Dokter Bisa Jadi Entrepreneur Sukses, Ini 5 Alasannya

entrepreneur sukses

Hampir semua orang bermimpi jadi entrepreneur sukses. Namun, gak sedikit dari mereka yang gak kuat menjalani “prosesnya” menjadi entrepreneur sukses.

Menjadi entrepreneur sukses merupakan suatu hal yang kompleks. Namun, mereka yang berhasil melalui proses entrepreneurship tentu bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Belum lama ini, Forbes merilis artikel baru yang menyebutkan, mereka yang berprofesi sebagai dokter ternyata berpotensi menjadi entrepreneur sukses di masa depan.

Pasalnya, ada berbagai faktor penunjang dari profesi ini yang bisa menentukan kesuksean mereka dalam mendirikan sebuah usaha. 

Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasannya di sini: 

1. Mereka mendalami pendidikan dengan sebaik-baiknya

entrepreneur sukses
Mereka mendalami pendidikan dengan sebaik-baiknya

Sekolah dokter itu gak main-main. Bukan hanya mahal, pelajarannya pun gak ada yang gampang. Bisa dibilang, gak semua orang bisa cocok dengan fakultas kedokteran.

Mahasiswa kedokteran juga dituntut untuk bisa berpikir sistematis. Pasalnya, mereka harus bisa memecahkan masalah rumit dengan penuh keuletan. 

Lewat dari pendidikan yang keras dan segala kerumitan yang mereka hadapi, mereka dinilai bisa tahan banting dalam menghadapi dunia entrepreneurship yang luar biasa rumit. 

Gak salah kalau akhirnya mereka pun disebut berpotensi jadi entrepreneur sukses di masa depan.

Baca juga: Berawal Dari Bisnis Kecil-Kecilan, 5 Anak Muda Indonesia Ini Jadi Tajir

2. Sangat berorientasi dengan detail

entrepreneur sukses
Sangat berorientasi dengan detail

Dalam mendiagnosa penyakit pasien, hal ini harus dilakukan secara detail. Mereka harus tahu, apa gejala yang dialami pasien, apa kebiasaan pasien, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan entrepreneurship, menganalisa bisnis juga harus dilakukan secara detail. Mulai dari permasalahan yang muncul, peluang ke depan, dan lainnya.

Tanpa pola pikir seperti ini, mustahil seorang entrepreneur bisa memahami dengan baik tentang masalah atau kekuatan dari bisnisnya. Kalau kelemahan atau kekuatannya aja gak paham, tentu sulit dong membuat proyeksi keuntungan di masa depan. 

Baca juga: Kisah Remaja Pejuang Leukimia yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha

3. Bijak dalam pengambilan keputusan

entrepreneur sukses
Bijak dalam pengambilan keputusan

Seorang dokter harus sanggup membuat keputusan dalam kondisi apapun. Keputusan itu tentu gak boleh salah, karena taruhannya nyawa sang pasien.

Proses pengambilan keputusan itu cukup beragam. Ada yang berasal dari analisa trial dan error, atau didasari dari pengalaman dan analisa keputusan yang pernah diambil di masa lalu.

Baca juga: Lebih Enak Mana Sih, Jadi Pebisnis atau Entrepreneur?

4. Punya etika yang baik

entrepreneur sukses
Punya etika yang baik

Kode etik kedokteran itu sudah diatur dengan jelas. Wajar saja, ini merupakan profesi yang bergerak di bidang jasa. 

Dokter harus bisa menjaga rahasia sang pasien. Mereka pun harus bisa berkomunikasi dengan baik.

Kemampuan inilah yang akhirnya sangat berguna untuk berkomunikasi dengan karyawan maupun pihak lain yang bersinggungan dengan bisnis. 

5. Sanggup belajar dengan cepat

entrepreneur sukses
Sanggup belajar dengan cepat

Balik lagi ke poin pertama soal edukasi para dokter yang gak mudah, dan rumit. Hampir semua dokter lulus dalam jangka waktu cukup lama.

Di situlah tantangan terbesar dari mahasiswa kedokteran. Harus bisa belajar cepat, karena kalau tidak, maka mereka bakal makin menghabiskan waktu lebih lama lagi di kampus. Otomatis biaya kuliahnya juga makin besar dong

Kemampuan satu ini tentu sangat baik dimiliki sang entrepreneur. Karena pemilik usaha, harus mampu beradaptasi dalam kondisi apapun, serta mempelajari situasi yang ada.

Itulah lima alasan mengapa dokter bisa jadi entrepreneur sukses di masa depan. Setujukah kamu dengan alasan-alasan ini? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →