Mahendra Siregar Jabat Wakil Menteri Luar Negeri, Ini Perjalanan Karirnya

Mahendra Siregar Jadi Wakil Menteri Luar Negeri (Shutterstock)

Mahendra Siregar, Pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1962 ini merupakan sosok yang berpengalaman di berbagai bidang dan posisi, Mahendra tercatat pernah mengisi berbagai jabatan penting dalam pemerintahan hingga saat ini.

Pada tahun 2010 hingga 2011, Mahendra pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan Indonesia pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian, pada 2011 sampai 2013, Mahendra juga pernah mengisi jabatan sebagai Wakil Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Tak berhenti disitu, pada 2013 sampai 2014, Mahendra juga pernah menabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Mahendra Siregar lahir dari pasangan orang tua yang berasal dari etnis Angkola dan Minangkabau.

Sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Mahendra Siregar berkarier di Departemen Luar Negeri. Selama bertugas di Deplu, ia menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London (1992–1995) dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington D.C. selama 3 tahun (1998–2001).

Mahendra kemudian bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian pada 2001. Ia dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti. Mahendra yang lulusan S2 Ekonomi dari Universitas Monash, Australia. Kemudian dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005 hingga 2009. Ia menempati jabatan itu dengan menteri yang berganti-ganti yaitu Aburizal Bakrie (2005–2006), Boediono (2006–2008), dan Sri Mulyani Indrawati (2008–2009).

Pada bidang perbankan, Mahendra juga pernah menempati posisi sebagai Direktur Utama pada Indonesia Eximbank. Ia juga pernah menjabat komisaris beberapa perusahaan yaitu PT Dirgantara Indonesia (2003–2008) dan PT Aneka Tambang (2008–2009).

Kemudian sejak November 2009, Mahendra ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menempati posisi sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Setelah sekitar dua tahun menempati posisi Wakil Menteri Perdagangan, Mahendra dipercaya menempati posisi Wakil Menteri Keuangan.

Ditunjuk Presiden Jabat Wakil Menteri Luar Negeri

Meski memiliki segudang pengalaman dalam bidang perdagangan, Mahendra kini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengemban tugas sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Mahendra mendampingi Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi.

Mahendra mengatakan, dirinya diberikan tugas oleh Presiden terkait polemik perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS). Kemudian peningkatan perdaganagn internasional, mengamankan keberlanjutan industri sawit nasional.

“Kami membahas banyak isu dengan Bapak Presiden, pertama konteks perdagangan global. Perang dagang antara China dengan AS. Saya diminta koordinasi dengan perdagangan karena perang dagang bukan semata-mata tantangan tetapi juga peluang,” kata Mahendra di Istana Presiden Jakarta.

Harta Kekayaan

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara per tanggal 4 April 2019, Mahendra tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp 16,2 miliar. Harta kekayaan Mahendra berupa tanah dan bangunan yang tersebar di tiga lokasi. Yakni Bogor Jawa Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan dengan total nilai mencapai Rp 6,3 miliar.

Kemudian, untuk harta bergerak, Mahendra memiliki sejumlah alat transportasi yakni kendaraan roda empat. Mobil Mercedes Benz minibus tahun 2014, senilai Rp 544.545.4542. Mobil, Mitsubishi Pajero tahun 2016, senilai Rp. 425.000.000. Dan harta bergerak lainnya senilai Rp 800 juta.

Tercatat Mahendra juga memiliki Kas dan Setara Kas sebesar Rp 8 miliar, dengan demikian total harta kekayaan Mahendra mencapai Rp 16,2 miliar.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →