Disebut-Sebut Super Megah, Nih 5 Stadion Paling Mahal Buat Piala Dunia 2018

Saint-Petersburg Stadium (stadiumguide.com)

Demam Piala Dunia 2018 kini tengah melanda dunia. Di Indonesia sekalipun yang jadwalnya bertepatan dengan hari Lebaran, tetap gak menyurutkan animo buat nonton event internasional yang diselenggarakan empat tahun sekali ini.

Seperti diberitakan Bloomberg, Rusia rela gelontorkan dana hingga US$ 11 miliar atau sekitar Rp 198 triliun demi melangsungkan perhelatan sepakbola akbar ini. Bisa dibilang Piala Dunia kali ini menjadi yang termahal dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Dengan besaran dana yang fantastis, Piala Dunia kali ini pastinya benar-benar super megah. Penasaran apa aja stadionnya? Berikut ini lima stadion yang menghabiskan biaya terbanyak buat perhelatan Piala Dunia 2018 .

1. Saint-Petersburg Stadium: Rp 15.5 triliun

Piala Dunia 2018
Saint-Petersburg Stadium (nsp)

Selesai pada April 2017, stadion yang sepintas mirip UFO ini disebut-sebut stadion paling cantik. Saint-Petersburg Stadium mampu memuat hingga 64 ribuan orang penonton.

Ternyata sentuhan modern di stadion ini diarsiteki orang Jepang bernama Kisho Kurokawa. Dibangun tujuh lantai dengan tinggi 79 meter, Saint-Petersburg Stadium punya atap yang bisa digeser. Jadi, sekalipun hujan atau musim salju, pertandingan bisa berlangsung.

Selama Piala Dunia 2018, stadion mempertandingkan Maroko vs Iran, Rusia vs Mesir, Brasil vs Kosta Rika, dan Nigeria vs Argentina. Dan rencananya buat pertandingan babak 16 besar dan semi-final.

2. Fisht Stadium: Rp 10,9 triliun

Piala Dunia 2018
Fisht Stadium (bloknot-krasnodar)

Pernah digunakan buat Olimpiade 2014, Fisht Stadium kemudian direnovasi supaya bisa dipakai pada Piala Dunia 2018. Stadion yang dekat dengan laut ini punya daya tampung hingga 41 ribuan orang penonton.

Nama Fisht di stadion ini diambil dari nama gunung di wilayah Kaukasus yang berarti “kepala puith”. Wajar aja kalau atap stadion ini benar-benar diberi warna putih.

Fisht Stadium difungsikan buat pertandingan Portugal vs Spanyol, Belgia vs Panama, Jerman vs Swedia, dan Australia vs Peru. Juga nantinya buat pertandingan babak 16 besar dan perempat final.

3. Kazan Arena: Rp 6.3 triliun

Piala Dunia 2018
Kazan Arena (fifa)

Dilihat dari atas, stadion ini mirip-mirip bunga teratai. Usut punya usut ternyata desainnya terinspirasi bunga teratai. Kazan Arena didesain sanggup menampung hingga 45 ribuan orang penonton.

Asal tahu aja, pembangunan Kazan Arena cuma butuh waktu tiga tahun. Uniknya, Kazan Arena dilengkapi layar plasma dan disebut-sebut jadi yang terbesar di dunia.

Khusus Piala Dunia 2018, Kazan Arena digunakan buat pertandingan Prancis vs Australia, Iran vs Spanyol, Polandia vs Kolombia, dan Korea Selatan vs Jerman. Selain itu, juga buat pertandingan babak 16 besar dan perempat final.

4. Spartak Stadium: Rp 6,06 triliun

Piala Dunia 2018
Spartak Stadium (otkritiearena)

Berlokasi di sebelah barat laut ibu kota Moskwa, Spartak Stadium memiliki kapasitas hingga 45 ribuan orang penonton. Spartak Stadium juga dikenal dengan nama lain, yaitu Otkrytie Arena.

Spartak Stadium emang didesain semodern dan senyaman mungkin. Sampai siapa aja yang ngelihatnya dibikin kagum tampilan ciamik dari stadion ini.

Motif rajutan dengan khas warna merah putih bikin siapa aja langsung tahu kalau stadion ini adalah Spartak Stadium.

Pada Piala Dunia 2018, stadion ini hadirkan pertandingan Argentina vs Islandia, Polandia vs Senegal, Belgia vs Tunisia, dan Serbia vs Brasil. Juga pertandingan babak 16 besar.

5. Luzhniki Stadium: Rp 5,77 triliun

Piala Dunia 2018
Luzhniki Stadium (dawn)

Resmi dibuka pada tahun 1956, Luzhniki Stadium adalah stadion nasional Rusia yang dipilih sebagai stadion pembuka Piala Dunia 2018. Stadion yang berlokasi di ibu kota Moskwa ini habiskan dana yang cukup besar cuma buat renovasi.

Dengan ukurannya yang super besar, Luzhniki Stadium dapat memuat hingga 80 ribu orang penonton. Stadion ini juga dipasangi 3 ribu kamera pengawas yang tersebar sudut-sudut stadion.

Selama Piala Dunia 2018, stadion ini menggelar pertandingan Rusia vs Arab Saudi, Jerman vs Meksiko, Portugal vs Maroko, dan Denmark vs Prancis. Juga pertandingan babak 16 besar, semifinal, dan final.

Nah, itu tadi lima stadion Piala Dunia 2018 yang modalnya paling besar dan bangunannya super megah.

Selain stadion barusan, tujuh stadion lainnya juga punya desain yang gak kalah kece. Seperti Samara Arena, Rostov Arena, Mordovia Arena, Kaliningrad Stadium, Nizhny Novgorod Stadium, Volgograd Arena, dan Ekaterinburg Arena.

Walau event ini cuma sebentar, niat Rusia sebagai tuan rumah yang pengin bikin semua orang di dunia terkesima dapat layak jempol.

Apalagi modal yang dikeluarkan sekitar Rp 190 triliun. Tentu bukan jumlah yang sedikit. Dan Rusia dengan percaya dirinya punya hitung-hitungan dari modal segitu, mereka bisa dapat untung besar. Moga-moga aja sesuai prediksi ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →