Fakta Donny Andy Saragih yang Batal Jadi Direktur Utama Transjakarta

Logo Transjakarta

Logo Transjakarta

Donny Andy Saragih batal menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Senin (27/1/2019) karena berstatus terpidana kasus penipuan.

Keputusan itu diambil melalui mekanisme keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pembatalan ini dilakukan karena Donny Saragih, yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah melakukan hal yang tidak benar untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi BUMD,” bunyi keterangan resmi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jakarta.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Gubernur Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi, tiap calon direksi harus mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan harus terbukti “Cakap Melakukan Perbuatan Hukum” dengan membuat Surat Pernyataan Cakap Melakukan Perbuatan Hukum.

Meski telah mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan lolos untuk posisi direksi di BUMD Pemprov DKI Jakarta, namun pernyataan yang ditandatangani oleh yang bersangkutan bahwa tidak pernah dihukum (butir 2 Surat Pernyataan) ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Untuk itu, Ombudsman kini sedang mendalami dokumen penipuan tersebut. Ombudsman pun akan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Tinggi.

Padahal, Donny sedianya ditunjuk sebagai Direktur Utama menggantikan Agung Wicaksono yang mengundurkan diri, beberapa waktu lalu.

Donny sempat terpilih menjadi Dirut Transjakarta karena dianggap memiliki pengalaman dan rekam jejak yang moncer di dunia transportasi, khususnya wilayah DKI Jakarta.

Batalnya Donny Saragih menjadi Direktur Utama PT TransJakarta membuat fakta tentangnya terungkap. Berikut ini fakta tentangnya:

Sempat Menjadi Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena

bus lorena
Sempat Menjadi Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena

Pria kelahiran Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung tahun 1972 ini sempat mengisi posisi strategis di beberapa perusahaan bidang transportasi. 

Seperti duduk di kursi Direktur Operasional di PT Eka Sari Lorena dari tahun 2007 sampai 2017. PT Eka Sari Lorena memiliki armada transportasi bus antarkota antarprovinsi di Tanah Air dan pengiriman logistik. 

Donny Saragih juga menjadi Komisaris di PT Alfa Omega Transport dari tahun 2014 hingga sekarang. 

Beberapa perusahaan lain yang pernah dia pegang adalah Toyota Rent A Car (TRAC) pada PT Astra International, Cipaganti, Hiba Utama serta Panorama Transportasi. Terakhir, baru Donny masuk ke dalam jajaran dewan transportasi Kota Jakarta. 

Pernah Menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta dari Tahun 2017

Transjakarta salah satu jenis transportasi Jakarta
Pernah Menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta dari Tahun 2017 (Instagram/@pt_transjakarta)

Sejak tahun 2017, Donny menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta mendampingi Ketua Ir. Iskandar Abubakar dan Sekretaris Aully Grashinta.

Sesuai peraturan, masa periode tugas Dewan Transportasi Jakarta hanya tiga tahun hingga 2020. Ini bisa dibilang cukup bertepatan dengan masa baktinya tersebut sebagai Wakil Ketia Dewan Transportasi Kota Jakarta.

Namun, baru ditunjuk sebagai Dirut Transjakarta, Donny harus menelan pil pahit mengembalikan jabatannya itu karena terjerat kasus.

Sedianya Memiliki 3 Tugas Pokok Bila Menjadi Direktur Utama Transjakarta

transjakarta
Sedianya Memiliki 3 Tugas Pokok Bila Menjadi Direktur Utama Transjakarta (Instagram/@pt_transjakarta)

Jika tidak batal menjadi Dirut Transjakarta, pria 48 tahun itu sedianya memiliki tiga tugas pokok ke depannya.

Pertama, membuat Transjakarta menjadi transportasi publik yang aman dan terjangkau untuk semua warga.

Kedua melakukan penugasan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017 sampai 2022. 

Terakhir, melakukan integrasi antar moda transportasi seperti MRT, LRT dan kereta Commuter Line agar mudah diakses masyarakat.

Namun, apa mau dikata, nasi telah menjadi bubur. Jabatan itu harus dicopot darinya karena terlibat kasus penipuan!

Transjakarta Capai Rekor Terbaru pada Tahun 2019 

transjakarta
Transjakarta Capai Rekor Terbaru pada Tahun 2019  (Instagram/@pt_transjakarta)

Pada tahun 2019 mungkin menjadi waktu yang menggembirakan bagi transportasi yang sering disebut sebagai Busway ini. Pasalnya, terdapat 264 juta penumpang yang naik Transjakarta.

Angka tersebut tumbuh sekitar 40 persen dari tahun sebelumnya yakni 189 juta penumpang. Ini jadi rekor tersendiri sekaligus tantangan untuk calon Dirut baru memikat hati masyarakat Jakarta dan sekitarnya guna menggunakan Transjakarta.

Itulah fakta tentang Donny Andy Saragih yang batal menjabat sebagai Direktur Utama PT Transjakarta! (Editor: Chaerunnisa)