Harganya Rp 230 Ribuan, Ini 5 Fakta Mengenai Minyak Ajaib Kutus Kutus

Belakangan Minyak Kutus Kutus sedang ramai dicari-cari orang. Bagaimana tidak, minyak gosok asal Bali tersebut diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Kalau dulu mungkin kita bisa menyamakannya dengan minyak tawon atau minyak kayu putih. Karena ketiganya memiliki khasiat yang menyehatkan bagi tubuh dan terbuat dari bahan-bahan alami. 

Minyak balur Kutus Kutus sendiri diciptakan oleh Servasius Bambang Pranoto. Pada tahun 2011 lalu ia mengalami cedera kaki akibat kecelakaan selepas memetik sayur di sawah. Dari situlah ia bereksperimen untuk membuat minyak balur sendiri dari bahan-bahan herbal.

Selama tiga bulan ia rutin membalurkan kakinya dengan minyak hasil racikannya. Alhasil kondisi kakinya pulih menjadi lebih baik lagi dan merupakan salah satu produk lokal yang banyak dicari. 

Kemudian Bambang berinisiatif untuk membagikan khasiat minyak itu ke tetangga-tetangga sekitarnya. Terbukti, minyak tersebut yang kemudian dikenal sebagai Minyak Balur Kutus Kutus itu bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Mengingat khasiatnya yang sudah teruji, produksi massal pun mulai dilakukan tahun 2012. Minyak Kutus Kutus gak cuma dijual di Pulau Dewata saja, tetapi sudah didistribusikan hingga ke luar kota. 

Baca juga: 8 Produk Make Up Lokal Paling Favorit yang Harganya Gak Sampai Rp 50 Ribu

1. Minyak Kutus Kutus terbuat dari bahan-bahan herbal 

Minyak Kutus Kutus
Terbuat dari bahan alami, gak heran kalau minyak asal Bali ini banyak digemari ibu-ibu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Minyak Kutus Kutus dibuat murni tanpa bahan kimia. Membuat minyak ini sangat berkhasiat karena terbuat dari 69 bahan bahan herbal alami. Mulai dari daun-daunan, rempah kering, dan sampai bunga-bunga. 

Di antaranya ada daun neem yang berasal dari India. Daun ini dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Selain itu ada tanaman purwaceng yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran aliran darah. 

Kemudian, untuk membuatnya menjadi minyak, dicampurkan dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya sangat baik untuk kulit dan mampu memberantas segala macam virus di dalam tubuh. 

Baca juga: Nusa Penida Hingga Jelajah Beach Club, Ini Trik Liburan Mewah di Bali dengan Bujet Rp 1,5 Juta

2. Berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit 

Minyak Kutus Kutus
Kutus Kutus diyakini banyak memiliki manfaat bagi tubuh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Campuran bahan-bahan alaminya itu dipercaya bisa membantu bahkan memulihkan berbagai macam penyakit, dari yang ringan sampai penyakit berbahaya. Kamu bahkan sudah bisa melihat khasiat-khasiatnya yang tersebar di internet. 

Di antaranya, bisa mengobati penyakit flu, gangguan pencernaan, wasir, nyeri otot, sakit kepala, jerawat, sampai membantu mengobati penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, asma, stroke, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Masih Impor Migas, Apakah Indonesia Masuk Negara Pengimpor Terbesar di Dunia?

3. Bisa mengaktifkan energi ‘Chi’

Minyak Kutus Kutus
Kutus Kutus diyakini bisa menghasilkan energi ‘Chi’, (Instagram/@kutuskutus.indonesia).

Selain untuk menyembuhkan penyakit, Minyak Kutus Kutus juga diyakini mampu mengaktifkan energi ‘Chi’ di dalam tubuh. Energi ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh. 

Menurut kepercayaan orang Tionghoa, manusia yang mampu mengaktifkan energi ini maka bisa melakukan penyembuhan diri sendiri. 

4. Minyak Kutus Kutus pabrikan Tamba Waras sudah tersertifikasi halal 

Minyak Kutus Kutus
Begini nih kemasan Kutus Kutus yang terbaru, (Instagram/@kutuskutus.indonesia).

Minyak Kutus Kutus yang asli sendiri adalah yang buatan dari PT Tamba Waras, Gianyar Bali. Banyak yang beranggapan kalau minyak ini dibuat dengan mantra-mantra gaib sampai terbuat dari minyak haram. Tudingan tersebut bahkan telah meluas ke berbagai daerah.

Padahal, produk Minyak Kutus Kutus buatan Tamba Waras telah tersertifikasi halal oleh MUI. Selain itu, mereka juga sudah mengantongi sertifikat layak guna dari BPOM. 

5. Harganya Rp 230 ribuan  

Minyak Kutus Kutus
Kutus Kutus harganya kisaran Rp 230 ribuan, (Instagram/@kutuskutus.indonesia).

Minyak ajaib ini sudah tidak hanya didistribusikan di Bali saja, melainkan sudah tersedia di beberapa kota. Banyak agen-agen yang tertarik untuk menjadi distributor, mengingat popularitas minyak ini terus meningkat. 

Nah soal harga, mungkin antar agen yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda, tapi, harga asli dari PT Tamba Waras itu adalah Rp 230 ribu. Kalau harganya jauh di atas maupun di bawah harga tersebut kamu patut mencurigai keasliannya. 

Itulah beberapa fakta-fakta mengenai Minyak Kutus Kutus yang sedang trend saat ini. Kalau kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa kok mendapatkannya dengan mudah di toko-toko online. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).