Hampir Seluas Hong Kong, Mewahnya Bandara Daxing Beijing Senilai Rp 156 T!

Daxing Beijing

China bisa dibilang salah satu negara yang gak ada hentinya buat membangun infrastruktur megah di negerinya. Salah satunya Bandara Daxing Beijing yang luasnya hampir seperti Hong Kong. Bandara mewah dan megah ini dibangun secara ciamik nih oleh pemerintahan China. 

Mobilitas masyarakat dunia yang memanfaatkan transportasi jalur udara semakin hari bisa dibilang makin banyak seiring pertumbuhan ekonomi yang juga meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari pertumbuhan penumpang yang mencapai 10,2 persen atau menjadi 1,2 miliar orang di tahun 2018 lalu di China, melansir dari MBA Aero.

Sejak 2010 hingga 2020, Negeri Tirai Bambu tengah mencanangkan insfrastruktur berupa bandara dengan taraf internasional, setidaknya ada 8 unit setiap tahunnya. Hal ini dilakukan lantaran demi mengakomodir mobilitas masyarakatnya yang semakin tinggi setiap tahunnya. 

Kalau kamu perhatikan, Bandara Daxing Beijing ini emang terlihat mewah dan megah banget lho! Kehadiran Daxing Beijing emang sangat mencuri perhatian media massa lokal maupun interasional. Penasaran gimana wujud bandara udara uang dikabarkan memiliki luas hampir seperti Hong Kong ini? Yuk, kita lihat aja di sini ya guys!

Baca juga: Berdiri di Atas Laut, Ini 5 Bandara dengan Biaya Pembangunan Termahal di Dunia

Bandara Daxing Beijing memakan luas tanah mencapai  47 kilometer persegi

Daxing Beijing
Bandara Daxing memakan luas tanah mencapai  47 kilometer persegi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melansir dari South China Morning Post, berlokasi 46 kilometer di Selatan Lapangan Tiananmen yang bersejarah. Beijing Daxing International Airport ini membutuhkan luas sebanyak 47 kilometer persegi atau setengah lebih dari total wilayah pulau Hong Kong. 

Untuk landasan pesawatnya sendiri memakan wilayah seluas 695 ribu meter persegi. Menobatkannya menjadi yang terbesar di dunia.

Baca juga: Mulai dari Rp 500 Ribuan, Begini Lho Cara Resmi Membuat Visa China yang Benar

Bandara Daxing Beijing ditargetkan menampung ratusan juta penumpang sampai tahun 2040

Daxing Beijing
Bandara Daxing ini menargetkan banyak penumpang setelah rampung nanti, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk bisa merasakan manfaat dari pembangunan infrastruktur sebesar ini  emang membutuhkan waktu yang gak sebentar. Pihak pengelola Bandara Daxing Beijing serta pemerintah China sendiri menargetkan international airport pada tahun 2021 bisa menampung sebanyak 45 juta orang setiap tahunnya.

Angka yang lebih besar lagi dicanangkan pada tahun 2025 sebanyak 72 juta jiwa dan barulah di tahun 2040 menargetkan angka 100 juta penumpang setiap tahunnya.

Baca juga: Tertinggi Impornya, Ini Barang-barang Asal China yang Berdatangan ke Indonesia

Dana untuk membangun Bandara Daxing adalah US$ 11 miliar

Daxing Beijing
Buat membangun bandara ini, pemerintah China jor-joran habiskan dana di angka Rp 156 triliun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Guna mewujudkan ambisi tersebut, pemerintah Xi Jinping membutuhkan uang yang sedikit. Tercatat paling gak sebanyak US$ 11 miliar atau setara Rp 156 triliun harus mereka dapatkan demi merampungkan konstruksi dari awal hingga akhir.

 Menyerap tenaga kerja yang sangat banyak

daxing Beijing
Buat merampungkan pembangunan bandara ini, pihak pemerintah dan Daxing International Airport nyerap banyak tenaga kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dengan luasnya yang hampir setara pulau Hong Kong tentu pihak pengelola membutuhkan sumber daya manusia yang gak sedikit. Sebanyak 600 ribu pegawai dikerahkan buat merampungkan bandara ini hingga akhirnya bisa beroperasi secara maksimal.

Jumlah tersebut merupakan salah satu terbanyak jika dibandingkan airport yang udah berdiri sampai hari ini.

Desain Bandara Daxing dibuat oleh arsitek berdarah Iraq-Inggris bernama Zaha Hadid

daxing beijing
Desain bandara Daxing dibuat oleh arsitek berdarah Iraq-Inggris bernama Zaha Hadid, (Ilustrasi/Shutterstock).

Percuma rasanya kalau udah ngeluarin uang banyak-banyak tapi desainnya gak memiliki arti. Zaha Hadid yang didapuk sebagai arsitek bangunan tersebut mengungkapkan bahwa desainnya terlihat seperti binatang bintang laut, terinspirasi dari evolusi perubahan budaya China yang terhubung antara sisi tengah dan luarnya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang Bandara Daxing Beijing yang diperkirakan bakal rampung September 2019. Kira-kira kapan ya Indonesia membuat satu yang sebesar itu? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →