Tips dan Definisi Strategi Pemasaran yang Tepat

Definisi strategi pemasaran pada dasarnya adalah langkah-langkah yang ditetapkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan kekuatan suatu brand atau merek. 

Artinya, strategi pemasaran berperan krusial dalam membangun suatu merek dalam jangka waktu singkat, namun untuk tujuan berjangka panjang. Perlu dipahami sebelumnya bahwa umumnya konsumen akan lebih memilih produk dengan merek yang sudah mereka kenali atau pernah mereka gunakan sebelumnya.

Nah, dengan adanya strategi pemasaran yang tepat, konsumen lama-kelamaan akan mulai mengenali merek dagang kita dan kualitas produk yang dihasilkan. 

Melihat begitu pentingnya peran suatu strategi pemasaran, untuk itu Lifepal sudah rangkum strategi pemasaran yang efektif untuk usaha kita. Simak bersama-sama, yuk! 

1. Melalui Media Sosial 

Mengelola Akun Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi salah satu wadah pemasaran berbasis digital yang sangat efektif. Sebut saja pemasaran melalui Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter sebagai media pemasaran paling favorit saat ini. 

Meski begitu, tahukah bahwa pemasaran sosial media tidak selalu berhubungan dengan jual-beli barang secara langsung. Dalam pemasaran media sosial, kita juga bisa memperbanyak konten dalam bentuk artikel, gambar, atau bahkan video. Namun, tentu saja konten yang dipasarkan harus berhubungan dengan barang atau jasa yang kita jual. 

Sebagai contohnya jika kita menjual produk tiket perjalanan atau punya bisnis travel, maka kita bisa membuat konten yang berkaitan dengan travelling. Dengan memberikan impresi yang baik, maka rasa percaya calon konsumen akan meningkat. 

2. Pemasaran Melalui Surel 

Inspirasi Bisnis Online Tanpa Modal

Selain media sosial, wadah pemasaran berbasis digital lainnya dapat dilakukan melalui surel atau email. Perlu dipahami, pemasaran melalui surel atau dikenal dengan nama email marketing, akan terkesan lebih personal dan dapat membantu kita terhubung secara terus menerus kepada para pelanggan. 

Strategi pemasaran melalui surel ini dapat dimulai dengan memberikan promosi atau informasi terkait produk atau jasa usaha kita. Kirim secara rutin atau setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, pelanggan dan calon pelanggan akan familier dengan merek usaha yang kita miliki. 

Sebagai rekomendasi, sekarang ada banyak sekali situs layanan email marketing yang dapat kita gunakan secara gratis, seperti MailChimp, GetResponse, Aweber, dan masih banyak lagi.

3. Memilih Lokasi yang Tepat

lokasi dan definisi strategi bisnis

Pemilihan lokasi usaha menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan pemasaran suatu usaha. Tentu saja, semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, peluang tingkat penjual pun juga akan ikut meningkat. 

Untuk itu, jika berencana mendirikan toko, sebaiknya lakukan riset pemasaran dan bandingkan beberapa lokasi terlebih dahulu. Selain itu, sesuaikan target pasar kita dengan masyarakat yang ada di sekitar lokasi usaha. 

Sebagai contohnya, jika berencana mendirikan usaha laundry, usahakan mencari lokasi yang diramaikan oleh banyaknya indekos atau apartemen. 

4. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan 

Memanfaatkan Promo dari Agen Tiket Pesawat Online

Dalam membangun suatu usaha, memiliki relasi baik dengan pelanggan merupakan salah satu strategi pemasaran yang perlu diperhatikan. Nah, strategi pemasaran yang satu ini erat kaitannya dengan media sosial. 

Ketika melakukan berbagai promosi penjualan di media sosial, umumnya kita juga mendengar langsung masukan dan keluhan dari pelanggan. Ketika mendapat komentar dari pelanggan, sebaiknya ditanggapi dengan positif, ya. 

Jadi, jika terjadi kesalahan jangan ragu untuk minta maaf dan jika memungkinkan berikan hadiah atau produk gratis sebagai bentuk permintaan maaf. Dengan begitu, pelanggan dapat merasa spesial dan dihargai. 

5. Memberikan Insentif untuk Rekomendasi

cerita tukar uang rayap

Meski terkesan ketinggalan zaman, namun tak dapat dimungkiri, strategi pemasaran word of mouth sangatlah efektif untuk sebagian besar perusahaan. Itu sebabnya, coba berlakukan pemberian insentif terhadap sebuah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasa kita. 

Insentif yang diberikan tidak harus selalu berupa uang, namun juga bisa berupa produk atau diskon spesial. Menariknya dengan strategi pemasaran insentif ini, perusahaan dapat memenangkan dua pihak sekaligus, yaitu pelanggan setia dan calon pelanggan. 

6. Menawarkan Produk Gratis 

Manfaatkan Wifi Gratis Sebagai Cara Menghemat Kuota

Ketika jalan-jalan di pusat perbelanjaan, mungkin kita sering melihat toko minuman atau makanan yang menawarkan sample produk kepada pengunjung yang lewat. Nah, trik ini ternyata sangat efektif, khususnya untuk usaha kuliner, lho! 

Memang betul, akan sulit untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kita, jika mereka belum pernah mencoba produk tersebut secara langsung. Namun, cara ini tidak hanya dapat dilakukan oleh usaha kuliner saja. Untuk usaha yang menawarkan jasa, kita bisa tawarkan free trial. 

7. Sajikan Ide Usaha yang Unik

manfaat akuntansi keuangan

Menemukan ide bisnis unik atau berbeda dari yang lain tentu membutuhkan riset lebih dan strategi pemasaran yang matang. Namun, dengan ide usaha yang unik, membangun identitas merek yang kuat juga akan lebih mudah. 

Sebagai contohnya, adalah ide bisnis membuat peralatan rumah tangga menggunakan rotan. Saat ini, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan sangat banyak dicari oleh masyarakat. Namun, saat ini masih jarang peralatan rumah tangga berbahan rotan yang dijual dengan bentuk menarik seperti gajah, pohon, dan lainnya. Untuk itu, ini bisa kita manfaatkan sebagai ide bisnis yang menarik. 

Melihat definisi strategi pemasaran di atas, rasanya sangatlah penting untuk setiap perusahaan menetapkan langkah-langkah yang tepat. Jika berencana untuk mendirikan suatu usaha, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal, di mana kami menyuguhkan berbagai tips-tips memulai usaha dengan sukses yang menarik.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →