Bunga Deposito Bank Mega 2020 – Simulasi dan Info Lengkapnya

deposito bank mega

Deposito Bank Mega  menjadi salah satu produk tabungan berjangka yang memberikan bunga menarik. Salah satu yang menjadi pertimbangan memilih produk deposito adalah suku bunga deposito.

Di artikel ini, kamu dapat melihat daftar bunga deposito Bank Mega dan melakukan perhitungan deposito Bank Mega dengan kalkulator yang telah disediakan.

Sebagai informasi, suku bunga deposito bergantung pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Suku bunga acuan BI menjadi acuan suku bunga simpanan dan kredit perbankan, termasuk juga deposito. 

Dalam beberapa bulan terakhir, berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate

Periode BI 7-day
16 Juli 2020 4,00%
18 Juni 2020 4,25%
19 May 2020 4,50%
14 April 2020 4,50%
19 Maret 2020 4,50%
20 Februari 2020 4,75%
23 Januari 2020 5,00%

Bunga deposito Bank Mega terbaru 2020

Berdasarkan update penawaran bunga deposito perbankan yang dihimpun Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 10 Agustus 2020, bunga deposito tertinggi di perbankan saat ini di angka 5,63%. 

Deposito Bank Mega melalui produknya, Mega Depo saat ini menawarkan tenor atau jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Dengan setoran awal sebesar Rp8 juta. 

Nah, besaran dana dan lamanya tenor yang kamu ambil menjadi penentu berapa besar sih bunga yang kamu terima nantinya. 

Namun, tetap diingat ya. Suku bunga yang berlaku sewaktu-waktu bisa berubah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa hubungi langsung Bank Mega

Berikut ini suku bunga yang berlaku untuk Mega Depo dalam bentuk mata uang rupiah:

1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan 24 bulan
< Rp100juta 4.25 4.25 4.25 4.00 4.00
≥ Rp100 juta – < Rp500 juta 4.25 4.25 4.25 4.00 4.00
≥ Rp500 juta 4.50 4.50 4.50 4.00 4.00

Bunga deposito Bank Mega dollar terbaru

1 bulan 3 bulan 6 bulan 12 bulan
≥ USD 1.000 –  USD 100.000 0,25% 0,25% 0,25% 0,25%
≥ USD 100.000 0,50% 0,50% 0,50% 0,50%
≥ SGD 3.000 0,15% 0,15% 0,15% 0,15%
≥ EUR 1.000 0,15% 0,15% 0,15% 0,15%
≥ AUD 2.500 0,50% 0,50% 0,50% 0,50%

Rumus dan simulasi perhitungan deposito Bank Mega

Umumnya, cara menghitung deposito bisa dilakukan memakai cara sederhana. Begitu juga dengan deposito Bank Mega. 

Berikut ini rumus menghitung deposito yang digunakan: Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor.

Rumus bunga deposito tersebut juga telah menghitung pajak bunga deposito sebesar 20 persen. 

Untuk memudahkan melakukan perhitungan, berikut ini simulasi perhitungan deposito Bank Mega dengan kalkulator.

Daftar bunga deposito bank-bank di Indonesia

Berminat untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito? Sebelumnya, kamu bisa cek suku bunga deposito yang ditawarkan beberapa bank di bawah ini yang berhasil dikumpulkan tim Lifepal untuk melakukan perbandingan. 

Apa itu Mega Depo?

Mega Depo adalah produk simpanan berjangka yang memberikan bunga kompetitif sebesar 4 persen per tahunnya dengan setoran awal mulai dari Rp8 juta. 

Manfaat deposito Bank Mega

Mengklaim sebagai solusi terbaik untuk investasi karena menawarkan imbal balik yang sangat signifikan, deposito Bank Mega memiliki beberapa manfaat bagi nasabahnya, seperti:

  • Bunga deposito bisa menjadi passive income.
  • Suku bunga bersaing dengan bank kompetitor sehingga memberi keuntungan lebih bagi kamu yang investasi dalam jangka waktu pendek. 
  • Jangka waktu atau tenor fleksibel.
  • Ada fitur perpanjangan otomatis atau ARO. 
  • Bunga bisa dibayar bulanan.

Kelebihan deposito Bank Mega?

Beberapa kelebihan yang ditawarkan deposito Bank Mega untuk nasabahnya, antara lain: 

  • Suku bunga kompetitif 
  • Tenor fleksibel 
  • Tersedia perpanjangan otomatis atau Automatic Roll Over (ARO) 
  • Rekening tersedia untuk individu dan perusahaan. 

Kekurangan deposito Bank Mega

Selain memiliki kelebihan, deposito Bank Mega juga mempunyai beberapa kekurangan, di antaranya: 

  • Ada biaya penalti jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo. 
  • Bunga deposito tergantung suku bunga acuan BI sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Saldo minimum yang lebih besar dibanding tabungan biasa.

Pajak deposito Bank Mega

Seperti dijelaskan sebelumnya, bunga deposito dikenakan sebagai objek pajak. Dengan kata lain, dana akhir yang akan kamu terima setelah jatuh tempo akan terkena potongan pajak. Pajak atas bunga deposito merupakan salah satu jenis Pajak Penghasilan (PPh). 

Dasar pengenaan pajak atas bunga deposito adalah PPh Pasal 4 ayat 2 dengan besaran 20 persen untuk deposito > Rp7,5 juta. Itu berarti nilai deposito di bawah Rp7,5 juta gak akan dikenai pemotongan pajak atas bunga deposito. 

Syarat-syarat buka deposito Bank Mega

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Fotokopi identitas diri untuk WNI (KTP/SIM/Paspor) dan WNA (KITAS/KITAP).
  • Kartu NPWP.
  • Fotokopi akte pendirian, anggaran dasar, dan akte perubahan perusahaan (non – perorangan). 

Konsekuensi pencairan deposito Bank Mega sebelum jatuh tempo

Umumnya, masa jatuh tempo pencairan dana deposito berkisar mulai dari satu bulan hingga dua tahun. 

Begitu juga dengan peraturan pencairan yang berlaku di deposito Bank Mega sesuai dengan kesepakatan awal antara debitor dan pihak bank. 

Karena itu, jika deposan di kemudian hari mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo akan dikenai biaya penalti atau denda. 

Besaran denda disesuaikan dengan kebijakan dari bank yang bersangkutan. Namun, biasanya biaya penalti yang dikenakan berkisar 0,5 – 3 persen dari nilai deposito. 

Risiko lain yang bisa kamu peroleh jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo adalah bunga deposito yang gak akan dibayarkan pihak bank. 

Tentang Bank Mega

Bank Mega merupakan salah satu perbankan yang cukup besar di Indonesia. Bermula dari usaha milik keluarga yang bernama PT Bank Karman yang didirikan pada tahun 1969 dan berkedudukan di Surabaya, berubah nama menjadi PT Mega Bank tahun 1992.

Kini Bank Mega menjadi salah satu unit bisnis milik pengusaha nasional, Chairul Tanjung, melalui CT Corpora.

Pada saat krisis ekonomi, Bank Mega mencuat sebagai salah satu bank yang tidak terpengaruh oleh krisis dan tumbuh terus tanpa bantuan pemerintah bersama-sama dengan:

  • Citibank
  • Deutsche Bank
  • HSBC

Saat ini Bank Mega memiliki lebih dari 300 kantor cabang di Indonesia. Bank Mega juga memiliki berbagai produk andalan, baik untuk keperluan personal maupun bisnis. Mulai dari simpanan, pinjaman, hingga produk syariah.

Sekilas tentang Mega Insurance

Mega Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada 1956 di bawah naungan PT Asuransi Umum Mega. Mega Insurance merupakan salah satu sister company Bank Mega. 

Produk yang dimiliki Mega Insurance antara lain asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi properti, dan asuransi kendaraan. 

Produk unggulan dari Mega Insurance adalah asuransi kesehatan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan klaim cashless baik di dalam dan luar negeri. 

Selain itu, manfaat yang diberikan juga lengkap, mulai dari rawat inap rumah sakit akibat sakit, terdiagnosa penyakit kritis, hingga kecelakaan diri. 

Dapatkan penawaran terbaik dari Mega Travel Care

Buat kamu yang hobi traveling, Lifepal menawarkan produk unggulan dari Mega Insurance, Mega Travel Care. 

Asuransi perjalanan ini punya dua polis berdasarkan destinasi, yaitu Mega Travel Domestik dan Mega Travel Care International. 

Khusus asuransi perjalanan domestik, Mega Travel Domestik, menanggung risiko perjalanan di wilayah Indonesia saja. 

Polis asuransi ini menanggung risiko kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, evakuasi medis dan risiko lain yang mungkin terjadi selama dalam perjalanan. 

Sementara Mega Travel Care International memberi kamu perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan ke luar negeri. Selain itu, kamu juga akan dapat manfaat tambahan Golf Equipment Benefit. 

Manfaat yang kamu dapat melalui produk asuransi perjalanan ini antara lain uang santunan jika terjadi kecelakaan yang mengakibat meninggal dunia, cacat tetap total, biaya pengobatan, evakuasi medis, dan pengembalian jenazah.

Pertanyaan-pertanyaan seputar deposito Bank Mega

Ada sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan deposito Bank Mega. Berikut ini pertanyaan-pertanyaannya:

Berdasarkan data PIPU, bunga deposito tertinggi di bank saat ini sebesar 5,75%. Untuk bunga deposito tenor 1 dan 3 bulan, Bank Mega paling tinggi penawarannya, yaitu 5,75%. Setelah Bank Mega, Bank Mayora dengan bunga 5,5%.
Advis Deposito adalah suatu pemberitahuan penempatan deposito di bank, namun bukan merupakan bukti kepemilikan.
Bunga deposito Bank Mega, yaitu Mega Depo berbeda-beda, tergantung besarnya deposito dan jangka waktu yang dipilih. Semakin besar deposito yang dibayarkan, maka besarnya bunga yang kamu peroleh akan semakin besar pula. Suku bunga terkecil yang diberikan yaitu 4.50 persen, sedangkan suku bunga terbesarnya adalah 5 persen.
Syarat buka tabungan Bank Mega mencakup dokumen persyaratan standar dan setoran awal Bank Mega minimal Rp20.000. Suku bunga Bank Mega maksimal 4.5% per tahun sehingga cukup menarik. Keuntungan menabung di Bank Mega lainnya adalah banyak promo jika belanja dengan kartu debit Bank Mega.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →