Dipilih Jokowi Jadi Menpar, Ini Fakta Wishnutama yang Jarang Orang Tau

wishnutama

Wishnutama telah resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 setelah dilantik Presiden Jokowi, Rabu 23 Oktober 2019. Usai dilantik, Wishnutama langsung sertijab bersama Menpar sebelumnya, Arief Yahya.

Selama lima tahun ke depan, Wishnutama akan memimpin Kementerian Pariwisata, khususnya mengemban tugas untuk melanjutkan program 10 Destinasi Wisata Bali Baru yang tengah berjalan saat ini. 

“Yang ke-31, Bapak Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Urusan pariwisata, 10 destinasi wisata baru, mengembangkan industri kreatif berada di wilayah Wishnu (Wishnutama),” kata Presiden Jokowi.

Pemilik nama Wishnutama Kusubandio itu memiliki sepak terjang mentereng di dunia broadcasting Tanah Air hingga menjadi sosok di balik kesuksesan Asian Games 2018 lalu.

Sebenarnya, kesuksesan Wishnutama bukan baru-baru ini terjadi. Sederet penghargaan sudah berhasil disabet suami Gista Putri itu di sepanjang kariernya.

Mantan CEO PT. NET Mediatama Televisi ini pernah menjadi The Best CEO Indonesia versi majalah SWA pada tahun 2010, The Most Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi, Indonesia Youngster Inc. versi Majalah SWA dan sejumlah penghargaan lainnya.

Sepak terjang Wishnutama memang patut diacungi jempol. Berikut, lima fakta Wishnutama yang memiliki karier moncer di dunia pertelevisian Tanah Air hingga berhasil menjadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif:

Latar belakang pendidikan 

wishnutama
Latar belakang pendidikan (Instagram/@wishnutama)

Wishnutama menempuh pendidikan sekolah menengah di SMP Tarakanita 5. Pria 43 tahun ini melanjutkan jenjang pendidikan di Kooralbyn International School, Queensland, Australia, dan International School Singapore.

Ayah empat anak itu menempuh pendidikan tinggi di Military College of Vermont di Norwich University. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan di Mount Ida College, dan Emerson College, Boston.

Baca juga: Jadi Juru Kunci Asian Games 2018, Ini Kisah Sukses Wishnutama

Karier cemerlang di industri media dan penyiaran

wishnutama
Karier cemerlang di industri pertelevisian (Instagram/@wishnutama)

Setelah lulus dari Emerson College, Wishnutama bekerja di stasiun TV di Boston. Kemudian, Wishnutama kembali ke Indonesia dan bekerja di Indosiar pada tahun 1994.

Setelah itu, pria kelahiran Jayapura, Papua tersebut hijrah ke Trans TV pada tahun 2001. 12 tahun kemudian, dia mendirikan NET tepatnya di tahun 2013. Di sana, dia menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO.

Sosok yang berani keluar dari zona nyaman

wishnutama
Berani keluar dari zona nyaman (Instagram/@wishnutama)

Karier Wishnutama berjalan mulus sejak masih bekerja di Indosiar. Mulai dari Supervisor On Air Promotion, kariernya melesat cepat hingga menjadi Production Manager pada waktu cepat.

Dia pindah ke Trans TV dan menjadi Kepala Divisi Produksi pada tahun 2001. Kariernya terus menanjak hingga menjadi Direktur Utama Trans TV. Sejumlah penghargaan berhasil diraihnya. Di awal usia 30-an, dia sudah berada dalam jajaran top level management.

Saat itu, dia justru merasa khawatir terjebak dalam zona nyaman. Menurutnya, dalam keadaan nyaman seseorang akan sulit menjadi inovatif dan kreatif. Dia pun memutuskan resign tanpa memiliki rencana apapun sebelumnya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Setelah mundur dari televisi yang membesarkan namanya, dia membuka sebuah restoran di daerah Kemang, dan mendirikan sebuah production house (PH). Dari PH itu, dia dapat banyak tawaran pekerjaan hingga akhirnya mendapat kesempatan membuat stasiun televisi NET TV.

Membangun stasiun televisi dari nol tentu bukan pekerjaan mudah. Dia harus memutar otak untuk membuat program TV yang digemari penonton. Gak sedikit program yang telah dibuat berakhir gagal. Tapi pada masa-masa struggling inilah ide-ide kreatif dan inovasi bisa lahir. 

Berani keluar dari zona nyaman membuatnya jadi salah seorang sosok di balik keberhasilan perhelatan Asian Games 2018, hingga akhirnya dia terpilih jadi Menpar. 

Di balik kesuksesan Asian Games 2018

wishnutama
Di balik keberhasilan Asian Games 2018 (Instagram/@wishnutama)

Kesuksesan pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 yang fenomenal gak lepas dari ide kreatif, dan tangan dingin Wishnutama. 

Mengaku melakukan persiapan hingga 1,5 tahun untuk menghelat pembukaan Asian Games 2018, dia dan tim juga bekerja keras kembali membongkar panggung selama 60 jam untuk dijadikan lapangan atletik.

Upacara pembukaan yang menampilkan ribuan penari hingga atraksi unik Presiden Jokowi menuai decak kagum berbagai kalangan. Banjir pujian gak hanya di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara lain.

Family Man

wishnutama
Family man (Instagram/@wishnutama)

Di tengah kesibukan pekerjaan, Wishnutama masih meluangkan waktu dengan keluarga. Pria yang tengah menanti anak kelimanya sudah menjadi sosok family man sejak muda. 

Meski telah bercerai dengan Wina Natalia, pria kelahiran 14 Mei 1970 itu masih kerap melakukan quality time bersama anak-anaknya. Terbukti, di tengah kesibukan Wishnutama mempersiapkan Asian Games, keempat anaknya kompak memberi semangat kepada sang ayah.

Tak hanya dengan anak-anaknya, pria berkacamata itupun masih tetap berhubungan baik dengan sang mantan istri. Didampingi Gista Putri, dia kerap bercengkerama bareng anak-anak dan mantan istri yang juga didampingi pasangannya, Anji.

Jadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif

wishnutama
Jadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Instagram/@wishnutama)

Memiliki karier cemerlang, Wishnutama dipanggil menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin 21 Oktober 2019.

Dua hari berselang, Presiden Jokowi dan Wakilnya Ma’ruf Amin mengumumkan kabinet menteri pada pemerintah periode keduanya.

Wishnutama menjadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif dalam kabinet periode 2019-2024. 

Itulah lima fakta menarik Wishnutama, dari sosok yang memiliki karier cemerlang di dunia pertelevisian hingga terpilih jadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif. Semoga amanah dan dapat bekerja dengan baik. Amin!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →