8 Fakta Inspiratif Emil Dardak yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Emil Dardak (IG emildardak)

Nama Emil Dardak kini disorot setelah sang adik, Eril Dardak ditemukan meninggal di kosannya di Kos Kartifah, Jalan Dago Asri I Nomor 24, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018) siang.

Seperti halnya sang kakak yang lebih dulu terjun di dunia politik, Eril Dardak tercatat sebagai calon legislatif yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPR RI dari daerah pemilihan VII Jawa Timur nomor urut 1.

Dapil VII Jatim meliputi Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Trenggalek.

Penyebab kematian Eril masih belum terungkap, karena polisi tidak menemukan tanda kekerasan pada tubuh korban. Meski begitu, kematian sang adik tentu meninggalkan luka dalam untuk Emil.

Dalam Instagramnya, emildardak, Emil pun mengungkapkan rasa kehilangannya. Suami artis cantik Arumi Bachsin itu mengutarakan rasa bangganya terhadap sang adik, dan meminta maaf belum pernah mengungkapkan hal itu langsung.

Emil Dardak berduka atas meninggalnya sang adik (IG emildardak)
Emil Dardak berduka atas meninggalnya sang adik (IG emildardak)

My beloved little brother looking good. I am grateful of your big help for me, but I havent had a chance to say it to you. I am so proud of you. I love you so much,” tulis Emil.

Kabar duka yang tengah menyelimuti keluarga Emil Dardak itu turut mengingatkan khalayak tentang karier politik hingga kiprah Bupati Trenggalek nonaktif tersebut sebagai ayah dari dua anak.

MoneySmart pun merangkum sejumlah fakta inspiratif soal Emil. Berikut, hal-hal menarik tentang Emil yang belum banyak diketahui publik:

Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih

Emil Dardak dan Khofifah Indar Parawangsa (IG emildardak)
Emil Dardak dan Khofifah Indar Parawangsa (IG emildardak)

Emil Dardak merupakan Bupati Kabupaten Trenggalek nonaktif yang telah terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Dalam Pilkada Jatim, KPU telah menetapkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebagai pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih setelah berhasil mengalahkan pasangan Syaifullah Yusuf- Puti Guntur.

Gubernur Jatim Soekarwo bersama pasangannya masa jabatannya akan berakhir pada 12 Februari 2019. Setelah itu, Emil dan Khofifah akan resmi dilantik.

Darah tokoh pemerintahan mengalir di dirinya

Emil Dardak (IG emildardak)
Emil Dardak (IG emildardak)

Pemilik nama lengkap Emil Elistianto Dardak itu merupakan putra pasangan Hermanto Dardak (ayah) yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 dan Sri Widayati (Ibu) yang berkecimpung dalam bidang infrastruktur dan menjadi dosen.

Gak cuma itu aja, pria kelahiran Jakarta pada 20 Mei 1984 tersebut merupakan cucu H. Mochamad Dardak, yaitu seorang Kiai Nahdlatul Ulama.

Menjadi Bupati Trenggalek di usia 32 tahun

Emil Dardak saat menjadi Bupati Trenggalek (IG emildardak)
Emil Dardak saat menjadi Bupati Trenggalek (IG emildardak)

Tahun 2015, Emil Dardak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Trenggalek, Jawa Timur. Dalam Pilkada tersebut, Emil diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, Hanura serta PPP.

Emil yang berpasangan dengan Mohammad Nur Arifin menang telak atas pasangan Kholiq-Priyo. Dia menjabat sebagai Bupati Trenggalek sejak 17 Februari 2016. Saat itu, Emil  berusia 32 tahun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Meraih gelar doktor di usia 22 tahun

Emil Dardak (IG emildardak)
Emil Dardak (IG emildardak)

Tahun 2001 saat berusia 17 tahun, Emil berhasil memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology.

Dia kemudian melanjutkan S1 di Universitas New South Wales, Australia (2002-2003) dan melanjutkan pendidikan magister dan doktornya di  Ritsumeikan Asia Pasific University Jepang (2004-2006).

Di usia ke 22 tahun, Emil sudah menyelesaikan studi S3-nya. Gak heran, dia memperoleh gelar doktor termuda dari Ritsumeikan Asia Pacific University.

Suami artis cantik Arumi Bachsin

Emil Dardak dan Arumi Bachsin (IG emildardak)
Emil Dardak dan Arumi Bachsin (IG emildardak)

Siapa yang tidak kenal dengan artis cantik Arumi Bachsin? Usai kisah cintanya dengan Miller Khan kandas, Arumi lantas menjalin asmara dengan Emil Dardak. Tidak lama, keduanya kemudian memutuskan menikah pada 2013.

Saat itu, usia Arumi masih terbilang cukup muda yakni 19 tahun. Kini pernikahan Emil dan Arumi telah dikaruniai dua orang anak perempuan dan laki-laki yang diberi nama Lakeisha dan Alqeinan.

Pernah berkarier sebagai musisi

Emil Dardak berkarier sebagai musisi (IG emildardak)
Emil Dardak berkarier sebagai musisi (IG emildardak)

Sebelum terjun ke dunia politik, Emil merupakan seorang musisi dan eksekutif muda. Bahkan ia sempat mengeluarkan album yang bertajuk “Sesaat Kau Hadir”.

Dalam album tersebut, ada 8 lagu karangan Emil sendiri. Salah satu singlenya berjudul “Pertama.’

Pengagum Jazz yang piawai main keyboard dan gitar

Emil Dardak piawai main keyboard (IG emildardak)
Emil Dardak piawai main keyboard (IG emildardak)

Sejak kecil Emil sudah mahir bermain alat musik. Saat umur 7 tahun, ia sudah bisa bermain keyboard berkat belajar secara otodidak dari pamannya.

Pergi sekolah SMA di Singapura, Emil pernah menjadi gitaris dan sempat tampil dalam beberapa konser musik.  Bahkan Emil pernah berkolaborasi dengan salah satu finalis AFI, Bojes.

Emil mengaku penyuka musik Jazz. Ketika melanjutkan studi pasca sarjananya di Jepang, Emil terus mengasah kemampuan bermusiknya dengan tampil di berbagai acara musik dan cafe jazz di Kota Beppu.

Mendiang adik juga berkiprah di dunia politik

Mendiang Eril Dardak adik Emil Dardak (Dok: Istimewa)
Mendiang Eril Dardak adik Emil Dardak (Dok: Istimewa)

Seperti halnya Emil, sang mendiang adik juga berkiprah di dunia politik. Berdasarkan data riwayat hidup yang dikutip dari situs KPU, Eril saat ini tercatat sebagai caleg DPR RI dari PAN.

Dia bertarung di Dapil Jawa Timur VII meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi.

“Menjadi pelopor generasi muda dan representatif mahasiswa untuk menjadi wakil rakyat di parlemen dengan mengutamakan transparansi dan track record bersih agar dapat menjadi penyerap aspirasi rakyat yang dapat dipercaya,” bunyi motivasi Eril maju sebagai caleg.

Pria kelahiran 31 Juli 1997 merupakan salah satu kader termuda PAN yang maju sebagai caleg. Sebelum memutuskan sebagai caleg, dia sempat magang di Pelindo II sebagai Bussiness Development Intern.

Eril juga memiliki prestasi akademik yang cukup mentereng. Alumni SMA Negeri 81 Jakarta yang merupakan salah satu SMA Negeri terbaik di Jakarta itu lulus pada 2015 lalu, setelah itu langsung meneruskan pendidikannya di Teknik Kelautan, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam riwayat hidupnya, Eril menyebut dirinya telah menyelesaikan studinya pada tahun 2018 atau hanya tiga tahun. Selama di ITB, Eril aktif dalam berorganisasi, salah satunya sebagai pengurus di Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB.

Dia juga pernah menjadi delegasi United Nations GoCamp Project di Ukraina pada 2016. Tak hanya di bidang akademik, semasa SMP, Eril juga aktif di olahraga Taekwondo.

Pada 2009 ia tercatat meraih sertifikat sabuk merah dari PB Taekwondo Indonesia, dan pada 2010 Eril mendapatkan medali perak di Kejuaraan Taekwondo se-DKI Jakarta.

Nah, itu dia fakta inspiratif tentang Emil Dardak yang baru saja ditinggal pergi untuk selamanya oleh sang mendiang adik, Eril Dardak.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →