Dilarang Bawa Powerbank di Pesawat, Nih 8 Tips Irit Baterai

Bawa Powerbank di pesawat

Sekarang udah ada larangan bawa powerbank di pesawat lho. Kamu udah tahu belum?

Jadi gini, sekarang udah gak boleh bawa powerbank yang dayanya di atas 100 Wh (watt-hour). Powerbank yang kamu bawa pun gak boleh dimasukkan ke bagasi tercatat. Harus masuk ke bagasi kabin.

Terus apa kabar pas traveling, ya? Masa iya harus beli powerbank di tempat tujuan biar ponsel kamu selalu nyala?

Tenang aja, gak perlu kok sampai beli powerbank baru. Kamu masih bisa traveling dengan seru, sambil foto-foto, dan buat video tanpa khawatir baterai ponselmu habis. Percaya deh, kamu bisa kok liburan asyik tanpa peralatan itu.

Pengin tahu gimana caranya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Isi ulang baterai ponselmu sebelum menuju bandara

bawa powerbank di pesawat
Apa kamu sering tergantung sama alat ini? (Detik)

Pertama-tama, sebelum berangkat isu ulang dulu baterai ponselmu sampai penuh, atau mendekati penuh juga gak apa-apa. Pokoknya jangan biarkan baterainya di bawah 50 persen ya.

Ketika berangkat ke bandara, pastikan kamu bakal tiba di sana minimal satu jam sebelum keberangkatan. Kenapa gitu? Tentu aja biar gak buru-buru sampai ketinggalan pesawat, dan biar kamu juga bisa melakukan hal yang tertera di poin kedua ini.

2. Isi ulang baterai di bandara

Di tempat menunggu depan gate keberangkatan biasanya ada tempat untuk isi ulang baterai ponsel. Manfaatkan fasilitas itu biar baterai ponselmu terisi sampai 100 persen.

Usahakan sebelum boarding udah terisi penuh ya. Jadi pas pesawatnya datang, langsung matikan aja ponselmu biar baterai gak terbuang walau cuma satu atau dua persen. Kamu tinggal naik ke pesawat dan duduk di kursi sesuai boarding pass deh.

[Baca: Mau Naik Pesawat buat Pertama Kali? Ini Panduan Lengkapnya]

3. Atur brightness ponselmu

Sesampainya di kota tujuan, tentu walaupun gak bawa powerbank di pesawat bateraimu masih tetap terisi penuh dong. Kan selama perjalanan ponselnya kamu matikan.

Nah, setelah kamu nyalakan ponsel, jangan langsung update status atau foto-foto dulu. Atur level brightness atau pencahayaan di ponselmu. Turunkan aja sedikit, gak usah terang-terang banget karena semakin terang semakin boros juga penggunaan baterainya. Yang penting tetap kelihatan.

4. Matikan GPS bila kamu dijemput

bawa powerbank di pesawat
Matikan GPSnya jangan HPnya (Jalan Tikus)

Buat kamu yang bakal dijemput di bandara dan diantar ke hotel, matikan aja fitur Global Positioning System alias GPS-nya. Tapi jika kamu backpacker-an dan benar-benar buta arah di tempat tujuan, ya mau gak mau GPS tetap diaktifkan.

5. Persingkat waktu standby layar ponsel

Selain level penerangan dan GPS, layar ponsel juga mengonsumsi daya yang cukup besar lho. Jika kamu persingkat waktu standby layar, tentu baterainya pun jadi lebih irit. Beberapa aplikasi juga bakal berhenti otomatis. Jadi baterai tetap irit meski gak bawa powerbank di pesawat deh.

6. Matikan paket data kalau koneksi internet jelek

Ketika kamu sampai di wilayah yang koneksi internetnya jelek banget, baiknya sih matikan aja paket datamu. Gak apa-apa deh gak internetan atau disconnect dari ponsel dulu buat sementara waktu. Toh kamu kan bakal senang-senang di tempat tujuan.

Kenapa kamu harus melakukan ini? Karena kalau koneksi internet gak stabil, ponsel sebetulnya bakal berupaya terus buat dapat sinyal. Itu bikin baterai ponselmu jadi lebih boros.

[Baca: Ini Nih 7 Tipe Orang Ngeselin di Bandara yang Perlu Dihindari]

7. Tutup semua aplikasi ketika lagi jalan-jalan

bawa powerbank di pesawat
Matiin dulu deh aplikasinya biar gak boros baterai (Merdeka)

Jangan main ponsel mulu ketika traveling. Nikmati pemandangan dong. Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya matikan aja dulu.

Kalau aplikasi-aplikasi itu gak diaktifkan, konsumsi baterai juga makin irit. Kamu bisa foto-foto sepuasnya dengan ponsel kesayangan.

8. Kalau pengin update medsos, tunggu aja di hotel

Setelah jalan-jalan, pasti kamu udah mulai gatel nih pengin update foto atau status biar dapat likes atau reaction dari teman-teman. Lakukan hal ini ketika di hotel ya, karena di sana kamu bisa isi ulang ponsel, ada Wifi-nya pula. Jadi bisa sekalian irit paket data.

Emang sih jadi gak terlalu update, apalagi kalau kamu orangnya senang update Instagram Story. Tapi ya demi menghemat baterai sah-sah aja lah.

Itulah delapan cara mengantisipasi larangan bawa powerbank di pesawat buat para traveler. Kira-kira kamu semua mau coba gak nih, atau lebih milih bawa powerbank berdaya kecil aja? Apapun pilihannya, yang jelas waktu traveling wajib senang-senang, ya!

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis