Pernah Cerita ke Jokowi soal Sekolah Bisa, Frederika Cull Tembus 10 Besar Miss Universe

Frederika Cull

Frederika Cull

Frederika Cull menembus 10 besar Miss Universe 2019 yang digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu 8 Desember 2019 malam waktu setempat atau Senin 9 Desember pagi waktu Indonesia.

Jika Frederika Cull jadi perwakilan Indonesia di kontes kecantikan tersebut, Zozibini Tunzi, wakil dari Afrika Selatan sukses menyabet gelar Miss Universe 2019.

Perempuan 26 tahun itu dinobatkan sebagai ratu tercantik sejagat setelah mengalahkan dua perwakilan Meksiko dan Puerto Rico.

Kepala Zozibini dihiasi mahkota Miss Universe 2019 usai pembawa acara Steve Harvey mengumumkan namanya sebagai pemenang dalam kontes kecantikan terpopuler ini.

frederika cull
Zozibini Tunzi, wakil dari Afrika Selatan Miss Universe 2019 (Instagram/@missuniverse)

Meski Zozibini Tunzi kini telah dinobatkan sebagai ratu tercantik sedunia, Frederika Cull yang mewakili Indonesia dan masuk 10 besar ajang bergengsi itu masih menjadi sorotan.

Frederika Cull
Frederika Cull tembus 10 besar Miss Universe (Instagram/@missuniverse)

Sebelum lolos mewakili Indonesia di ajang tersebut, pemilik nama lengkap Frederika Alexis Cull itu diketahui telah menjalani karantina sejak 28 November lalu bersama 85 finalis dari banyak negara lainnya. 

Blasteran Inggris dan Lampung kelahiran Gold Coast, Australia, 20 tahun lalu itupun menjadi Puteri Indonesia pertama yang sukses masuk dalam Top 10 Miss Universe.

Selain cantik dan berprestasi, Frederika memiliki banyak fakta menarik lain tentangnya. Yuk, ketahui di sini:

1. Sudah menjadi model di usia muda

frederika cull
Sudah jadi model sejak masih kecil (Instagram/@frederikacull)

Setelah lulus sekolah dasar, Frederika pindah ke Jakarta dan mulai masuk dunia modeling di usia sembilan tahun. Karenanya, dia begitu akrab dengan kontes-kontes kecantikan sejak dini.

Baca juga: Gaya Miss Universe Catriona Gray yang Cantik Banget

2. Aktif di Sekolah Bisa untuk anak-anak kurang mampu 

frederika cull
Aktif di Sekolah Bisa untuk anak-anak kurang mampu (Instagram/@frederikacull)

Wanita 20 tahun ini diketahui aktif berkontribusi dalam Sekolah Bisa yang terletak di Pondok Aren, Tangerang, Banten.

Sekolah Bisa merupakan tempat belajar yang sengaja didirikan dan ditujukan bagi anak-anak yang orangtuanya kurang mampu secara ekonomi.

“Saya melihat ada masalah di Indonesia dan saya ingin melakukan sesuatu yang baik untuk Indonesia. Semakin maju dan membantu orang yang tidak memiliki suara,” ungkap Frederika seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, beberapa waktu lalu.

Di sekolah tersebut, Frederika Alexis Cull membantu anak-anak mendapatkan akta kelahiran. Dia menyebutkan sekitar 30 persen dari jumlah penduduk di Indonesia tidak memiliki akta kelahiran. Karena itu, mereka kesulitan mengakses pendidikan dan kesehatan yang memadai.

3. Penyuka olahraga ekstrem

frederika cull
Penyuka olahraga ekstrem (Instagram/@frederikacull)

Rajin minum air putih untuk menjaga kesehatannya, Frederika ternyata termasuk wanita yang menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga ekstrem, salah satunya rugbi.

“Belum banyak orang yang tahu kalau saya pencinta olahraga rugbi. Saya pernah ikut kompetisi itu tahun lalu. Saya juga suka muay thai dan olahraga ekstrem,” katanya seperti dilansir Cantika.com

“Saya sudah mencoba semua jenis olahraga ekstrem. Bila ada waktu luang, saya sempatkan ke gym,” sambungnya.

4. Pencinta binatang

frederika cull
Pencinta binatang (Instagram/@frederikacull)

Selain berjiwa sosial tinggi dengan sesama manusia, Frederika Cull juga termasuk penyayang binatang.

Terbukti, dia bekerja sama dengan tempat penampungan hewan di Jakarta untuk menyelamatkan dan melindungi hewan peliharaan yang dilantarkan. Dia juga masuk dalam kampanye setop makan daging anjing.

5. Sempat terpeleset di panggung, tapi tembus 10 besar Miss Universe 2019

frederika cull
Sempat terpeleset di panggung, tapi tembus 10 besar Miss Universe 2019 (Instagram/@frederikacull)

Sebelum sukses masuk Top 10 Miss Universe 2019, Frederika menjalani beragam sesi penilaian di kontes kecantikan tersebut.

Salah satunya adalah sesi yang menampilkan pakaian renang atau bikini. Saat memeragakan bikini bermotif macan hitam putih, mulanya dia tampak lancar berjalan di atas panggung. Namun, tiba-tiba dia terpeselet ketika masih melenggang di tengah panggung.

Meski terpeleset di pangung, Frederika dapat langsung menguasai diri dan bersikap seperti tidak terjadi apa-apa. 

Hingga akhirnya, Frederika Cull menorehkan sejarah baru bagi Indonesia dengan berhasil menorehkan prestasi sangat membanggakan, yaitu sukses menembus 10 besar Miss Universe 2019. 

Selamat ya, semoga semakin banyak prestasi yang bisa ditorehkan Frederika Cull! Dan, semoga prestasinya ini bisa menginspirasimu!