Ini 5 Pelajaran Hidup dan Finansial yang Tersimpan di Film Parasite

Salah satu adegan film Parasite

Film Parasite besutan sutradara Korea Selatan, Bong Joon-ho mendapatkan banyak piala penghargaan di ajang Oscar 2020. Di balik kesuksesan film asal Negeri Ginseng ini, ternyata banyak menyimpan pelajaran hidup dan finansial.  

Film yang memboyong empat piala Oscar di antaranya kategori Sutradara Terbaik, Film Internasional Terbaik, Penulisan Naskah Terbaik dan Film Terbaik, Parasite memang cukup diacungi jempol. Gimana gak, piala yang didapatkan merupakan nominasi-nominasi bergengsi di ajang Oscar. 

Rasanya sayang sekali ya kalau belum menyaksikan film yang dibintangi oleh Kang-ho Song, Sun-kyun Lee dan Yeo-jeong Jo ini. Dalam IMDb film ini juga mendapatkan review yang baik lho sebagai film internasional. 

Film yang menceritakan kesenjangan sosial di Korea Selatan. Kita intip aja yuk pelajaran yang bisa didapatkan ketika menonton film ini. Banyak lho nilai-nilai yang bermanfaat soal pelajaran hidup dan finansial. 

Cerita dari film Parasite sedikit banyaknya mengandung pelajaran finansial dan bisnis. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

1. Makan di rumah lebih hemat

Membiasakan menyantab makanan di urmah salah satu cara mereka
Keluarga Park lebih memilih makan-makanan di rumah meskipun datang dari orang kaya, (IMDb).

Meski keluarga Park di Film Parasite diceritakan sebagai keluarga yang datang dari kalangan orang kaya. Meskipun begitu, keluarga Park lebih memilih buat untuk melakukan kebiasaan menyantap hidangan di rumah. 

Setiap hari, asisten rumah tangga yang mereka pekerjakan selalu rutin belanja bahan makanan dan memasak untuk sang tuan rumah. Hidangan yang disajikan di rumah keluarga Park juga gak kalah enak lho dengan masakan di restoran. 

2. Rekomendasi adalah segalanya

Mengandalkan segala rekomendasi merupakan cara mereka
Mengandalkan segala rekomendasi merupakan cara mereka, (IMDb)

Masih ingat bagaimana seluruh anggota keluarga Kim bekerja di rumah keluarga Park? Semua berkat sang anak, Kim Ki-woo, yang menyamar sebagai guru private dengan menggunakan ijazah palsu. 

Di situlah, ia merekomendasikan adiknya (Kim Ki-Jeong) menjadi guru seni Park Da-Song yang masih kecil. Lamban laun, ayah mereka yaitu Kim Ki-Taek pun menjadi sopir keluarga Park, dan ibu mereka, Kim Chung-Sook, menjadi asisten rumah tangga.

Terlihat jelas bahwasannya, ketika kita telah dipercaya oleh atasan atau pemilik usaha, maka suara kita pun mulai sangat diperhitungkan. Jelas sekali bahwa rekomendasi yang diberikan Ki-Woo bisa diterima baik oleh keluarga Park. Meskipun, ada niat jahat di balik itu semua.

3. Salah rekrut karyawan itu bahaya

Jangan pernah sesekali salah dalam merekrut orang
Jangan pernah sesekali salah dalam merekrut orang, (Shutterstock).

Poin ini memiliki korelasi dengan yang kedua soal rekomendasi dan mengingatkan kita agar lebih cermat, serta gak mudah terbuai dengan omongan orang yang kita percaya. Keluarga Park memang telah tertipu atas rekomendasi karyawan yang bekerja di rumahnya. 

Mereka gak tahu bahwa guru private, guru seni, sopir, dan asisten rumah tangganya sudah berkomplot untuk memanfaatkan keluarga Park. Oleh karena itu, rasa ingin tahu terhadap latar belakang kandidat pegawai itu wajib. 

Ketahui dengan baik riwayat pendidikannya, keluarganya, dan lain sebagainya sebelum kamu mempekerjakan karyawan di rumah. Buat kamu para pemilik bisnis, poin ini tentunya sangat berguna. 

4. Kamu “bisa” kehilangan masa jayamu di kemudian hari

Sutradara film Parasite yang meraih kesuksesan di ajang Oscar 2020
Sutradara film Parasite yang meraih kesuksesan di ajang Oscar 2020, (IMDb).

Kim Chung Sook muda ternyata adalah seorang atlet yang memiliki banyak medali perak. Namun di masa tuanya, ia justru harus hidup miskin. 

Fenomena ini juga gak jauh beda dengan yang terjadi di Indonesia kok. Banyak sekali atlet yang jaya di masa muda namun sengsara di hari tuanya.

Pada dasarnya, profesi ini sangat mulia karena mengharumkan nama bangsa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tanpa pemahaman soal manajemen keuangan yang baik, maka jangan kaget kalau semuanya jadi berantakan di masa depan.

5. Segala sesuatu yang diawali dengan niat buruk akan hancur di kemudian hari

Salah satu adegan film Parasite besutan Bong Joon Ho
Salah satu adegan film Parasite besutan Bong Joon Ho, (IMDb).

Di film Parasite, Keluarga Kim hidup dalam kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan. Mereka semua bekerja sebagai pelipat kardus pizza dengan upah yang terlampau kecil.

Bisa dibilang profesi itu sih halal-halal saja, namun memang gak menghasilkan banyak uang. Demi penghasilan yang lebih besar, Kim Ki Woo rela menghalalkan segala cara, dengan melakukan penipuan. Namun apa yang terjadi?

Semua niat jahat itu pun jadi masalah besar di kemudian hari. Intinya, cari uang itu yang penting halal deh. Gak usah nipu-nipu atau nekat sampai mencelakakan seseorang. Alih-alih berhasil yang kita rasakan di kemudian hari justru sebaliknya. 

Itulah secuil pelajaran hidup dan finansial yang bisa dipetik dari film Parasite. Drama yang satu ini memang gak cuma menunjukkan kita soal seramnya kesenjangan sosial, namun juga seberapa mengerikannya dampak kesalahan dalam membuat keputusan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)