8 Perusahaan Fintech Indonesia Paling Berjaya di Tahun 2019

peer to peer lending

Pesatnya perkembangan teknologi finansial atau fintech di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini telah mengubah sebagian besar aspek kehidupan masyarakat.

Fintech adalah produk inovasi digital yang memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menawarkan layanan keuangan dalam skala yang luas, bahkan internasional. 

Di negara berkembang seperti Indonesia, teknologi keuangan ini umumnya didominasi oleh perusahaan-perusahaan startup atau rintisan. Di tahun 2017, tercatat sekitar 140 perusahaan fintech Indonesia dengan total nilai transaksi sekitar Rp251 triliun. 

Berikut 8 daftar perusahaan yang berhasil mendominasi pasar fintech Indonesia saat ini. 

1. Bareksa

fintech indonesia Bareksa
Sumber gambar: Bareksa.com  

Berdiri sejak tahun 2013, Bareksa adalah marketplace yang menawarkan layanan jual-beli produk investasi reksadana online. Selain itu, perusahaan fintech Indonesia ini juga menyediakan beragam informasi seputar investasi, saham, dan obligasi

Sering disebut sebagai salah satu pionir marketplace investasi, Bareksa berhasil mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menaungi berbagai perusahaan manajer investasi ternama di Indonesia. 

2. Amartha 

finetch indonesia Amartha
Sumber gambar: Amartha.com

Amartha adalah layanan peer to peer lending atau wadah digital yang mempertemukan pengusaha mikro dengan pemodal untuk melakukan kegiatan pinjam-meminjam dana secara online.

Di tahun 2019, Amartha berhasil melewati 20 standar pengujian prosedur yang diterapkan OJK. Pengujian ini bertujuan membuktikan kesiapan Amartha dalam inovasi bisnis model, skala usaha, instrumen keuangan, dan terdaftar di asosiasi penyelenggara pendanaan. 

3. Koinworks

fintech indonesia koinworks
Sumber gambar: Koinworks.com

Koinworks adalah perusahaan peer to peer lending Indonesia pertama yang memberikan layanan pendanaan dan pinjaman online tanpa agunan. Berdiri sejak tahun 2016, startup fintech Indonesia ini berhasil menggaet lebih dari 300 ribu pengguna dan terdaftar secara resmi di OJK. 

Di tahun 2019, Koinworks berhasil mendapatkan suntikan dana segar senilai Rp170 miliar dari EV Growth dan Quona Capital, bersama dengan beberapa investor lainnya. 

4. CekAja.com

fintech indonesia
Sumber gambar: CekAja.com

CekAja.com adalah situs marketplace yang menawarkan pilihan produk finansial dan asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pribadi. Singkatnya, salah satu pionir fintech Indonesia ini dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang cerdas.

Berdiri sejak tahun 2014, CekAja.com telah melayani lebih dari 25 juta konsumen dan didukung oleh lebih dari 55 mitra bank, lembaga pembiayaan, asuransi, investasi, dan fintech yang terdaftar resmi di OJK. 

5. Gopay

fintech indonesia gopay
Sumber gambar: Shutterstock.com

Dielukan-elukan sebagai salah satu perusahaan unicorn di Indonesia, Gopay memiliki fungsi sebagai e-wallet atau dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek.

Bahkan, di tahun 2018, Gopay berhasil meraih gelar sebagai aplikasi pembayaran digital nomor 1 di Indonesia dan menyentuh angka pendanaan senilai Rp17,3 triliun. 

6. Finansialku 

Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan dan portal edukasi berbasis aplikasi yang berdiri sejak tahun 2013. Untuk menikmati layanan dari fintech Indonesia ini, Anda perlu melakukan registrasi di situs www.finansialku.com. 

Finansialku sudah terdaftar secara resmi di OJK dan telah bekerjasama dengan beberapa bank serta institusi keuangan lainnya. Di tahun 2018 saja, perusahaan keuangan ini berhasil menggaet lebih dari 65 ribu pengguna aplikasi. 

7. T-Cash 

fintech indonesia link aja
Sumber gambar: Linkaja.id

T-Cash berfungsi sebagai uang elektronik yang dapat digunakan untuk semua transaksi pembayaran dan pembelian secara online. 

Berdiri sejak tahun 2007, perusahaan yang berada di bawah naungan Telkomsel ini telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia dan OJK sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan lagi. Saat ini, T-Cash menggandeng sekitar 25 juta pelanggan dan lebih dari 75 ribu merchant di Indonesia. 

8. UangTeman 

fintech indonesia
Sumber gambar: Uangteman.com

UangTeman adalah situs digital yang memberikan layanan pinjaman tanpa agunan dengan maksimal waktu pengembalian selama 30 hari. Setelah melewati serangkaian penilaian, PT Digital Alpha Indonesia atau UangTeman resmi mendapatkan izin permanen dari OJK  pada tanggal 24 Mei 2019. 

Di tahun 2017, startup fintech Indonesia ini juga mendapatkan pendanaan seri A sebesar Rp160 miliar dari K2 Venture Capital, Enspire VC, dan Alpha JWC Ventures. 

Itulah beberapa daftar perusahaan yang mendominasi dunia fintech Indonesia saat ini. Perlu Anda ketahui bawa saat ini tercatat lebih dari 1,230 fintech P2P yang beroperasi tanpa izin dari OJK. Itu sebabnya, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih layanan keuangan online, ya!

Silakan cek apa saja fintech Indonesia yang telah terdaftar secara resmi di situs resmi OJK sebagai langkah antisipasi jika berniat memanfaatkan fintech sebagai solusi keuangan Anda.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →