Daftar Negara Pengekspor Stainless Steel Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Satu?

stainless steel

Ekspor stainless steel Indonesia kira-kira berapa ya nilainya? Apakah nilai ekspornya paling tinggi di dunia?

Baru-baru ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kalau Indonesia punya prospek sebagai produsen stainless steel alias baja tahan karat terbesar kedua dunia. Hal ini disampaikan Menko Luhut dalam acara Hari Wawasan Nusantara Indonesia di Perpustakaan Nasional pada Jumat (13/12).

Kenapa Indonesia diyakini bisa sebagai produsen stainless steel terbesar kedua di dunia? Menurut Menko Luhut, hal ini gak lepas dari pengembangan industri carbon steel (baja karbon) di Indonesia. Keberadaan industri carbon steel seperti yang dikatakannya dalam Detik telah mendorong nilai ekspor Indonesia.

Nah, ulasan kali ini mau membahas seberapa besar nilai ekspor stainless steel Indonesia. Apakah nilainya termasuk paling besar di dunia atau justru sebaliknya?

Baca juga: Gak Mau Kalah Saing Dalam Industri 4.0, Ini Cara Jokowi

Negara-negara dengan nilai ekspor stainless steel tertinggi di dunia

stainless steel
Pabrik pembuatan baja tahan karat. (Shutterstock)

Produksi stainless steel secara global cenderung bertumbuh dari tahun ke tahun. Tercatat, mulai dari tahun 2010, produksi stainless steel mulai bertumbuh.

Dalam data yang disajikan Statista, jumlah stainless steel yang diproduksi secara global pada tahun 2010 mencapai 31.090.000 metrik ton. Terakhir, pada 2018, jumlah produksinya mencapai 50.729.000 metrik ton.

Lalu, negara manakah yang punya nilai ekspor stainless steel tertinggi di dunia? Ada 15 negara yang diketahui masuk daftar negara pengekspor tertinggi baja tahan karat di dunia. Berikut ini daftarnya berdasarkan data Trade Map.

Negara pengekspor stainless steel Nilai ekspor
Indonesia US$ 821,6 juta
Inggris US$ 642 juta
Swedia US$ 227,2 juta
Amerika Serikat US$ 112,8 juta
Italia US$ 101,1 juta
Spanyol US$ 88,3 juta
Austria US$ 74,9 juta
Jerman US$ 70,4 juta
Prancis US$ 64,4 juta
Taiwan US$ 55,2 juta
Belgia US$ 47,4 juta
Malaysia US$ 45 juta
Korea Selatan US$ 39,3 juta
Slovakia US$ 32 juta
Kanada US$ 28,1 juta

Kelima negara di atas termasuk negara-negara yang berkontribusi sekitar 93,8 persen terhadap ekspor stainless steel secara global. Sejak 2014, ada negara-negara yang pertumbuhan ekspor baja tahan karatnya bertumbuh dalam waktu yang cepat, di antaranya Indonesia, Slovakia, Korea Selatan, dan Malaysia.

Indonesia sendiri pada tahun 2018 berdasarkan data di atas paling tinggi nilai ekspornya, yaitu US$ 821,6 juta. Dengan pencapaian tersebut, apakah Indonesia tetap mempertahankan posisinya sebagai negara pengekspor stainless steel nomor satu di dunia? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →