Dulunya Jual MP3 Player, Ini Fakta Menarik OPPO yang Cuan US$ 137 Juta per Tahun

oppo

Siapa sih yang gak kenal sama brand handphone OPPO? Perusahaan asal China yang terbilang baru dalam industri ini udah menjadi merek smartphone paling laris di dunia menyaingi merek lainnya seperti Apple, Samsung dan Xiaomi. 

Mulai berdiri tahun 2001 yang lalu, perusahaan yang didirikan oleh miliarder Chen Mingyong ini sukses merebut pasar smartphone di Tanah Air. Berbagai produk yang ditawarkan seperti Reno, seri F dan A1K berhasil meluluhkan konsumen di Indonesia.

Strategi promo mulai dari kelas toko retail, promo cashback hingga menggunakan jasa penyanyi papan atas sebagai brand ambassador digunakan guna memuluskan strategi marketing.

Kita simak langsung aja nih fakta tentang merek smartphone OPPO berikut ini.

Baca juga: Udah 4G, Smartphone Murah Ini Dibanderol Rp 600 Ribuan Aja!

OPPO memiliki 1.000 paten teknologi 5G

oppo
Ilustrasi teknologi 5G. (Shutterstock)

Setelah bermigrasi ke teknologi 4G, kini dunia sedang dipersiapkan kembali dengan fitur 5G yang bakal digunakan dalam beberapa waktu kedepan. Kecepatan akses data yang cepat menjadi senjata utama teknologi tersebut.

Tapi, siapa sangka kalau brand OPPO memiliki 1.000 paten standar 5G? Hal tersebut langsung diungkapkan oleh petinggi perusahaan tersebut.

“Dan lebih dari 1.000 paten standar 5G telah kami daftarkan ke European Telecommunications Standards Institute (ETSI),” terang Henry Tang yang menjabat Chief 5G Scientist Oppo pada acara Oppo Inno Day 2019 5G Workshop di Shenzhen, China tanggal 11 Desember 2019, mengutip dari Kompas.

Dari tahun 2015, perusahaan tersebut udah melakukan banyak riset mengenai teknologi 5G lewat tim yang udah dipersiapkan. Jadi pantes aja kalau sekarang mereka memiliki sangat banyak paten.

Baca juga: Samsung Tumbang! Oppo Masuk Daftar Smartphone Terlaris di Indonesia

Awalnya OPPO menjual perangkat MP3 Player

oppo
Perangkat Mp3 Player merek Oppo. (Alibaba)

Sebelum kehadiran ponsel secanggih hari ini dengan adanya platform musik seperti Spotify, pada tahun 2000-an dulu sempat booming perangkat keras musik di luar handphone yakni MP3 Player. Salah satu keunggulan yang membuat alat itu digandrungi banyak orang adalah kepraktisannya untuk mendengarkan musik di mana aja dan kapanpun. 

Cukup bermodalkan file Mp3 kamu udah bisa dengerin lagu penyanyi maupun band yang disuka. Sebelum mengembangkan pasar smartphone, korporasi ini membuat perangkat keras MP3 yang diberi nama X1 dengan kapasitas media penyimpanan 2GB.

Baca juga: Ini Deretan Smartphone Terpopuler Paling Banyak Diburu Anak Muda

OPPO masuk dalam 5 besar smartphone terbesar di dunia

Pada tahun 2019 yang lalu merek smartphone yang satu ini masuk dalam jajaran produk elektronik terbesar di dunia dengan berada di urutan 5 besar di belakang Samsung, Apple, Xiaomi dan Huawei.

Prestasi itu terbilang cukup cemerlang jika melihat umurnya yang masih seumur jagung dibandingkan brand-brand di atas. 

Berapa pendapatan OPPO dalam setahun?

oppo
Ilustrasi grafik yang menunjukkan peningkatan. (Shutterstock)

Seperti yang udah ditulis dalam judul artikel di atas, setiap tahunnya perusahaan pimpinan Chen Mingyong ini bisa membukukan keuntungan mencapai US$ 137 juta atau setara Rp 1,9 triliunan.

Angka tersebut berpotensi meningkat seiring penjualan produk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Nah itulah sedikit informasi tentang merek smartphone OPPO. Kamu salah satu penggunanya bukan nih, guys? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →