Fungsi Thermostat Mobil: Jenis, Cara Kerja, dan Perawatan

fungsi thermostat mobil

Thermostat adalah salah satu sistem pendingin untuk mesin mobil agar mesin tidak terlalu panas. Bagi pengguna mobil, penting untuk memahami apa fungsi thermostat, cara kerja, dan apa akibatnya jika pada sistem pendinginan tidak terpasang thermostat. 

Dalam artikel ini, Lifepal membahas fungsi thermostat mobil lengkap dengan jenis-jenisnya. 

Fungsi thermostat mobil

Fungsi thermostat mobil adalah suatu sistem di dalam mesin mobil untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan stabil, terutama saat mobil sedang digunakan dalam perjalanan jauh agar mesin tidak overheat (terlalu panas).

Thermostat menjadi salah satu dari beberapa komponen alat pendingin mesin mobil. Letak thermostat mobil ada di dalam saluran air yang mengalir dari mesin ke radiator mobil.

Suhu mobil ideal adalah 80-92 derajat celcius. Itu adalah suhu pada proses pembakaran yang optimal agar mesin mobil memiliki performa maksimal dan konsumsi bahan bakar juga efisien.

Jadi, fungsi thermostat mobil bersama sistem pendingin mesin adalah untuk menyeimbangkan suhu mesin mobil agar tidak overheat lebih dari 80-92 derajat celcius dan membantu performa mesin mobil tetap optimal. 

Jenis thermostat mobil

Berdasarkan pengaplikasiannya, terdapat dua jenis thermostat mobil yaitu: 

1. Thermostat tanpa katup bypass 

Pada mobil lama atau mobil klasik, umumnya menggunakan jenis thermostat tanpa katup bypass ini. Letak thermostat mobil tanpa katup bypass ini berada di inlet radiator.

Kelebihan thermostat tanpa katup bypass adalah harganya cenderung lebih terjangkau. Namun, kekurangannya adalah thermostat ini tidak memiliki line cadangan untuk mendinginkan mesin mobil saat suhu tinggi bila thermostat rusak.

2. Thermostat dengan katup bypass

Ini adalah jenis thermostat yang terpasang pada mobil-mobil baru. Letak thermostat dengan katup bypass berada di dalam outlet radiator, lengkap dengan katup bypass yang terintegrasi ke dalam sistem termostat. 

Kelebihan thermostat dengan bypass valve adalah terdapat sistem pengaman dari katup bypass untuk menstabilkan suhu mesin bila sistem thermostat utama mengalami kerusakan. Namun, harga thermostat AC mobil jenis ini lebih mahal. 

Cara kerja thermostat mobil

Thermostat mobil untuk mendinginkan mesin mobil bekerja dengan cara sebagai berikut: 

  • Water pump atau mesin pompa akan memompa air untuk mengalirkannya ke dalam mesin. 
  • Air akan mengalir di water jacket (saluran air pada sekeliling mesin mobil).
  • Melalui sepanjang aliran water jacket itu, air pendingin akan menyeimbangkan suhu mesin dan mengeluarkan suhu panas mesin masuk ke radiator. 
  • Thermostat mobil akan terbuka dan bekerja bila mesin mobil mencapai suhu panas 85-90 derajat celcius untuk mendinginkan mesin mobil.
  • Katup thermostat mobil akan tertutup secara otomatis bila suhu mesin mobil normal.

Nah, keseluruhan cara kerja thermostat mobil itu beriringan bersama semua sistem  dan komponen di dalam mobil. Ini akan bekerja secara otomatis bila kamu memasang thermostat mobil. 

Cara cek thermostat mobil

Kamu perlu mengecek thermostat dan seluruh mesin mobil ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi dan kegunaan thermostat mobil. 

Namun, ini beberapa ciri yang mudah dikenali bila thermostat mobil kamu mulai rusak adalah sebagai berikut:

  • Thermostat sudah terbuka atau aktif pada suhu 30 derajat celcius padahal mesin belum panas dalam suhu itu. 
  • Mesin mobil butuh waktu lama untuk bekerja mencapai suhu kerja mesin karena thermostat sudah terbuka sebelum mesin panas. Akibatnya, mesin tetap dingin dan sulit atau butuh waktu lama untuk proses pembakaran agar mesin bertenaga. 

Sebelum mesin mencapai suhu kerja (80-92 derajat celsius), thermostat harus dalam keadaan tertutup. Thermostat yang masih bagus akan terbuka dan aktif setelah mesin mencapai suhu kerja dan tetap menyeimbangkan suhu tersebut selama mobil dikendarai. 

Selain itu, cara cek thermostat mobil dengan memantau level air radiator. Gunakan cairan radiator resmi untuk mencegah kerak atau karat pada thermostat.

Apa akibatnya jika pada sistem pendinginan tidak terpasang thermostat?

Sudah dijelaskan bahwa fungsi thermostat adalah mendinginkan mesin mobil bila suhunya mulai panas akibat digunakan dalam perjalanan jauh atau jalur jalan yang menantang. 

Bila mobil tidak memiliki thermostat, maka akan ada risiko overheat atau mesin mobil terlalu panas. Kondisi overheat akan membuat mesin mobil jadi cepat rusak. 

Ini dampak lain bila kamu melepas thermostat mobil:

  • Proses pembakaran akan lama dan performa mesin akan tidak maksimal. 
  • Proses pembakaran juga akan lebih boros bahan bakar. 
  • Overheat akibat membuat mesin mobil (kepala silinder) jadi melengkung. 
  • Risiko mesin mobil tidak bertenaga karena overheat atau mesin lemah karena terlalu dingin. 

Beberapa mekanik memang sengaja melepas thermostat mobil agar mesin jadi selalu dingin, namun ada kerugiannya. Jadi sangat penting untuk tetap memasang thermostat mobil lengkap dengan sistem pendingin mesin mobil. 

Itulah pembahasan tentang fungsi thermostat mobil, cara kerja, jenis, dan akibatnya bila melepas thermostat. Bersama sistem pendingin mesin mobil lainnya, thermostat berguna untuk menjaga suhu mesin mobil tetap stabil, memiliki performa maksimal, proses pembakaran efisien, dan mencegah overheat.

Ciri- ciri thermostat mobil rusak 

Di atas sudah dijelaskan cara cek thermostat yang rusak. Nah sebenarnya, ada ciri-ciri yang patut kamu curigai jika thermostat mengalami kerusakan. Berikut beberapa di antaranya. 

Thermostat terlihat terbuka ketika pada temperatur ruang

Ciri ini paling mudah untuk dikenali. Jika thermostat sudah terbuka dan temperatur berkisar 30 derajat celcius, maka kemungkinan ada masalah pada pada sirkulasi air pendingin. 

Jika thermostat normal maka seharusnya tetap tertutup pada temperatur ruang. Kamu dapat mempertimbangkan untuk mengganti thermostat yang baru. 

Kinerja mesin membutuhkan waktu yang lama

Berkaitan dengan poin sebelumnya, thermostat yang terus terbuka atau rusak akan berpengaruh pada suhu kerja mesin yang tidak dapat tercapai. Jika hal demikian terjadi, maka kamu sebaiknya membawa mobil ke bengkel terdekat atau mengganti thermostat yang baru. 

Thermostat macet

Ciri lainnya adalah thermostat macet sehingga mengganggu fungsi thermostat mobil itu sendiri. Dalam kasus ini, suhu sudah cukup tinggi, bisa mencapai 90 derajat namun thermostat tidak terbuka. Orang lebih sering menyebutnya sebagai thermostat macet. 

Akibat dari thermostat macet ini adalah adanya gangguan pada siklus pada air radiator sehingga membuat mesin mobil tetap dalam keadaan panas. 

Bahan bakar lebih boros 

Salah satu ciri thermostat rusak adalah jika kamu merasa bahan bakar mobil lebih boros. Meski bukan satu-satunya penyebab, kamu perlu curiga masalahnya ada pada thermostat. 

Thermostat rusak dapat menjadi penyebab mobil boros bensin karena suhu mesin yang terus menerus dalam keadaan rendah bisa membuat konsumsi BBM lebih banyak. 

Mesin sering mengalami overheating

Overheating merupakan salah satu ciri thermostat rusak yang paling jelas. Cirinya mobil akan terasa seperti menggelitik, AC mobil terasa lebih panas alias AC mobil tidak dingin dan tenaga mobil seperti berkurang. 

Jika terjadi masalah seperti itu, patut diwaspadai jika penyebabnya pada fungsi thermostat mobil yang tidak lagi maksimal. 

Biaya ganti thermostat yang baru 

Thermostat bisa didapatkan dengan cara membeli baru atau kw. Namun, Lifepal menyarankan untuk membeli thermostat baru saja agar lebih mahal. 

Harga thermostat berkisar  antara Rp200 ribu hingga Rp350 ribuan. Sementara harga thermostat kw bisa jauh lebih murah, bahkan ada yang menjual Rp60 ribuan. 

Selain thermostat itu sendiri, sebenarnya ada komponen lainnya yang berbahan karet berbentuk bulat. Jika sudah terlalu lama, komponen karet ini akan keras dan perlu diganti. 

Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp20 ribuan saja. 

Itulah pembahasan tentang fungsi thermostat mobil, cara kerja, jenis, dan akibatnya bila melepas thermostat. Bersama sistem pendingin mesin mobil lainnya, thermostat berguna untuk menjaga suhu mesin mobil tetap stabil, memiliki performa maksimal, proses pembakaran efisien, dan mencegah overheat.

Tips dari Lifepal! Bila mencurigai thermostat rusak dari performa mesin mobil yang tidak maksimal, silakan segera memperbaikinya untuk mencegah kerusakan mesin mobil. 

Lakukan juga pengecekan mesin dan kondisi mobil secara berkala di bengkel mobil terdekat untuk memastikan performa dan keamanan mobil kamu. 

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar fungsi thermostat mobil