Gadai BPKB Mobil Aman dan Mudah di Pegadaian

gadai bpkb mobil

Beberapa lembaga keuangan seperti Pegadaian dapat memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan BPKB mobil.

Pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil menjadi salah satu solusi mendapatkan dana tunai dalam kondisi mendesak. Nantinya, pinjaman dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk biaya berobat, biaya pendidikan, hingga tambahan modal usaha.

Selain menerima gadai BPKB mobil, lembaga pinjaman juga menerima BPKB Motor. Perlu diketahui bahwa BPKB yang digadaikan merupakan kendaraan yang sudah lunas atau tidak sedang dalam proses masa cicilan.

Syarat Pinjaman dengan Gadai BPKB Mobil

gadai bpkb mobil

Pegadaian memiliki beberapa produk pinjaman. Namun, secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan terkait syarat untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian.

Adapun syarat untuk mendapatkan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil, antara lain:

  1. Fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya.
  2. Kartu Keluarga dan Akta Nikah.
  3. Jaminan berupa BPKB Mobil serta menunjukkan STNK asli dan faktur pembeliannya.
  4. Menyetujui surat bukti kredit (SBK) atau surat pinjaman.

Produk Pinjaman Pegadaian

gadai bpkb mobil

Di bawah ini adalah beberapa produk pinjaman yang bisa diajukan oleh nasabah menggunakan jaminan BPKB mobil atau motor.

Kredit Cepat  Aman (KCA) Gadai Arrum
Plafon Rp50 ribu-Rp500 jt Rp1 jt-Rp400 jt
Tenor 1-120 hari 12-36 bulan
Sewa Modal 0.75% per 15 hari 1% dari pinjaman
Proses pinjaman 30 menit 3 hari
Jaminan BPKB BPKB

Beberapa produk pinjaman tersebut bisa diajukan di semua cabang Pegadaian terdekat dengan cakupan lebih dari 4000 outlet di seluruh Indonesia. Dengan memenuhi persyaratan, nasabah sudah dapat mengajukan pinjaman pada hari dan jam operasional.

Bunga, Tenor, dan Denda Pinjaman BPKB Mobil

gadai bpkb mobil

Secara umum, pinjaman di Pegadaian sedikit berbeda dengan pinjaman di bank dalam hal penentuan tenor. Pinjaman di Pegadaian memberikan tenor singkat dalam empat bulan atau 120 hari.

Pinjaman yang diberikan sudah harus dilunasi dalam tenggat waktu yang ditentukan tersebut tanpa perlu dipecah dalam bentuk cicilan. Dengan kata lain, cicilan boleh saja dibayarkan sekaligus sebelum jatuh tempo.

Besarnya pinjaman tergantung dari taksiran harga mobil yang diberikan. Usia, merek, dan tipe kendaraan akan menjadi pertimbangan pihak Pegadaian untuk menentukan nilai taksiran.

Pada umumnya, jumlah pinjaman yang diberikan tidak lebih dari 70 persen harga kendaraan. Sebagai contoh jika harga kendaraan ditaksir sebesar Rp100 juta, artinya pinjaman yang diberikan tidak akan melebihi Rp70 juta.

Bunga atau sewa modal yang yang ditetapkan oleh Pegadaian tergantung produk pinjaman yang dipilih. Besar bunga pinjaman antara 0,75% per 15 hari sampai dengan 1,25% per bulan.

Pinjaman yang melebihi jatuh tempo akan dikenai denda berupa tambahan sewa modal sesuai dengan produk pinjaman yang dipilih.

Tips Mengajukan Pinjaman BPKB Mobil

Produk Pinjam Uang di Pegadaian

Pada dasarnya, pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil merupakan salah satu solusi mendapatkan dana tunai dengan cepat.

Proses pengajuan pinjaman di kantor Pegadaian akan diproses antara 20-30 menit dengan catatan syarat dan dokumen kelengkapan sudah dilengkapi.

Cara menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian pun relatif lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa tips agar pinjaman dapat disetujui oleh Pegadaian.

  • Sesuaikan pinjaman dengan produk yang dipilih.
  • Usahakan umur kendaraan masih tergolong muda.
  • Pastikan melengkapi dokumen seperti STNK dan faktur pembelian kendaraan.

Sebagai saran agar pelunasan cicilan nanti tidak memberatkan, pilihlah tenor cicilan yang tersingkat agar bunga yang dibebankan pun tidak terlalu tinggi. Selain itu agar uang pinjaman dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, gunakanlah untuk memenuhi kebutuhan produktif, misalnya untuk berobat atau untuk modal merintis usaha.

Berkebalikan dari itu adalah kebutuhan konsumtif yang mana uang pinjaman hanya digunakan untuk membeli barang yang sifatnya tidak mendesak, misalnya membeli ponsel baru untuk mengganti yang lama, membeli baju baru, atau membeli aksesoris kecantikan.

Meski sebetulnya Anda bisa melakukan gadai BPKB mobil di tempat lain, namun selalu pastikan bahwa lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar di OJK sehingga data pribadi dan transaksi mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum dari negara sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →