Film Makoto Shinkai Berhasil Bikin Baper Penonton dan Raup Untung Rp 4,9 T!

Film Makoto Shinkai

Film Makoto Shinkai yang terbaru bakal segera dirilis. Film dengan judul “Weathering With You” ini rencananya rilis tayang di Jepang pada tanggal 19 Juli 2019. 

Dari trailer yang dirilis oleh rumah produksi, film itu menceritakan tentang seorang pemuda bernama Hodaka Morishima meninggalkan kampung halamannya untuk pindah ke Tokyo. Anehnya kemanapun ia pergi cuaca selalu hujan. Tapi kemudian Hodaka bertemu dengan gadis misterius bernama Hina yang memiliki kemampuan mengendalikan cuaca. 

Buat para penggemar anime, karya-karya Makoto Shinkai selalu berhasil menyentuh emosi para penontonnya. Makoto selalu menuangkan kisah-kisah drama menyedihkan, tapi gak pasaran layaknya anime-anime lainnya. 

Berbagai penghargaan pun pernah disabet film ini, baik itu di Jepang maupun di kancah penghargaan internasional. Di tahun 2016, karyanya bahkan pernah mendapatkan penghargaan Animasi Terbaik dari The Los Angeles Film Critics Association (LAFCA).

Selain dari aspek penghargaan, ternyata film Makoto Shinkai juga mendapatkan kesuksesan dalam hal pendapatannya. Salah satu karyanya bahkan menjadi anime dengan keuntungan terbesar di dunia. Berikut ini lima karya terbaik dari Makoto Shinkai.

Baca juga: Ada yang Berhonor Rp 75 Juta per Episode, 5 Artis Sinetron Ini Berbayaran Tertinggi!

1. The Place Promised In Our Early Days (2004)

Film Makoto Shinkai
The Place Promised In Our Early Days (2004), (ytimg.com).

Film Makoto Shinkai yang mengundang tangis haru adalah berjudul “The Place Promised In Our Early Days” yang dirilis di Jepang tahun 2004. Film ini mengisahkan tentang cinta segitiga dua orang pemuda bernama Takuya dan Hiroki, dengan seorang gadis bernama Sayuri.

Latar tempat yang diambil adalah Jepang pascaperang dunia. Tapi di film itu, Jepang digambarkan terbagi ke dalam dua kekuasaan, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Salah satu pemisahnya adalah menara tinggi yang ada di Hokkaido. 

Ketiganya pun berencana buat menuju ke sana dengan menggunakan pesawat buatan. Tapi sebelum itu terealisasi mereka berpisah, Sayuri menghilang yang ternyata karena harus mendekam di rumah sakit karena penyakit anehnya. 

Film ini pun menceritakan tentang petualangan mereka untuk mewujudkan cita-cita mereka untuk menuju ke menara tinggi. 

Baca juga: Tetap Tajir Dicerai Suami Jennifer Dunn, Begini Gaya Hidup Mewah Sarita Abdul Mukti

2. 5 Centimeters per Second (2007)

film makoto shinkai
5 Centimeters per Second yang tayang di tahun 2007 ini juga terbilang yang sukses, (drafthouse.com).

Karya Makoto Shinkai lainnya terbagi menjadi tiga episode. Menceritakan tentang kisah hidup tokoh utama Takaki Tono. 

Di episode pertama menceritakan tentang kisah masa SD Takaki dengan gadis yang dicintainya bernama Akari. Tapi kemudian mereka terpisah karena Akari harus pindah sekolah. 

Kemudian cerita berlanjut ke masa-masa SMP. Takaki bertemu dengan gadis baru bernama Kanae. Sayangnya cintanya tak terbalaskan oleh Kanae karena ia menganggap Takaki hanya sebatas seorang teman. 

Di part terakhirnya, Takaki sudah menjadi seorang pegawai di perusahaan di Tokyo. Di sinilah kisah-kisah sedihnya dimulai saat Takaki merindukan kehadiran si Akari. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: Avengers: Endgame Pecahkan Rekor, Ini Deretan Film MCU dengan Bujet Termahal

3. Children Who Chase Lost Voices (2011)

film makoto shinkai
Children Who Chase Lost Voices tayang di tahun 2011 dan berhasil bikin sedih penonton, (metrograph.com).

Film satu ini bergenre sci-fi, yang menceritakan tentang persahabatan seorang gadis bernama Asuna dengan anak laki-laki dari negeri lain bernama Agartha. Suatu ketika Asuna diserang oleh monster jahat, tapi kemudian tiba-tiba muncul Agartha sebagai penyelamatnya. 

Saat tengah dekat-dekatnya, tiba-tiba Agartha harus pergi ke negara asalnya yang sama sekali tidak diketahui oleh Asuna. Asuna pun mengajak gurunya untuk berpetualang mencari negeri asal penyelamatnya itu. 

4. The Garden of Words (2013) 

Film Makoto Shikai
The Garden of Words yang rilis di tahun 2013, terbilang salah satu film Makoto yang sukses di pasaran, (medium.com).

Film ini berkisah tentang kisah pertemuan seorang pelajar, dengan wanita pekerja yang hidupnya tidak bahagia. Keduanya secara konsisten selalu bertemu di taman kota selama musim hujan. 

Mereka saling berbagi kisahnya masing-masing yang pelajar itu malas sekolah, dan wanita yang juga mengalami banyak masalah. 

Saat rutinitas pertemuan keduanya terus dilakukan, tiba-tiba pertemuan tersebut harus terhenti karena musim hujan usai. Sang wanita akhirnya tidak nongol lagi di taman, tapi si pelajar masih sering mengunjungi taman itu. 

5. Your Name (2016) 

Film Makoto Shinkai
Ini nih salah satu karya Makoto Shinkai yang meraup keuntungan banyak, (kinja-img.com).

“Your Name” merupakan judul film anime dirilis pada tahun 2016 menjadi film Makoto Shinkai tersukses saat ini. Bagaimana tidak ia berhasil menorehkan beragam penghargaan internasional sekaligus menjadi anime dengan keuntungan terbesar di dunia. 

Karyanya ini memperoleh pendapatan sebesar US$ 357.986.087 atau Rp 4,9 triliunan. Menjadikannya sebagai anime terlaris di dunia mengalahkan “Spirited Away”  karya Studio Ghibli. 

Total 14 penghargaan tingkat dunia juga sudah diraihnya yang paling bergengsi adalah penghargaan Sitgas Film Festival di Spanyol tahun 2016 silam. 

Ini merupakan karya tersukses Makoto Shinkai saat ini. Emosi penonton akan ikut terbawa dengan ceritanya percintaan yang tak lazim. 

Dikisahkan ada seorang pria bernama Taki dan gadis bernama Mitsuha. Keduanya tanpa diketahui penyebabnya saling bertukar tubuh ketika tertidur. Tapi anehnya lagi, keduanya sebenarnya berada di waktu dan lokasi yang berbeda. 

Sampai suatu ketika tejadi bencana meteor jatuh, dan menghancurkan seluruh desa tempat tinggal di Mitsuha. Sejak kejadian itu keduanya tak lagi bertukar tubuh. 

Itulah kelima film Makoto Shinkai yang bakal bikin kamu meneteskan air mata ketika menontonnya. Semoga saja, film teranyarnya yang berjudul “Weathering With You” bisa kembali menorehkan kesuksesan yang sama. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →