Biar Semangat Kerja Tetap Membara, Tempatkan 5 Benda Ini di Meja Kerja

Kondisi meja kerja ternyata memberi pengaruh besar dalam membangkitkan semangatmu dalam bekerja. Hah, maksudnya gimana?

Ternyata, penataan meja kerja dengan menempatkan barang-barang tertentu bisa mendorong meningkatnya produktivitas kerja. Sebaliknya, meja kerja yang berantakan memberi efek negatif pada pekerjaanmu. Akibatnya, kinerja pun menurun.

Jadi, kalau kinerjamu kurang maksimal belakangan ini, mungkin aja penyebabnya berasal dari meja kerja kamu. Buat memperbaiki hal itu agar kerjamu optimal, ikuti kiat-kiat menata meja kerja berikut ini.

1. Menempatkan foto orang-orang yang disayangi

Motivasi bisa berasal dari mana aja. Semua orang, termasuk kamu, pastinya setuju kalau motivasi terbesar datang dari orang-orang yang kamu sayangi.

Menempatkan foto orang-orang yang disayangi di meja kerja rupanya bisa memacu motivasimu dalam bekerja. Kamu bisa tempatkan foto keluarga, kekasih, ataupun teman-temanmu.

Apalagi buat kamu yang udah memiliki anak. Dengan melihat foto anak, gairah kerja yang sempat turun kembali terpompa.

2. Letakan action figure atau benda-benda yang kamu sukai

Banyak karyawan yang merupakan generasi milenial suka sekali mengoleksi action figure. Kalau kamu salah satu yang gemar koleksi action figure, mulai sekarang letakan karakter favoritmu di meja kerja.

Kalau kamu bukan orang yang suka dengan action figure, kamu bisa menggantinya dengan benda-benda yang kamu suka.

Adanya action figure atau benda-benda yang kamu suka tersebut dapat menciptakan suasana kerja yang santai. Hal ini tentunya bagus buat mengurangi tekanan kerja. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari stres akibat bekerja.

3. Buat catatan di sticky notes warna-warni

Keberadaan sticky notes emang membantu banget dalam bikin catatan. Walaupun udah ada sticky notes digital, ada baiknya bikin catatan di sticky notes kertas agar warna-warninya bisa kamu lihat.

Kenapa bikin catatannya di sticky notes kertas? Asal tahu aja nih. Warna-warni pada sticky notes secara psikologis dapat mempengaruhi naik turunnya hasrat buat kerja.

Misalnya aja penggunaan warna merah. Menurut penelitian, warna merah dapat membangkitkan semangat, rasa percaya diri, dan kegembiraan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Taruh buku-buku bacaan favorit

Kadang-kadang rasa jenuh suka muncul saat bekerja. Kalau kamu hobi baca, bisa tuh menaruh buku-buku bacaan favorit di meja kerja.

Begitu dilanda rasa bosan saat bekerja, kamu bisa ambil waktu sejenak buat membaca buku-buku bacaan favorit. Gak menutup kemungkinan ketika membaca buku-buku tersebut, kamu mendapat inspirasi.

Selain itu, membaca buku itu bakal menambah wawasanmu. Ini pastinya sangat membantu orang-orang yang berprofesi sebagai writer atau jurnalis.

5. Tempatkan tanaman di meja kerja

Bukan cuma taman aja yang bisa kamu hias supaya terlihat asri. Meja kerja pun bisa kamu bikin tampak sedikit asri. Caranya? Tempatkan aja tanaman di meja kerja.

Selain supaya meja kerjamu terlihat sedikit hijau, suasana kerja terasa sedikit segar dengan hadirnya tanaman di sekelilingmu. Hitung-hitung kamu dapat tambahan oksigen dari tanaman itu. Gak cuma itu. Dengan adanya tanaman itu, kamu udah berkontribusi bagi kelestarian lingkungan.

Apalagi, sekarang ada tanaman sukulen yang emang didesain secara praktis sehingga kamu gak kerepotan untuk membawa atau menempatkannya. Di samping itu, tanamannya gak melulu hijau. Jadi ada yang berwarna-warni tergantung jenis yang kamu pilih.

Lebih penting lagi kalau punya komitmen dan kedisiplinan

Di samping menata meja kerja dengan barang-barang di atas, penting sekali bagi kamu buat memiliki komitmen dan kedisiplinan.

Adanya komitmen mendorong kamu buat membuktikan kalau kamu bisa dipercaya. Jadi, saat semangatmu mulai kendor, kamu bisa mengingat apa yang jadi komitmenmu saat bekerja.

Sementara dengan kedisiplinan, kamu diuji sejauh mana bisa terus konsisten dalam mempertahankan kinerja. Semakin disiplin, semakin baik hasil kerjamu.

Demikian informasi penataan meja kerja yang bisa bikin harimu semangat. Semoga bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →