja sih kegiatan produktif yang bisa ngehasilin duit dan bisa kamu lakuin saat ngabuburit? Yuk, simak lima ide santai berikut.

1. Bikin takjil buat dijual saat berbuka puasa

Ngabuburit
Bikin takjil dadakan (detik)

Takjil gak bisa lepas dari yang namanya saat berbuka puasa. Kebanyakan orang bakal mencari takjil terlebih dahulu karena menunya yang sangat ringkas buat segera dimakan.

Nah, waktu ngabuburit kamu bisa kamu manfaatin buat memasak beragam takjil. Kemudian, kamu bisa pasarkan ke dekat rumah atau di pinggir jalan.

Kebanyakan menu takjil sangat sederhana, kok. Contoh, kolak pisang, kolak biji salak, nagasari pisang, dan goreng-gorengan. Modal awal buat usaha ini bisa dimulai dari ratusan ribu aja.

[Baca: 8 Takjil Bulan Puasa yang Bisa Menghasilkan Rp 1 Juta Sehari]

2. Bikin kue lebaran

kepanjangan ngabuburit
Bikin kue kering aja (merdeka)

Produk kedua yang bisa kamu coba adalah kue lebaran. Lebaran sih masih jauh, tapi biasanya orang udah mulai pre-order buat kue-kue kering yang nantinya disajikan saat hari H Lebaran dan setelahnya.

Modal bisnis ini bergantung kepada jumlah pesanan yang kamu terima. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan.

Contoh perhitungannya pernah dibahas di artikel berikut.

[Baca: Bisnis Ramadan: Mau Nambah Penghasilan Selama Puasa? Coba 5 Bisnis Dadakan dengan Modal di Bawah Rp 5 Juta Ini]

Modal awalnya sekitar Rp 3 juta, namun kamu bisa dapat hampir Rp 4 juta. Tentu dengan catatan kamu mesti gigih buat jualan.

Satu cara yang bisa kamu pakai adalah segera promosikan tawaran pre-order kepada teman-teman di media sosial atau teman terdekat kamu. Konsep pre-order ini juga memudahkan kamu buat dapat modal dan kepastian pembeli.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Sediakan katering harian buat yang puasa dan gak

contoh ngabuburit
Sediain katering buat buka puasa atau makan siang yang gak puasa (merdeka)

Enaknya bulan puasa itu adalah target pasar kamu jadi makin luas, lho. Contoh, khususnya buat bisnis katering.

Bila saat bulan biasanya target pasar kamu cuma satu aja maka kali ini jadi dua. Kamu bisa tawarkan katering harian buat yang gak puasa pas jam makan siang, plus buat berbuka puasa.

Malah kesempatan kamu buat meraih pesanan dari yang gak puasa makin tinggi. Ini karena rata-rata warung makanan atau restoran biasanya tutup sebelum jam 3 sore.

4. Bikin kerajinan tangan kecil-kecilan

ngabuburit itu apa sih
Sambil ngumpul gini makin asik (merdeka)

Pengin yang sedikit lebih santai dan gak berhubungan dengan makanan? Coba deh bikin kerajinan tangan kecil-kecilan aja.

Contoh, kamu bisa bikin parsel-parsel cantik yang biasanya jadi buruan pas momen Lebaran.

Yang kamu butuhkan adalah modal beli beragam biskuit dan keranjang, serta beberapa aksesori pendukung seperti pita. Nantinya, kamu tinggal rangkai deh semua perlengkapan tersebut.

[Baca: 6 Ide Bisnis Kecil-kecilan Modal 1 Juta Tapi Untung Lumayan]

5. Bongkar lemari buat jual barang bekas

ngabuburit di bulan ramadhan
Cek-cek ada yang bisa dijual gak ya (dream)

Pengin lebih santai lagi tetapi bisa hasilkan duit saat ngabuburit? Daripada cuma leyeh-leyeh, kamu bisa bongkar lemari kamu sekalian beres-beres rumah.

Selain lemari dan rumah jadi rapi, duit pun bisa kamu temukan lho. Siapa tahu aja nemu di kantong-kantong baju kamu atau terselip dimana gitu.

Gak cuma itu aja, dengan ngebongkar lemari atau tempat lainnya, kamu mungkin bisa temukan barang bekas masih layak yang bisa kamu jual. Daripada dibiarkan jadi onggokan gitu aja, mending dijual buat hasilin duit kan?

Udah dapat barang-barang bekas yang masih layak pakai tersebut? Sekarang kamu bisa potret satu per satu semenarik mungkin. Kemudian, kamu jual deh di situs jual beli online seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, atau media sosial kamu.

Bila emang sukses, gak ada salahnya kamu tawarkan atau ajak teman kamu yang mau jual barang-barang bekas mereka lewat kamu. Lumayan deh kamu bisa dapat margin harga dari barang-barang teman kamu tersebut.

Udah gak bingung lagi mau ngapain pas ngabuburit kan? Yuk, cobain ide santai di atas biar jam berbuka puasa gak terasa panjang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →