Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN, Ini Sepak Terjang dan Hartanya yang Mencapai Rp 71 M

dirut pln

dirut pln

Menteri BUMN, Erick Thohir telah menunjuk Dirut PLN yang baru Zulkifli Zaini. Selain kursi Dirut PLN, Erick juga menunjuk kursi Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN. 

Keputusan ini jelas mematahkan kabar yang selama ini berhembus kursi Dirut PLN bakal diisi eks Menteri Kominfo Rudiantara. 

Penunjukan Erick terhadap Zulkifli dan Amien dinilai sangat tepat. Keduanya memiliki rekam jejak yang apik di dunia BUMN.

Zulkifli telah malang melintang menjadi petinggi di berbagai perusahaan pelat merah, sementara Amien mantan pimpinan KPK yang juga pernah menduduki kursi komisaris di BUMN. 

Zulkifli Zaini diharapkan mampu meningkatkan citra dan kinerja PLN, setelah diterpa beragam kontroversi, mulai dari dugaan korupsi yang menyeret Dirut PLN terdahulu, sampai kasus pemadaman listrik se-Jawa. 

Zulkifli Zaini pernah jadi Dirut Mandiri dan Komisaris PLN dan BRI 

Dirut PLN
Zulkifli Zaini pernah jadi Dirut Mandiri dan Komisaris PLN dan BRI

Zulkifli Zaini lahir di Bukittinggi, 13 Januari 1956 silam. Pria berusia 63 tahun ini memiliki merupakan lulusan Sarjana Teknik Sipil dari ITB di tahun 1980. Tahun 1994, Zulkifli berhasil meraih Master of Business Administration dari Washington University. 

Dia bukanlah sosok yang baru di BUMN apalagi PLN. Berbagai posisi strategis di perusahaan-perusahaan pelat merah pernah dilakoninya. 

Tahun 2003- 2010 Zulkifli pernah menjabat sebagai Direktur Bank Mandiri, dan diangkat menjadi Direktur Utama Mandiri tahun 2010 sampai tahun 2013.

Di tahun 2013, dia kemudian dipindahkan ke PLN dengan jabatan sebagai komisaris selama dua tahun. Dan terakhir menjadi komisaris Independen di BNI dari tahun 2015 hingga saat ini. 

Kalau dilihat dari pengalamannya ini sih, Erick Thohir tepat menunjuk Zulkifli sebagai bos PLN. 

Baca juga: Ditunjuk Jadi Dirut PLN, Rudiantara Eks Menkominfo Miliki Mercedes-Benz dan Kekayaan Rp 106 Miliar

Zulkifli bisa dapat gaji 30 kali lipat dari menteri! 

Dirut PLN
Zulkifli bisa dapat gaji 30 kali lipat dari menteri!

Sebelum masa pengabdianya berakhir, eks Menteri ESDM, Ignasius Jonan pernah berkelakar soal gaji direksi PLN, yang katanya 30 kali lipat lebih besar dari gaji menteri. 

Kalau dilihat dari Keppres Nomor 68 taun 2001, gaji pokok menteri sebesar Rp 5.040.000 dan tunjangan jabatannya sebesar Rp 13.608.000 per bulan. Jadi total gaji yang diterima menteri per bulannya sekitar Rp 18.648.000. 

Maka, jika mengacu dari perkataan Ignasius Jonan tersebut, gaji direksi PLN termasuk Dirut PLN sekitar Rp 540 jutaan! 

Baca juga: Jadi Dirut PLN, Mari Lihat Kembali Gebrakan Rudiantara Semasa Jadi Menteri

Hartanya mencapai Rp 71 miliaran

Dirut PLN
Hartanya mencapai Rp 71 miliaran

Selayaknya pejabat negara maupun bos perusahaan negara lainnya, Zulkifli Zaini perlu melaporkan harta kekayaannya. 

Dilihat dari LHKPN KPK, Zulkifli terakhir kali melaporkan pada tahun 2013 silam saat masih menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, dengan total kekayaan Rp 71.483.828.497. 

Baca juga: 5 Pendukung Jokowi yang Masih Menduduki Kursi Komisaris BUMN

Itulah sekilas tentang Dirut PLN yang baru Zulkifli Zaini. Pengangkatan ini sebagai langkah Erick Thohir melakukan evaluasi di tubuh PLN setelah Pertamina. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis