Bakal Diisi Ahok, Ini 4 Fakta PT Pertamina yang Bisnis Minyak hingga Kesehatan

pt pertamina

pt pertamina

PT Pertamina diisukan bakal menjadi BUMN yang dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama. Sebelumnya diberitakan, sosok yang akrab disapa Ahok ini bakal menempati posisi tinggi di salah satu BUMN. Hingga tulisan ini dibuat, masih belum jelas BUMN mana yang nantinya dipimpin mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kabar Ahok bakal menduduki posisi penting di BUMN beredar setelah dirinya menemui Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu (13/11). Seperti yang diberitakan Suara, Ahok memberi keterangan kalau dirinya mau dilibatkan di salah satu BUMN. Namun, ia belum mengetahui posisi apa yang dipercayakan kepada dirinya.

Pemberitaan tentang Ahok yang mau pimpin BUMN pun makin kencang. Jabatan petinggi di perusahaan BUMN di sektor energi disebut-sebut menjadi posisi yang pas buat diisi Ahok, yaitu PT Pertamina (persero) dan PT PLN (persero).

Meskipun belum dipastikan BUMN mana yang bakal dipimpin Ahok, gak ada salahnya nih kalau mengulas tentang perusahaan negara tersebut. Kali ini Moneysmart mau ajak kamu mengenal PT Pertamina yang disajikan dalam fakta-fakta berikut ini.

Baca juga: Ahok Diprediksi Duduk Sebagai Direksi BUMN, Memangnya Sudah Penuhi Persyaratan Ini?

1.  PT Pertamina (persero) berdiri pada 10 Desember 1957 yang awalnya dikelola TNI Angkatan Darat

pt pertamina
Mantan Dirut Pertamina, Ibnu Sutowo, di Jakarta pada tahun 1983. (Tempo)

Sejarah PT Pertamina (persero) bermula dari PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara (PT. ETMSU) yang bertanggung jawab atas pengelolaan ladang minyak di Sumatera. PT. ETMSU ini dirintis Pemerintah Kolonial Belanda. Pemerintah Indonesia mempercayakan TNI Angkatan Darat buat mengelola perusahaan minyak yang berdiri tahun 1950-an tersebut.

Dalam perjalanannya, PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara berubah menjadi  PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) yang kemudian menjadi PT Pertamina. Kala itu perusahaan minyak negara tersebut dipimpin Ibnu Sutowo (pensiun dengan pangkat Letnan Jenderal) yang ditunjuk Jenderal A.H. Nasution, perwira tinggi TNI menjabat KSAD saat itu.

Dengan adanya Pertamina, ketahanan energi nasional bisa diwujudkan. Gak cuma itu, Pertamina juga diharapkan bisa mewujudkan kemandirian energi nasional.

Baca juga: Daftar Harga BBM Terbaru dan Alasan Kenapa Harganya Bisa Berubah-ubah

2. PT Pertamina gak cuma sediakan BBM, tapi juga layanan kesehatan

pt pertamina
Aktivitas pengeboran Pertamina. (Pertamina.com)

PT Pertamina (persero) emang bergerak di sektor energi yang fokusnya mengelola minyak dan menghasilkan produk-produk minyak. Namun, dalam perkembangannya, Pertamina melakukan diversifikasi bisnis lewat penyediaan jasa di luar urusan minyak dan gas.

Dilansir dari laporan tahunan Pertamina, ada sejumlah produk dan jasa yang dikelola perusahaan BUMN ini. Berikut ini daftarnya.

Produk PT Pertamina (persero) Jasa PT Pertamina (persero)
Minyak tanah (BBM subsidi) Jasa angkutan laut Internal Customer Crude, Intermedia, produk BBM, dan Non-BBM.
Solar/biosolar dan Premium (BBM subsidi) Jasa angkutan laut eksternal customer (charter out).
Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, Dexlite, Pertamina Dex (BBM nonsubsidi) Jasa Floating Storage & Offloading
BBM industri Jasa Vetting
BBM buat kapal/marine Marine Services: Teknik Bawah Air, Docking, Agency, dan Mooring Master.
BBM buat aviasi Jasa Offshore Support Vessel, sarana kepelabuhanan, dan dermaga.
Elpiji 3 kg (bersubsidi), Elpiji 12 kg, Bright Gas, Musicool (refrigerant), Vigas (kendaraan bermotor), Petrokimia, Bitumen, Envogas (kendaraan bermotor), Pelumas kendaraan bermotor, Pelumas industri. Jasa niaga, transportasi, distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.
Jasa pengembangan SDM, pengkajian, dan konsultasi sistem manajemen.
Jasa hotel/motel, perkantoran dan penyewaan properti/hotel.
Jasa asuransi kerugian yang berkaitan dengan operasional industri migas dan marine hull.
Jasa pelayanan kesehatan dan rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, Cirebon, Balikpapan, Tanjung, dan Prabumulih.
Jasa transportasi udara, penyewaan pesawat udara dan penerbangan terjadwal (reguler), menyelenggarakan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha.

 

3. Anak perusahaan Pertamina banyak jumlahnya, tembus 26 entitas

pt pertamina
Aktivitas Perusahaan Gas Negara, anak perusahaan Pertamina. (PGN.co.id)

PT Pertamina (persero) sendiri beroperasi sebagai induk dari anak-anak perusahaan yang menghasilkan produk dan jasa di atas tadi. Berikut ini adalah daftar anak perusahaan BUMN minyak ini seperti yang dilansir dari laporan tahunan 2018.

Anak perusahaan Pertamina Kegiatan bisnis
PT Pertamina EP Usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi meliputi eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.
PT Pertamina Geothermal Energy Pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.
PT Pertamina Hulu Energi Pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak dan gas bumi.
PT Pertamina EP Cepu Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.
PT Pertamina Drilling Services Indonesia Pengelolaan dan pengembangan sumber daya jasa drilling meliputi eksplorasi dan eksploitasi migas atau panas bumi.
PT Pertamina EP Cepu Alas Dara & Kemuning Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu Alas Dara & Kemuning.
PT Pertamina Internasional Eksplorasi Dan Produksi Melaksanakan usaha dalam bidang minyak, gas bumi, dan energi di luar negeri
PT Pertamina Hulu Indonesia – Usaha di bidang minyak, gas bumi dan energi.  

– Usaha minyak, gas bumi termasuk eksplorasi dan eksploitasi.  

– Usaha di bidang energi terkait langsung maupun tidak langsung.

– Penyertaan saham dan kepemilikan participating interest di dalam negeri.  

– Jasa terkait penyelenggaraan usaha minyak, gas bumi dan energi.  

– Usaha lain yang langsung dan tidak langsung terkait dengan usaha di atas.

PT Pertamina Power Indonesia Produksi, perbaikan dan perdagangan peralatan tenaga listrik, yang berasal dari sumber energi lainnya seperti gas alam, air, panas bumi, matahari, dll.
PT Pertamina Gas Niaga, transportasi, distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.
PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. Pengangkutan dan niaga gas bumi.
PT Kilang Pertamina Internasional Menjalankan kegiatan produksi, pengolahan dan perdagangan di bidang minyak, gas bumi, dan energi baru dan terbarukan di dalam negeri dan di luar negeri.
PT Pertamina Patra Niaga Jasa teknologi, jasa perdagangan non BBM serta industri di bidang pertambangan minyak dan gas bumi.
PT Pertamina Trans Kontinental Jasa operasi perkapalan meliputi supply vessels, tug boat, cargo vessels, keagenan dan pengelolaan dermaga Kabil di Pulau Batam.
PT Pertamina Retail Retail SPBU, perdagangan BBM dan jasa pengangkutan BBM.
PT Pertamina Lubricants Melaksanakan kegiatan produksi, perdagangan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan produk pelumas dan turunannya.
PT Pertamina Internasional Shipping Usaha bidang pelayaran dengan kegiatan usaha utama pelayaran komoditi minyak dan gas bumi (migas) serta kegiatan penunjang lainnya.
PT Pertamina Training & Consulting asa pengembangan SDM, pengkajian dan konsultasi sistem manajemen dalam rangka menunjang kegiatan migas dan panas bumi.
PT Patra Jasa Hotel/motel, perkantoran dan penyewaan properti/hotel.
PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk. Jasa asuransi kerugian yang berkaitan dengan operasional industri migas dan marine hull.
PT Pertamina Bina Medika  Jasa pelayanan kesehatan dan rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, Cirebon, Balikpapan, Tanjung, dan Prabumulih.
PT Pelita Air Service Jasa transportasi udara, penyewaan pesawat udara dan penerbangan terjadwal (reguler), menyelenggarakan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha.
PT Pertamina Pedeve Indonesia Kegiatan modal ventura.
PT Elnusa, Tbk. Kegiatan usaha di bidang jasa, perdagangan, pertambangan, Pembangunan, dan perindustrian.
Pertamina International Timor S,A Usaha hilir minyak dan gas bumi di Timor Leste.
PT Pertamina Hulu Rokan Eksplorasi, eksploitasi, dan produksi Blok Rokan.

4. Pendapatan PT Pertamina (persero) capai US$ 57,93 miliar pada 2018 dengan laba (profit) US$ 2,63 miliar

pt pertamina
Lube Oil Blending Plant milik Pertamina. (Pertamina.com)

Pendapatan yang diraih PT Pertamina (persero) gak melulu naik tiap tahunnya. Namun, pada 2018, Pertamina sukses meraih pendapatan sebesar US$ 57,93 miliar. Perolehan pendapatan ini lebih besar dibandingkan tahun 2017 yang mencapai US$ 46,00 miliar.

Begitu juga dengan laba (profit) yang dibukukan Pertamina, ada kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Pada 2018, laba Pertamina tembus US$ 2,64 miliar. Sementara itu, pada 2017, labanya tembus US$ 2,55 miliar.

5. Pertamina berada di peringkat 175 dalam Global 500 versi Fortune

pt pertamina
Unit pengolahan Pertamina di Cilacap. (Pertamina.com)

Majalah bisnis asal Amerika Serikat Fortune menempatkan PT Pertamina (persero) di peringkat 175 dalam Global 500. Peringkat perusahaan ditentukan berdasarkan pendapatan yang diperoleh selama satu tahun.

Fortune mencatatkan Pertamina sebagai perusahaan minyak yang meraih pendapatan sebesar US$ 57,93 miliar dengan profit sebesar US$ 2,53 miliar. Sementara aset Pertamina mencapai US$ 64,72 miliar dan jumlah karyawan 31.569 orang.

Itu tadi beberapa fakta seputar PT Pertamina (persero). Informasinya nih Pertamina saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco. Kerja sama ini bertujuan buat menjalankan proyek pengembangan kilang pengolahan minyak di Cilacap. Mudah-mudahan kerja samanya bisa terwujud. Semoga! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis