Fitur Baru IGTV Bisa Bikin Kamu Bokek Lho, Gini Cara Mengakalinya

IGTV Launching (instagram-press.com)

Udah coba fitur baru Instagram, IGTV? Buat kamu yang belum tahu, coba lihat ke ujung kanan atas pada feeds Instagrammu. Kamu bakal menemukan simbol kecil seperti layar TV. Itulah IGTV.

Sebelumnya IGTV dibuat terpisah dari aplikasi Instagram, tapi baru-baru ini fitur tersebut tersedia di langsung aplikasi dalam bentuk tab.

Kevin Systrom, CEO Instagram, mendesain fitur ini buat memudahkan pengguna menonton video langsung dari ponsel. Platform video panjang Instagram ini kabarnya pengin menyaingi popularitas YouTube lho.

Berbeda dari platform video lainnya, kamu gak perlu sibuk mencari video yang pengin ditonton. Pasalnya, gitu menyalakan aplikasi atau menekan tab fitur ini, video bakal otomatis terputar.  Video-video yang tayang tentunya dari akun-akun yang telah kamu follow.

Gimana? Makin asyik toh aplikasi jejaring sosial satu ini? Eits, jangan salah. Di balik keseruan fitur baru ini, ada bahaya yang mengintaimu.

Bahaya yang bikin kantong makin cepat kempes!

Fitur IGTV bisa bikin kamu makin boros

IGTV
(Image: Popsugar)

Bahkan tanpa fitur ini juga, aplikasi Instagram udah memakan banyak paket data atau kuota Internet. Dilansir dari Wirefly, saat kamu menelusuri feed Instagram selama satu jam melalui smartphone, sedikitnya kamu bakal menghabiskan 100 MB data. Dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan penggunaan buat streaming lagu.

Jika rata-rata penggunaan bermain Instagram sekitar satu sampai tiga jam per hari, artinya tiap harinya kamu menggunakan hingga 300 MB. Dalam sebulan, kuota Internet buat Instagram aja udah sekitar 9 GB. Belum lagi jika kamu gemar melihat IG Stories, jumlahnya tentu bisa melebihi kisaran tersebut.

Oleh sebab itu, kehadiran fitur IGTV bukan gak mungkin menyita kuota Internetmu bahkan hingga dua kali lipat lebih banyak. Durasi video yang ditayangkan, yang semula cuma satu menit, kini jadi sekitar 10 menit. Para selebgram atau publik figur bahkan bisa mengunduh video hingga berjam-jam lamanya.

Waduh, kebayang gak tuh, berapa kuota yang kamu habiskan nantinya?

Saat ini, rata-rata harga paket Internet dengan kapasitas 9 GB berkisar antara Rp 60-200 ribuan. Dengan fitur tambahan yang bikin makin betah membuka aplikasi Instagram, tentu kocek yang kamu keluarkan buat kuota jadi semakin besar.

Baterai smartphone jadi cepat habis

IGTV
(Image: Liputan6)

Gak cuma pada kuota Internet, dampak serupa juga terjadi pada baterai ponselmu. Apalagi Instagram dan beberapa aplikasi lain tetap menguras paket data sekaligus daya ponsel walau gak digunakan.

Hal ini karena Instagram tetap berjalan sebagai background process atau aktivitas selain aktivitas utama seperti sinkronisasi, mengecek notifikasi atau pesan masuk, dan sebagainya. Artinya, ponselmu gak “berhenti bekerja” dan terus menggunakan daya ponsel karena proses-proses pada berbagai aplikasi termasuk Instagram tetap berjalan.

Tips main Instagram irit kuota dan hemat baterai

IGTV
(Image: mashable)

Nah, kamu yang pengin tetap menikmati fitur baru Instagram ini tanpa pengin pusing mikirin kuota dan gak pengin umur baterai jadi berkurang, tenang aja. Ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan biar penggunaan paket data dan baterai ponsel saat main media sosial bisa diperketat.

Cara 1: mematikan fitur putar video otomatis

Buat bikin Instagram gak memutar video secara otomatis, kamu bisa mengaturnya sendiri. Berikut caranya:

  • Buka profile
  • Klik Settings/Options
  • Pilih Celullar Data Use, lalu aktifkan fitur Use Less Data

Pengaturan ini cuma bakal bikin video tayang jika kamu pilih atau menekan Play. Meski gitu, saat terhubung Wi-Fi perubahan ini gak berlaku lagi.

Cara 2: menonaktifkan fitur push-notification

Buat menghemat daya ponsel dan paket data, bisa dilakukan dengan mengatur notifikasi yang diterima. Berikut caranya:

  • Buka profile
  • Klik Settings/Options
  • Pilih Push Notifications, lalu pilih jenis notifikasi yang pengin kamu non-aktifkan.

 

Contohnya, jika kamu merasa gak perlu melihat semua tayangan live video di Instagram, kamu bisa menonaktifkan notifikasi Live Video. Gitu pula dengan notifikasi dari IGTV Video Updates.

Fitur Anti Kecanduan

Sebagai bentuk tanggung jawab, Kevin Systrom juga bakal meluncurkan fitur baru buat mencegah pengguna Instagram kecanduan aplikasi ini. Fitur ini bernama Usage Insight yang bakal menunjukkan waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram. Fitur ini ditujukkan buat menyadarkan para pengguna yang telah menghabiskan waktu berjam-jam bermain media sosial.

Nah, selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, keberadaan fitur baru Instagram juga bisa menguras kantongmu dengan cara yang lain. Pasalnya fitur baru ini merupakan lahan potensial buat berbagai brand memasang iklan.

Hal ini gak bisa disepelekan, karena melihat iklan suatu produk melulu bisa bikin kamu tergoda buat membeli secara impulsif. Jadi, kamu harus pintar-pintar menahan diri saat terpapar iklan lebih banyak.

IGTV tentu punya berbagai manfaat yang bisa dirasakan penggunanya. Meski gitu, kamu juga harus waspada pada efek sampingnya. Sekalipun kelak fitur anti kecanduan diluncurkan,  kendali terbesar tetap ada di tanganmu. Sepakat, kan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →