Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ternyata Segini Rata-Rata Gaji Fresh Graduate Indonesia

Gaji Fresh Graduate Indonesia (Shutterstock)

Berapa sebenarnya gaji fresh gradute Indonesia? Ungkapan cerita mahasiswa lulusan Universitas Indonesia (UI)  yang menolak tawaran gaji Rp 8 juta per bulan jadi perhatian publik.

Bahkan pada linimasa twitter, topik dengan hastag #gaji8juta terus bertengger pada posisi teratas sebagai trending topik.

Berkaitan dengan gaji, standar gaji fresh graduate atau baru lulus kuliah di Indonesia sangat beragam. Semua tergantung jenis pekerjaan, profesi, pengalaman, perusahaan hingga beban pekerjaannya. 

Fresh Graduate merupakan istilah yang sering digunakan pada seorang yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja. Lulus dapat berarti lulus sekolah maupun lulus dari kuliah, yang sebelumnya belum pernah bekerja.

Hanya Rp 2 Juta Per Bulan

Lantas berapa rata-rata gaji karyawan per bulan di Indonesia?Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait hasil survei soal rata-rata gaji bersih karyawan di Indonesia dengan rentang usia 20-24  tahun hanya Rp 2.108.362 per bulan.

Sedangkan untuk gaji paling tinggi bagi fresh graduate berdasarkan survei BPS ada pada jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Untuk posisi ini rata-rata gaji bersih tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan ini sebesar Rp 3.327.742 per bulan.

Sementara itu, untuk gaji terendah bagi fresh graduate ada pada jenis perkerjaaan tenaga profesional, teknisi, dan yang sejenis sebesar Rp 1.701.183 per bulan.

Basis Angkatan Kerja

Berdasarkan data dari BPS diketahui bahwa basis angkatan kerja di Indonesia pada Februari 2019 adalah sebanyak 136,18 juta orang.

Jumlah tersebut terbagi menjadi 129,36 juta penduduk yang bekerja dan 6,82 juta penduduk pengangguran.

Rincian lebih lengkap dari total 129,36 juta pekerja tersebut adalah sebagai berikut:

Sekitar 39,13 persen atau 50,62 juta orang atau jumlah mayoritas dari total pekerja adalah buruh/karyawan/pegawai. Sekitar 57,27 persen atau 74,08 juta orang bekerja di sektor informal dan turun sebesar 0,95 persen dibanding Februari 2018.

Sebanyak 19,17 persen atau 24,8 juta di antaranya berstatus sebagai wirausahawan. Posisi freelance atau pekerja lepas berjumlah 4,55 persen atau sekitar 5,89 juta orang.

Profesi dengan jumlah orang terbanyak adalah dari sektor pertanian yaitu sebesar 29,46 persen atau 38,11 juta orang.

Kemudian di sektor perdagangan memiliki jumlah sebanyak 18,92 persen atau 24,47 juta pekerja. Sektor dengan jumlah orang paling sedikit adalah sektor pengadaan listrik dan gas, yaitu hanya sebanyak 310 ribu orang.

Terakhir, dari sektor keuangan dan asuransi memiliki jumlah pekerja sebanyak 1,38% atau 1,79 juta orang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →