8 Trik Foto Prewedding Keren dengan Bujet Minimal

Selanjutnya, Estimasi Biaya Prewedding

Foto prewedding adalah bagian penting dari pernikahan sebagai wujud dari romantisme berdua. Namun sayang, untuk menjadikannya terlihat indah akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari jasa fotografer, lokasi, dekorasi, pakaian, sampai makeup.

Lalu, bagaimana jika bujet yang dimiliki sangat terbatas? Apakah masih bisa melangsungkan foto prewedding sesuai impian? Jawabannya, tentu saja bisa. Tergantung kepada seberapa kreatif Anda dalam merealisasikan ide dan mengatur anggaran.

Nah, untuk membantu Anda dalam menghasilkan foto prewedding keren berbujet minim, mari kita ikuti trik-trik berikut ini.

1. Menentukan Tema Foto Prewedding

Tema Foto Prewedding

Selayaknya, foto prewedding impian harus didukung oleh suatu tema. Sebelum memutuskan tema, ada baiknya untuk mendiskusikannya terlebih dahulu bersama pasangan perihal kecocokan di hati dan dan tentu saja di kocek juga.

Misalnya, Anda sangat menginginkan foto prewedding dengan tema alam, seperti menyelam di laut bersama pasangan sambil berpakaian pernikahan. Tentu tema tersebut terlihat unik dan menarik, namun bujet yang dibutuhkan pun akan sangat besar.

Inilah saatnya Anda berkompromi untuk mengangkat tema yang lebih sederhana, namun tetap kreatif. Sebagai contoh, cobalah berfoto di antara rak-rak buku sambil bernostalgia saat Anda pertama kali bertemu pasangan.

2. Tuliskan Peralatan Dekorasi yang Dibutuhkan

Tuliskan Peralatan Dekorasi yang Dibutuhkan

Setelah menentukan tema foto prewedding yang diinginkan, ada baiknya untuk segera menuliskan apa saja peralatan dekorasi yang akan dibutuhkan nantinya.

Cobalah memilih peralatan yang tidak susah untuk dicari. Mintalah bantuan teman-teman, siapa tahu mereka bisa bantu menyediakannya sehingga Anda tidak perlu menyewa atau membeli peralatan baru.

3. Sesuaikan Pengeluaran dengan Bujet

Jadi Begini Cara Mendapatkan Kredit Rumah Murah

Seusai Anda menuliskan seluruh daftar peralatan dekorasi yang mau dipakai, kini saatnya menyesuaikan pengeluaran tersebut dengan bujet yang dimiliki.

Pastikan untuk menyesuaikan bujet bersama pasangan agar Anda dapat berdiskusi tentang biaya apa saja yang perlu dikurangi atau ditambah. Penyesuaian ini pun sangat penting dilakukan untuk mengurangi biaya tidak terduga yang nantinya bisa saja terjadi.

4. Berdayakan Teman untuk Membantu Foto Prewedding

Berdayakan Teman untuk Membantu Foto Prewedding

Di sinilah manfaat menjalin hubungan baik bersama teman-teman terdekat. Anda dapat meminta bantuan mereka untuk menentukan lokasi, tema, jasa fotografer, sampai peralatan dekorasi yang mau digunakan.

Siapa tahu juga dengan sering mendiskusikannya bersama teman-teman, Anda bisa mendapatkan rekomendasi jasa fotografer murah atau mendapati teman yang mahir dalam hal fotografi bersedia memberi bantuan.

Dengan begitu, biaya jasa fotografi bisa dikurangi sehingga Anda dapat mengalokasikan surplus anggaran untuk kebutuhan lain yang sama pentingnya.

5. Cari lokasi yang dekat dan mempermudah sesi foto

Cari lokasi yang dekat dan mempermudah sesi foto

Yang terpenting untuk dipikirkan untuk foto prewedding adalah penentuan lokasi. Dalam hal ini, Anda tidak bisa sembarangan memilih karena harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Jarak antara lokasi dengan tempat tinggal Anda.
  • Tidak melebihi perencanaan anggaran.
  • Tingkat keamanan area pemotretan.

Anda tentu harus berhati-hati dalam menentukan pengeluaran lokasi ini agar tidak mengganggu limit anggaran lainnya.

6. Mengenakan kostum milik sendiri

Mengenakan kostum milik sendiri

Salah satu cara menekan anggaran untuk foto prewedding adalah dengan mengenakan kostum sendiri. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membuat pakaian baru atau menyewa yang sudah jadi. Selain akan memakan biaya, ukurannya pakaian sewa biasanya tidak pas di tubuh.

7. Tidak perlu MUA, kerahkan kemampuan Anda berdandan

Tidak perlu MUA, kerahkan kemampuan Anda berdandan

Makeup atau dandanan merupakan hal yang sangat penting bagi kaum hawa, apalagi jika mau melangsungkan foto prewedding. Pastinya Anda ingin tampil sangat cantik, bukan? Nah, karena itulah peran Makeup Artist (MUA) diperlukan. Sayangnya sampai saat ini masih jarang jasa MUA yang menawarkan harga miring dengan kualitas bagus.

Oleh karena itu, mari mulai kerahkan kemampuan Anda dalam hal berdandan karena pastinya kemampuan Anda tidak akan kalah dengan para MUA profesional selama Anda percaya diri. Namun, jika Anda tetap merasa tidak bisa berdandan sendiri, di sinilah seorang teman kembali bisa diandalkan. Coba kontak teman Anda yang sangat mahir berdandan.

8. Persiapkan Dana Tidak Terduga

Persiapkan Dana Tidak Terduga

Meskipun Anda telah menyesuaikan seluruh anggaran dengan dana yang ada, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi selama proses foto, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan dana tidak terduga yang bisa saja akan terjadi.

Dengan begitu Anda dapat melakukan foto prewedding dengan tenang dan bahagia sehingga hasil yang dikeluarkan pun akan sangat baik.

Nah, itu dia kumpulan trik foto prewedding dengan bujet minim yang bisa Anda ikuti. Semoga Anda terbantu, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →