Punya DNA 10 Nenek Moyang, Berapa Persen Gen Arab Najwa Shihab?

najwa shihab

Najwa Shihab ikut disorot usai Arteria Dahlan dituding tidak sopan karena membentak Prof Emil Salim di acaranya, “Mata Najwa”, belum lama ini.

Najwa Shihab diketahui merupakan putri Muhammad Quraish Shihab, cendekiawan muslim yang juga ulama terkemuka Tanah Air.

Berdasarkan data Wikipedia, keluarga Shihab ternyata merupakan keturunan Arab Quraisy-Bugis, yaitu keturunan Nabi Muhammad dari marga Shihab yang terpelajar.

Jika sang ayah dikenal sebagai ulama ternama Tanah Air, Najwa justru memilih berkiprah di industri jurnalistik. 

Najwa Shihab
Mata Najwa (Instagram/@najwashihab)

Mengawali kariernya sebagai reporter Metro TV, wanita inspiratif Indonesia itu kini melejit sejak memandu acara “Mata Najwa” yang sebelumnya berada di bawah naungan Media Group dan sekarang di Trans 7.

Meski masih menjadi pembawa acara “Mata Najwa” di Trans 7, wanita 42 tahun tersebut mendirikan Narasi TV yang merupakan perusahan berita miliknya.

Selain perjalanan karier Najwa Shihab di dunia pertelevisian Tanah Air, fakta mengenai asal-usul keturunan sang jurnalis kini mencuat. 

Seperti apa fakta mengenai asal usul keturunan Najwa Shibab? Yuk, simak lengkapnya seperti disarikan berbagai sumber berikut ini:

Punya DNA 10 nenek moyang berbeda-beda

najwa shihab
Punya DNA 10 nenek moyang berbeda-beda (Instagram/@najwashihab)

Berdasarkan hasil riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia, Najwa disebut memiliki 10 fragmen DNA yang ternyata berasal dari 10 moyang berbeda-beda.

Berdasarkan hasil riset itu, ibu satu anak tersebut memiliki fragmen DNA dari moyang Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, Diaspora Asia, Diaspora Afrika dan Siaspora Eropa.

“Najwa punya gen Asia Selatan dari daerah India, Pakistan, Bangladesh paling besar. Kemudian dia punya gen Afrika Utara, dan ada Eropanya,” ungkap Prof Herawati Sudoyo ahli genetika dari Lembaga Eijkman, yang terlibat dalam riset itu seperti dikutip dari Antara.

Di dalam tubuh alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000 itu terdapat 48,54% gen Asia Selatan, dan 26,81% gen Afrika Utara. 

Najwa juga punya 6,06% gen dari Afrika (Mozambik); 4,19% gen Asia Timur (Tiongkok); 4,15% persen gen dari diaspora Afrika; 3,48 persen gen dari Timur Tengah (Arab); 2,20% gen dari Eropa Selatan (Portugis); 1,91% gen dari Eropa Utara (Dorset); 1,43% gen dari Diaspora Asia (Asia-Amerika); dan 1,22% gen dari Diaspora Eropa (Puerto Rico).

Baca juga: Penampilan Memukau Najwa Shihab dalam Balutan Kain Nusantara, Kece Mana?

Penelitian DNA

najwa shihab
Penelitian DNA (Instagram/@najwashihab)

Hera mengatakan, DNA bisa bercerita banyak tentang leluhur kita. DNA dapat memberikan data ilmiah soal komposisi ras, nenek moyang, hingga lini masa kehadiran ras.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Penelitian DNA tersebut, jelas Hera, melalui uji sampel liur dari langit-langit mulut, belakang lidah dan pinggiran gusi.

Sampel tersebut dikirim ke laboratorium EasyDNA di Australia untuk diperiksa dan hasilnya didapat setelah tiga minggu pengujian.

Garis keturunan

najwa shihab
Garis keturunan (Instagram/@najwashihab)

Najwa Sihab dalam artikel yang disiarkan majalah Historia mengatakan, jika dilihat dari garis keturunan sang ayah, maka dia memiliki keturunan Arab secara langsung.

Kakek Najwa, Habib Abdurrahman Shihab merupakan putra seorang juru dakwah dan tokoh pendidikan kelahiran Hadramaut, Yaman, bernama Habib Ali bin Abdurrahman Shihab yang hijrah ke Batavia.

Selain dari sang ayah, garis Arab juga diperolehnya dari sang bunda, Fatmawati Assegaf. Namun, setelah dilakukan penelusuran DNA, gen Arab di tubuh Najwa ternyata hanya 3,48 persen saja.

Itulah fakta mengenai Najwa Shihab yang memiliki 10 DNA nenek moyang berbeda-beda. Kalau kamu, gimana?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →