Bukan Inflasi, 6 Negara Eropa Ini Justru Mengalami Deflasi, Kok Bisa?

Deflasi-ekonomi-Shutterstock

Dibandingkan dengan inflasi, istilah deflasi lebih jarang kita dengar karena kejadian ini jarang dialami oleh sebuah pemerintahan termasuk Indonesia. Namun tahukah kamu negara Eropa mana yang pernah merasakan dampak cukup parah?

Pengertian deflasi sendiri adalah kondisi dimana harga komoditas di suatu negara mengalami penurunan terus menerus dalam durasi waktu tertentu.

Biar lebih memudahkan bayangin aja kalau misalkan di Indonesia harga telur ayam 1 kilogramnya adalah Rp 10 ribu. Karena terjadi penurunan nilai komoditas sebesar 5 persen dalam periode 1 bulan berikutnya maka harga telur tersebut berkurang sampai dengan Rp 9.500.

Bukannya menguntungkan, justru beberapa dampak negatif bakal muncul mulai dari pemutusan hubungan kerja dalam skala besar, keuntungan sebuah perusahaan menurun sampai  investasi serta harga saham menurun. Ini akibat daya beli masyarakat yang juga menurun.

Pasca krisis finansial global tahun 2008 banyak negara di Eropa yang mengalami fenomena tersebut. Ada 3 faktor yang menjadi penyebabnya antara lain adalah kebijakan keuangan dari bank sentral atau pemerintah, komoditas yang dihasilkan kurang bervariasi dan penurunan permintaan atas sebuah barang.

Mengetahui penjelasan singkat tersebut mending kita simak langsung negara mana aja yang pernah mengalami situasi deflasi berikut ini:

Baca juga: Pendapatannya Mencapai Rp 418 Triliun, Ini 6 Perusahaan Rokok Terkaya

1. Rumania

Deflasi
Rumania (Shutterstock).

Mengutip dari Trading Economics, dari sekian banyak negara Eropa yang paling besar merasakan dampak deflasi adalah Romania. Gak tanggung-tanggung angkanya mencapai minus 3,6 persen lebih tahun 2016.

Salah satu kontributor terbesar adalah karena produksi minyak mentah yang membludak saat itu sehingga harga-harga komoditas menjadi anjlok.

2. Siprus

Deflasi
Siprus (Shutterstock).

Negara Eropa kedua yang mengalami deflasi cukup besar adalah Siprus. Angka penurunannya mencapai sekitar 3,2 persen di tahun 2015 kemarin.

Siprus sangat tergantung pada 3 industri utama di negaranya yakni migas, pariwisata dan angkutan logistik laut. Jadi pantes aja mereka merasakan efek yang lumayan besar.

3. Yunani

Deflasi
Yunani (Shutterstock).

Selanjutnya adalah Yunani negeri yang terkenal karena cerita para dewa dan dewinya. Pada tahun 2008 lalu Yunani sempat mengalami krisis finansial terparah sepanjang sejarah.

Tetapi periode deflasi paling sulit dialami oleh Yunani adalah pada tahun 2015 dimana tingkat penurunannya sampai minus 2,9 persen.

Namun kondisinya kini udah jauh lebih baik dengan angka inflasi yang terkontrol seiring pertumbuhan ekonomi yang sedikit demi sedikit membaik.

4. Bulgaria

Deflasi
Bulgaria (Shutterstock). 

Bulgaria menjadi korban harga minyak mentah dunia anjlok selanjutnya tahun 2016. Tingkat penurunannya mencapai di angka minus 2,6 persen.

Tetapi gak butuh waktu lama untuk pemerintah mengembalikkan keadaan karena pada tahun 2017 Bulgaria telah mengalami inflasi sekitar 1 persenan. Bahkan memasuki tahun 2019 persentasenya udah lebih dari 2 persen.

5. Spanyol

Deflasi
Barcelona, Spanyol (Shutterstock).

Gak jauh dari Yunani ada negara asal klub sepakbola Real Madrid. Pertumbuhan ekonomi yang lumayan baik dari tahun 2014 sampai 2016 ternyata gak berhasil membawa Spanyol terbebas dari cengkraman deflasi.

Nyatanya pada periode antara 2015 sampai 2016 angka penurunannya mencapai lebih dari 1,9 persen.

Persentase tersebut masih lebih rendah dari beberapa negara Eropa lainnya yang terdampak akibat jatuhnya harga minyak mentah dunia.

6. Kroasia

Deflasi
Kroasia (Shutterstock).

Urutan paling buncit diisi oleh Kroasia, negara yang sempat masuk dalam final turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia tahun 2018 lalu. Sayang mereka harus kalah melawan Perancis.

2 tahun sebelumnya penduduk Kroasia mengalami deflasi karena harga BBM yang anjlok. Mirip dengan Spanyol mereka terkena penurunan sampai 1,9 persen saat itu. FYI data di atas diambil secara berkala setiap bulannya dari tahun 2008 sampai 2019.

Nah itulah 6 negara Eropa dengan tingkat deflasi tertinggi yang pernah tercatat pasca krisis ekonomi global. Dari keenam daftar tersebut negara mana yang pernah kamu kunjungi nih, guys? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →