Ikon Jayapura dan Kebanggaan Jokowi, Berapa Biaya Pembangunan Jembatan Youtefa?

Jembatan Youtefa

Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Papua, telah diresmikan Presiden Jokowi bersama jajaran pemerintahan lainnya, 28 Oktober 2019 lalu. Ini merupakan salah satu tonggak sejarah bagi Bumi Cenderawasih selama ini relatif tertinggal dari sisi infrastruktur dari wilayah Pulau Jawa.

“Tanah Papua harus maju, seperti daerah-daerah lain di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Itu adalah hal yang saya lihat setiap kali berkunjung ke Tanah Papua. Kalau tidak keliru hitung, saya sudah 13 kali hadir di Tanah Papua,” kata Jokowi kepada media ketika peresmian, seperti dikutip dari Suara jaringan Lifepal.

Pascapelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 lalu, Jokowi masih memiliki banyak PR membangun infrastruktur di Papua dalam 5 tahun ke depan.

“Ini kalau kita biarkan akan menyulitkan kita untuk bersatu sebagai sebuah bangsa besar. Karena itu saya selalu mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di wilayah Indonesia bagian timur untuk dipercepat. Dan tentu saja nanti pararel dengan pembangunan sumber daya manusia yang juga ingin kita kerjakan,” ungkapnya.

Untuk membangun infrsatruktur di Papua memang memiliki kesulitan sendiri, karena terhambat akses jalan yang terbatas, dan biaya gak sedikit.

Tapi, untuk Jembatan Youtefa kira-kira berapa ya anggaran yang dikeluarkan pemerintah? Yuk, kita simak faktanya berikut ini:

Sudah mulai dibangun sejak tahun 2015

Guna membangun jembatan yang menghubungkan antara Kota Jayapura dan Distrik Muara Tami serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, pemerintah setidaknya harus menunggu hingga empat tahun lamanya sejak tahun 2015. 

Sedikitnya ada tiga perusahaan BUMN yang mengerjakan konstruksi ini dari awal hingga akhir yakni Pembangunan Perumahan Tbk, PT Hutama Karya Tbk, dan PT Nindya Karya. 

Lantas, berapa sih dana yang dianggarkan pemerintahan Jokowi?

Baca juga: Ada yang Mencapai Rp 6.000 Triliun, Ini 5 Proyek Konstruksi Termahal Sejagat Raya

Biaya membangun Jembatan Youtefa mencapai Rp 1,8 triliun

Ternyata kocek yang diperlukan pemerintah untuk membangun ikon kota Jayapura ini mencapai Rp 1,8 triliun lho!

“Jembatan yang telah dibangun selama empat tahun dan menghabiskan anggaran biaya Rp1,8 triliun. Ini kalau dimiliarkan, Rp1.800 miliar, silakan kalau mau ngitung,” imbuh kakek Jan Ethes itu.

Nominal sebanyak itu bisa dimaklumi melihat tantangan berat dalam membangun desain pilar yang unik, dan secara keseluruhan.

Diresmikan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda

Hal unik lain yang membuat bangunan ini jadi lebih spesial adalah diresmikan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober lalu.

Ini menjadi simbol tersendiri dari bangkitnya perekonomian Papua di waktu yang akan datang.

Jembatan Youtefa juga disiapkan untuk penyelenggaraan PON XX

Bukan hanya memenuhi mobilitas masyarakat Papua hingga puluhan tahun ke depan, jembatan ini juga bakal menjadi sarana penunjang dari pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang bakal berlangsung 20 Oktober hingga 2 November 2020 bila sesuai jadwal.

Seperti diketahui, PON merupakan salah satu agenda rutin Kemenpora yang diadakan setiap empat tahun sekali. Sebelumnya, di Kota Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2016. 

Saat itu, yang menjadi juara umum adalah Provinsi dari Jawa Barat dengan raihan 217 medali emas, 157 medali perak dan 157 medali perunggu.

Itulah fakta mengenai Jembatan Youtefa yang menjadi ikon Jayapura dan kebanggaan Jokowi. Semoga ke depannya infrastruktur di Jayapura semakin merata ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →