Eee Warga Jakarte, Nyok Ikut Pelatihan Kerja Gratis di Berbagai Bidang!

pelatihan kerja gratis

Lulus dari sekolah menengah atas (SMA) adalah masa-masa menyenangkan sekaligus krusial. Di masa itu seolah-olah keputusan kita akan memengaruhi masa depan.

 

Banyak yang berencana meneruskan ke jenjang perguruan tinggi. Banyak pula yang menepis rencana itu karena biaya kuliah yang mahal.

 

Yang lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK) bisa sedikit leluasa. Dengan bekal keterampilan dari sekolah, rata-rata lulusan SMK bisa segera disalurkan ke industri-industri yang membutuhkan.

 

Kalau cuma lulusan SMA bisa lain ceritanya. Nggak sedikit orang yang berbekal ijazah SMA tapi sulit mencari pekerjaan karena minimnya pengalaman atau keterampilan.

 

[Baca: Cara Bayar Kuliah Sendiri tanpa Tergantung Duit Orang Tua]

 

Kesulitan mencari pekerjaan nggak cuma dialami satu orang saja. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2015, tercatat 7,56 juta penduduk Indonesia menganggur. Angka tersebut naik 320 ribu orang dari tahun sebelumnya.  

 

pelatihan kerja gratis

 Lumayan kan dapat skill yang bisa langsung dipakai di dunia kerja

 

Eh, Sudah Dengar Soal Balai Latihan Kerja

Pemerintah nggak tinggal diam melihat fenomena pengangguran di negeri ini. Lewat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pemerintah sudah membuka Balai Latihan Kerja (BLK) di berbagai daerah untuk membekali masyarakat dengan keterampilan baik teknik maupun non-teknik.

 

BLK ini terbuka buat siapa saja asalkan masih tercatat sebagai warga negara Indonesia. Coba yuk simak syarat-syaratnya:

 

  1. Fotokopi Ijazah terakhir (minimal SLTA/sederajat)
  2. Usia 18 tahun hingga 50 tahun
  3. Fotokopi KTP atau surat keterangan domisili dari RT/RW setempat
  4. Fotokopi SKCK dari kepolisian yang masih berlaku
  5. Surat Keterangan Sehat dari dokter (asli)
  6. Pas Foto terbaru ukuran 3×4 cm latar belakang merah (4 lembar)

 

Untuk di Jakarta, BLK ini sudah tersebar di lima wilayah dan berada di bawah Dinas Tenaga Kerja. Program ini menggunakan anggaran APBD setiap daerah jadi kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

 

[Baca: Pilih Kerja Sesuai Passion tapi Duit Mepet atau Karir Lainnya tapi Cepet Bisa Hidup Mandiri?]

 

 

Keterampilan ini dimaksudkan biar kita mendapat modal kerja supaya bisa bersaing. Mau jadi karyawan monggo, mau jadi wirausaha mandiri juga monggo.

 

Program ini bukan asal pelatihan tapi sudah mengikuti standar kurikulum yang ditetapkan Dinas Ketenagakerjaan. Program ini menghabiskan 360 jam atau 2,5 bulan dan terdiri dari 75% praktik dan 25% teori pengantar.

 

pelatihan kerja gratis

 Gak tertutup kesempatan kamu bisa kerja di perusahaan besar di Jepang atau Korea Selatan

 

 

Program pelatihan kerja gratis yang ditawarkan BLK:

  • Teknik dan operator komputer
  • Elektronika
  • Kelistrikan
  • Bahasa
  • Industri
  • Tata Niaga
  • Otomotif
  • Busana
  • Tata Boga
  • Drafter

 

Nggak cuma menyiapkan tenaga kerja di dalam negeri. Setelah menyelesaikan pelatihan di BLK kamu bisa ikut program magang di luar negeri seperti Korea Selatan atau Jepang. Pada 2012 saja, Kementerian Tenaga Kerja menargetkan penempatan 2.500 orang untuk disebar ke 50 perusahaan di dua negara tersebut.

 

Kalau nggak mau repot, kamu bisa mencari informasi dan mendaftar di program magam ini lewat situs http://bkoljakarta.com/. Di situ kamu bisa mencari informasi seputar pekerjaan dan perusahaan yang menawarkan kerja.

 

Sayangnya sosialisasi BLK ini malah terdengar sayup-sayup di sekolah-sekolah tingkat atas. Ibaratnya kita harus mendatangi BLK dulu, bukan sebaliknya. Hal ini masih kalah dibandingkan universitas-universitas yang rajin menyambangi sekolah-sekolah buat menjaring calon mahasiswa/i.

 

Jangan menyerah sama keadaan ya. Hanya dengan berusaha dan berdoa kita bisa mengubah keadaan. Jangan mau menganggur terlalu lama.

 

[Baca: Hei, Atur Gaji Karyawan Baru Kalau Gak Mau Masuk Lubang Utang]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.murianews.com/wp-content/uploads/2015/10/IKLAN-_FOTO-BLK-tenaga-terampil-las-listrik.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2013/05/22/id_186626/186626_620.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →