Fantastis! Pembuatan Album-Album Musik Ini Ada yang Sampai Ratusan Miliar Lho

Pembuatan album musik itu emang mahal. Malah ada yang mahalnya menyentuh angka ratusan miliar. Bukan seluruh album, tapi itu biaya yang dihabiskan buat satu album lho. Mahal banget, kan?

Rupanya album musik yang berbiaya ratusan miliar tersebut merupakan album-album yang dikategorikan sebagai album termahal yang pernah dibuat. Gak nyangka ya. Selain kapal selam, rupanya ada juga album musik bernilai fantastis di dunia ini.

Dikutip dari Ranker, berikut ini adalah beberapa album musik yang masuk dalam jajaran album paling mahal di dunia. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca juga: Pengin Wajah Bersih dan Bebas Kerutan, Ini 7 Make up Remover Murah yang Bisa Kamu Pakai

1. Michael Jackson – Invincible: Rp 424 miliar

Michael Jackson (Shutterstock).

Penyanyi yang dapat gelar sebagai Sang Raja Pop ternyata diketahui pernah bikin album yang habiskan biaya dalam jumlah besar. Album yang dinamakan Invincible menghabiskan biaya sebesar US$ 30 juta atau Rp 424 miliar.

Asal tahu aja nih, album Invincible adalah album terakhir Michael Jackson. Proses pembuatan album ini membutuhkan waktu selama empat tahun. Album Invincible dirilis pada 2001.

Begitu diluncurkan, album ini mendapat sambutan positif dan pujian dari kritikus. Di 12 negara album Invincible menjadi album hit. Selain itu, album ini juga dapat sertifikasi double platinum karena penjualan 2 juta album pada 2002.

2. Guns N’ Roses – Chinese Democracy: Rp 183 miliar

Guns N’ Roses (Shutterstock).

Album musik termahal berikutnya adalah milik Guns N’ Roses yang berjudul Chinese Democracy. Pembuatan album ini menghabiskan biaya yang mencapai US$ 13 juta atau Rp 183 miliar.

Kalau kamu pikir proses pembuatan album Invincible milik Michael Jackson udah terbilang lama, album Guns N’ Roses ini makan waktu lebih lama lagi. Waktu yang diperlukan buat bikin album ini sekitar 10 tahun.

Album ini kemudian dirilis pada November 2008. Beragam ulasan disampaikan para penikmat musik mengenai album ini. Hebatnya, album ini berada di nomor tiga di US Billboard 200. Selain itu, album ini juga meraih platinum atas penjualan satu juta album pada Februari 2009.

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

3. Garth Brooks – Chris Gaines: Rp 70 miliar

Garth Brooks (Shutterstock).

Tahu gak berapa biaya yang dihabiskan buat bikin album Garth Brooks ini? Usut punya usut, pembuatan album ini membutuhkan biaya sebesar US$ 5 juta atau Rp 70 miliar.

Walaupun keluarkan dana yang gak sedikit dalam pembuatannya, album ini disebut-sebut album gagal. Album Chris Gaines sendiri diciptakan sebagai upaya Garth Brooks menghidupkan kembali alter egonya, yaitu Chris Gaines.

Meskipun dinilai gagal, faktanya nih album Chris Gaines berhasil dijual sebanyak dua juta kopi. Namun, album ini masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan album-album Garth Brooks sebelumnya yang terjual hingga tujuh juta kopi per album.

4. Def Leppard – Hysteria: Rp 63 miliar

Def Leppard (Shutterstock).

Soal album musik termahal, band rock asal Inggris Def Leppard juga pernah menggelontorkan banyak uang demi dirilisnya satu album. Hysteria menjadi album termahal yang pernah dijual di dunia. Pembuatan album tersebut menghabiskan biaya US$ 4,5 juta atau Rp 63 miliar.

Penjualan album ini kabarnya mencapai 25 juta kopi di seluruh dunia. Dengan biaya pembuatan yang sangat besar tersebut, album ini dianggap sebagai salah satu proyek paling mahal pada masanya.

Baca juga: 5 Shio yang Paling Mujur di Tahun 2019 Ini, Kamu Salah Satunya?

5. Kanye West – My Beautiful Dark Twisted Fantasy: Rp 42 miliar

Kanye West, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@kanyewestt_official)
Kanye West, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@kanyewestt_official)

My Beautiful Dark Twisted Fantasy adalah album penyanyi rap asal Amerika Serikat Kanye West. Pembuatan album ini kabarnya menghabiskan dana hingga US$ 3 juta atau Rp 42 miliar.

Album Kanye West ini diketahui dibuat di sebuah rumah mewahnya yang berada di Hawai. Di sana ia memanfaatkan penuh waktunya agar album ini selesai dibuat.

Setelah dirilis, album ini mendapat sambutan yang cukup positif. Buktinya aja album My Beautiful Dark Twisted Fantasy bisa double platinum dan tiga Grammy Awards.

Itu tadi album musik yang pembuatannya bernilai fantastis. Gak tanggung-tanggung, puluhan miliar rupiah digelontorkan buat bikin satu album. Benar-benar crazy rich musisi di atas ya? (Editor: Winda Destiana Putri).