Tantang Trump, Ini 6 Fakta Orang Terkaya ke-8 di Dunia yang Sederhana

Nama konglomerat Michael Bloomberg mendadak disebut-sebut media lantaran tengah mendaftarkan diri menjadi bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. 

Mantan Wali Kota New York ini baru saja menyerahkan berkas-berkas di Alabama sebagai syarat bertarung di Pilpres AS. Kabarnya, taipan media ini juga telah mendapat dukungan dari rekannya, yaitu konglomerat bernama Leon Cooperman.

Selain Bloomberg, Demokrat punya beberapa nama yang nantinya diprediksi kuat menjadi pesaing Trump. Salah satunya, Joe Biden yang diprediksi jadi kandidat terkuat. 

Bicara soal Michael Bloomberg, politisi Demokrat ini punya fakta inspiratif yang cukup mengejutkan. Penasaran? Yuk simak di bawah sini:

1. Berkekayaan Rp 734 triliun

Michael Bloomberg
Berkekayaan Rp 734 M (Instagram/@bloomberg)

Menurut laporan Forbes, Michael Bloomberg tercatat sebagai orang terkaya di dunia urutan delapan. Total aset pria berusia 77 tahun ini ternyata mencapai US$ 52,3 miliar atau Rp 734 triliun. Lebih tajir dari Donald Trump!

Kamu tahu dong media ekonomi bernama Bloomberg yang punya siaran televisi, koran, dan portal berita online

Isinya sering banget membahas saham, kantor berita yang didirikan tahun 1981 itu merupakan milik sang taipan, dan nama Bloomberg memang diambil dari namanya. 

Namun, sebelum mendirikan kerajaan media ini, Bloomberg ternyata sempat jadi karyawan juga lho.

Baca juga: Salah Satunya Pemilik BCA, Ini 5 Keluarga Crazy Rich Asians di Dunia Nyata

2. 18 tahun kerja dan dipecat

Michael Bloomberg
18 tahun kerja dan dipecat (Instagram/@mikebloomberg)

Sebelum meraih titel sebagai orang terkaya di dunia, jebolan Universitas Harvard dengan gelar akademik M.B.A. ini adalah karyawan di Salomon Brothers, sebuah perusahaan investasi yang sudah berhenti beroperasi pada 2003.

Perusahaan ini memang sempat dimerger oleh Citicorp namun terlilit serangkaian skandal.

Bloomberg bergabung di perusahaan ini pada 1963 silam. Namun pada tahun 1981 lebih tepatnya setelah 18 tahun berbakti di sana. Saat itu, Bloomberg masih berusia 39 tahun.

Bayangin saja, dipecat saat usia nyaris kepala empat. Mau ngelamar kerja pun bakal susah karena dianggap gak produktif. Siapa sangka, dia malah sukses dalam bisnisnya di bidang media. 

3. Donasinya Rp 112 triliun

michael bloomberg
Donasinya Rp 112 T (Instagram/@mikebloomberg)

Selain jadi pengusaha, Bloomberg juga terkenal sebagai salah satu pegiat filantrofi di negaranya. Tentu saja, harta banyak donasi juga pastinya luar biasa besar.

Bloomberg telah mendonasikan uang sebesar US$ 8 miliar atau Rp 112 triliunan untuk sejumlah kegiatan. Pertama adalah, pengawasan peredaran senjata, lalu isu perubahan iklim, dan lainnya. 

Tentu saja jumlah ini masih kalah daripada donasinya Bill Gates dan Warren Buffett. Tapi tentunya angka segitu juga gak sedikit lho.

4. Cuma pakai dua sepatu semenjak jadi Wali Kota New York

Michael Bloomberg
Cuma pakai dua sepatu sejak (Instagram/@mikebloomberg)

Selain punya harta berlimpah dan gak pelit, Michael Bloomberg juga terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. 

Salah satu artikel di Guardian pernah menyebutkan, pria ini cuma punya dua pasang sepatu kerja saja saat masih menjabat sebagai Walikota New York selama 12 tahun. Dua sepatu itu digonta ganti saja setiap harinya. 

Gimana menurutmu? Sepatu kerjamu ada berapa pasang nih? Bisa jadi jauh lebih banyak ketimbang Bloomberg.

5. Jam tangannya Rp 1,8 juta

michael bloomberg
Jam tangannya cuma Rp 1,8 jutaan (Dailystormer)

Berharta triliunan rupiah bukan berarti penampilan harus miliaran juga lho. Terkait jam tangan, Bloomberg juga gak suka yang mahal-mahal. Dia sering terlihat mengenakan Victorinox Swiss Army yang harganya US$ 130 atau Rp 1,8 juta saja!

Masih kalah murah sih sama Bill Gates. Bill Gates malah pakai Casio yang harganya cuma Rp 150 ribu. Tapi intinya, duit Rp 1,8 juta buat Bloomberg apa artinya! 

6. Selain jam tangan, mobilnya pun murah

michael bloomberg
Mobilnya pun murah (dealerinspire.com)

Bukan cuma urusan sepatu dan jam tangan, urusan tunggangan pun Bloomberg gak neko-neko

Bloomberg masih sering terlihat mengendarai Chevrolet Suburban tahun 2018. Mobil SUV ini, harganya gak mahal buat Bloomberg yaitu Rp 550 juta saja!

Padahal dengan harta sebesar itu, mau beli Lamborghini, McLaren, dan lainnya pun bisa.

Itulah sekilas fakta mengenai Michael Bloomberg. Kira-kira bakal menang gak ya nanti di Pilpres AS? Kita saksikan saja kelanjutannya. (Editor: Chaerunnisa)