Dianggap Sebagai Pertanda Datangnya Gempa dan Tsunami, Ini Fakta Ikan Oarfish!

ikan oarfish

Baru-baru ini nelayan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan penemuan ikan oarfish oleh nelayan setempat. Bagi masyarakat Jepang, ikan oarfish dianggap sebagai salah satu pertanda datangnya bencana gempa dan tsunami. Penasaran dengan ikan ini? Yuk kita baca selengkapnya soal fakta menarik ikan yang memiliki panjang mencapai 15 meter.  

“Para peneliti dalam mengkaji hubungan antara kemunculan ikan laut dalam dan gempa besar di Jepang menggunakan data cukup lama. Dalam kajian tersebut, hanya menemukan satu peristiwa yang dapat dikorelasikan secara masuk akal, dari 336 kemunculan ikan dan 221 peristiwa gempa bumi,” terang Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG yakni Daryono dalam keterangannya tanggal 9 Desember 2019, mengutip dari Detik.

Sampai saat ini belum ada penemuan manusia yang bisa memprediksi kapan sebuah gempa akan terjadi. Oleh karena itu pantas aja masih ada segelintir orang yang mempercayai hal tersebut.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih fakta tentang ikan oarfish yang mungkin belum kamu ketahui.

Baca juga: Ngalahin Ikan Arapaima, Nih 5 Ikan Termahal di Dunia

Ikan oarfish dianggap pertanda datangnya gempa dan tsunami oleh masyarakat Jepang

Ikan Oarfish
Oarfish dianggap sebagai pertanda datangnya gempa dan tsunami oleh masyarakat Jepang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melansir dari National Geographic, di Negara Matahari Terbit, ikan ini dikirim oleh Raja Naga Laut ke permukaan sebagai tanda bahwa akan terjadi gempa bumi serta tsunami. Bahkan ikan oarfish memiliki nama tradisional Jepang Ryugu no Tukai yang diartikan sebagai ‘utusan dari istana raja naga’.

Jepang merupakan salah satu negara yang paling sering mengalami gempa bumi serta bencana tsunami karena dikelilingi oleh patahan Ring of Fire. Jadi pantas aja kalau kepercayaan seperti ini berawal dari sana.

Baca juga: Catatkan Nilai US$ 4,6 Miliar, Apakah Ekspor Ikan Indonesia Paling Unggul di Dunia?

Oarfish hidup di kedalaman laut

Ikan oarfish
Hidupnya memang gak seperti ikan lainnya. Oarfish dapat ditemukan di kedalaman laut lho, (Ilustrasi/Shutterstock0.

Bentuknya yang aneh dan gak lazim dengan ikan pada umumnya dikarenakan binatang laut ini hidup di bagian laut dalam. Habitatnya berada di kedalaman 200 meter hingga 1000 meter di bawah permukaan.

Jadi pantas aja kalau ikan ini jarang ditemukan oleh penduduk pantai atau bahkan nelayan sekalipun. Sebab hanya sesekali aja oarfish muncul ke permukaan seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ada Seharga Rp 26 Miliar, Ini 15 Jenis Ikan Koi Termahal yang Berasal dari Jepang

Menjadi ikan bertulang punggung terpanjang di dunia

ikan oarfish
Oarfish merupakan ikan yang memiliki tulang terpandang di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bentuknya yang aneh ternyata menyimpan rekor yang gak diduga-duga, sebab oarfish ternyata merupakan ikan bertulang punggung terpanjang di dunia mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter lebih.

Sedangkan untuk bobotnya sendiri bisa mencapai 600 pounds atau setara 272 kilogram. Bisa dibayangkan betapa raksasanya ikan yang satu ini jika muncul ke permukaan.

Makanan ikan oarfish adalah plankton

ikan oarfish
Plankton merupakan makanan utama oarfish, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sama seperti ikan paus, makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh oarfish adalah plankton yang hidup di kedalaman laut. Beberapa orang sempat mencoba untuk mengonsumsi daging oarfish dan mengatakan teksturnya lembek dan cenderung lengket ketika dimakan.

Nah itulah sedikit fakta menarik mengenai ikan oarfish yang sempat jadi perbincangan di laman media sosial. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →