Mengenal Putra Mahkota Abu Dhabi yang Berinvestasi Rp 136 Triliun ke Indonesia

Mohammed bin Zayed al nahyan

Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed Al Nahyan menjadi topik hangat perbincangan usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Kamis 24 Juli 2019. Sang putra mahkota telah menandatangani perjanjian kerja sama senilai Rp 136 triliun!  

Menurut Menlu Retno Marsudi, akan ada perjanjian kerja sama antara Pertamina dan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) terkait pengembangan fasilitas pengolahan minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Selain itu, ada pula perjanjian PT Chandra Asri Petrcochemical Tbk dan Mubadala, OMV untuk pengembangan industri petrokimia.

Dan yang terakhir, kerja sama antara PT Pelabuhan Indonesia Maspion dengan DP World Asia untuk pengembangan terminal peti kemas dan Kawasan Industri di Gresik, Jawa Timur.

Sekadar diketahui, Pangeran Mohammed adalah putra dari Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, seorang penguasa pertama di Abu Dhabi yang wafat pada tahun 2004. 

Saat ini, Abu Dhabi dipimpin kakak Pangeran Mohammed yaitu Sheikh Khalifa bin Zayed yang disinyialir mengantongi kekayaan lebih dari Rp 300 triliun.

Bahkan, Forbes mengklaim keluarga Al-Nahyan merupakan salah satu raja terkaya di dunia. Dia dilaporkan memiliki aset sebesar US$ 830 miliar atau sekitar Rp 11.880 triliun. Salah satunya, Menara Burj Khalifa pada tahun 2010.

Ingin tahu fakta-fakta menarik seputar Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan? Yuk, simak di bawah ini:

1. Bos perusahaan investasi global

Mohammed bin Zayed al nahyan
Mohammed bin Zayed al nahyan (Instagram/@mohamedbinzayed)

Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan merupakan pemimpin Mubadala Investment Company, sebuah perusahaan investasi skala global yang menguasai banyak lini bisnis. Beberapa di antaranya penerbangan, senjata, IT dan teknologi, perdagangan dan lainnya.

Wajar saja jika dia yang langsung datang menjumpai Presiden Jokowi saat penandatanganan kerja sama bisnis tersebut.

Wong perusahaan energi di Abu Dhabi juga berada di bawah Mubadala. Pemimpinnya tentu harus tahu bagaimana kelangsungan proyek kerja samanya di berbagai negara.

Bisa dibilang, Mubadala merupakan salah satu motor penggerak perekonomian negara penghasil minyak itu.

Baca juga: Beda 180 Derajat dengan Lainnya, Ini Pangeran Arab yang Sering Disebut ‘Sederhana’

2. Pejabat militer dan bisa menerbangkan helikopter

Mohammed bin Zayed al nahyan
Mohammed bin Zayed al nahyan (Instagram/@jokowi)

Selain memimpin perusahaan terbesar di negaranya, Pangeran Mohammed merupakan seorang perwira tinggi militer. 

Pada tahun 1979, dia bergabung dalam dinas Akademi Militer Sandhurst, London. Dia pun mendalami ilmu angkatan udara, termasuk di antaranya menerbangkan pesawat, heli, hingga menjadi pasukan lintas udara.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Saat ini,  Mohammed bin Zayed Al Nahyan menjabat sebagai Panglima Militer Tertinggi di Abu Dhabi. 

3. Seorang putra mahkota yang sangat dermawan

Mohammed bin Zayed al nahyan
Mohammed bin Zayed al nahyan (Instagram/@mohamedbinzayed)

Sebagai orang kaya dan pejabat tinggi di negaranya, bohong banget kalau Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan ini pelit. Dia justru sangat dermawan.

Pangeran Mohammed juga merupakan seorang pecinta hewan. Dia mendirikan sebuah yayasan khusus untuk perlindungan hewan.

Di samping itu, dia juga cukup vokal dalam memerangi kejahatan penyelundupan manusia dan mendonasikan banyak uang ke PBB. 

Sementara di tahun 2011, Pangeran Mohammed menjajaki kerja sama dengan Bill dan Melinda Gates senilai Rp 600 miliaran untuk membantu distribusi obat-obatan ke Afghanistan dan Pakistan. 

Itulah sekilas fakta tentang Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan yang tajir melintir. Kira-kira setelah Pangeran Mohammed, siapa lagi ya orang tajir Timur Tengah yang bakal ke Indonesia? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →