Gaji Presiden Cina Ternyata Lebih Kecil dari Jokowi

Gaji Presiden

Cina adalah negara terbesar keempat di dunia. Bukan cuma itu, perekonomian mereka juga kuat banget. Tapi siapa sangka gaji Presidennya masih kalah besar sama pak Joko Widodo?

Masa sih? Kan Cina negara maju? Singapura aja gaji Perdana Menterinya mencapai US$ 2,2 juta atau setara Rp 32 miliar per tahun?

Betul kok. Gaji presiden Jokowi dalam setahun adalah Rp 752 juta. Selain itu, dalam sebulan dia menerima sekitar Rp  62.740.000 buat tunjangan lain. Jumlah ini masih jauh lebih besar daripada Presiden Cina Xi Jinping.

Gaji Presiden Cina cuma US$ 22 ribu setahun

Sejak tahun 2015, Xi Jinping menerima gaji sebesar US$ 22 ribu setahun atau setara Rp 321.430.635 aja. Kalau dihitung-hitung, dalam sebulan dia cuma terima Rp 26 jutaan. Ini sih setara dengan gaji manajer di sebuah perusahaan.

Iya, serius cuma segitu.

Laporan mengenai gaji Presiden Negeri Tirai Bambu ini juga tercantum di Wikipedia kok. Topik soal ini juga menjadi pembahasan media-media luar negeri.

Tentu aja kalau dibanding reputasi mereka, gaji presiden itu gak ada apa-apanya. Kita semua kan tahu gimana majunya perekonomian negara itu. Malah sejak 2008 mereka adalah pesaing utama Amerika dalam hal perdagangan. Jumlah penduduk di sana juga terbanyak di dunia.

Apa gak capek ya mengurus negara segitu besarnya tapi cuma digaji kecil?

Gaji Presiden Cina udah naik 62 persen

Asal kamu tahu nih, sebelum tahun 2015, gaji Presiden Cina masih jauh di bawah US$ 22 ribu. Pada tahun itulah pemerintah Cina menetapkan kenaikan gaji sebesar 62 persen.

Sebelum tahun 2015, kepala negara di Negeri Panda itu cuma menerima gaji sebesar 7.020 Yuan atau setara Rp 14 juta aja per bulan. Kecil banget.

Apakah ini merupakan efek karena Cina adalah negeri Komunis? Bisa jadi seperti itu sih.

Tapi biar kata negeri Komunis, Cina itu maju banget. Coba aja kamu bandingkan dengan negara-negara Komunis lain seperti Kuba, Laos, Korea Utara, atau Vietnam. Rakyat di negara-negara tersebut terlihat miskin banget deh.

Laporan kekayaan Xi Jinping kurang transparan

View this post on Instagram

Chinese diplomats have, in recent days, sneakily replaced “trade war” with less harsh terms like “trade friction” in open remarks. This change of words shows Beijing has maintained restraint, even when the trade war with Washington keeps escalating, leaving rooms for the world’s two largest economies to reopen talks. Chinese diplomats are rather careful in the choice of words. Trade friction, difference, dispute, and problem were other less harsh terms China’s foreign ministry spokespersons normally used in routine press conferences before the trade war outbroke on Jul 6. #tradewar #trade #china🇨🇳 #china #beijing #us #xijinping #xi #trump #war #news #analysis #diplomat #diplomacy

A post shared by Silvi Media (@silvimedia) on

Walaupun terkuak ke media bahwa gaji presiden di negara tersebut kecil, Cina terkenal gak transparan soal kekayaan para pejabatnya. Jadi gak seperti Indonesia yang cukup sering mengumumkan jumlah kekayaan calon pejabat.

Sebagai presiden di negara tersebut, Xi Jinping tergolong revolusioner. Dia cukup aktif memberantas korupsi dan mengedepankan pemerintahan yang bersih.

Tapi, dia sendiri gak pernah blak-blakan mengumumkan berapa total aset dan kekayaannya ke publik.

Bloomberg melaporkan bahwa Xi Jinping memiliki seorang putri bernama Xi Mingze. Nah, Xi itu kuliah di Harvard tapi dengan menggunakan nama samaran. Tujuannya biar gak diketahui publik bahwa dia adalah putri orang nomor satu di Cina.

Nah, kalau anaknya sendiri bisa melanjutkan studi di sana, berarti Xi Jinping punya banyak uang dong? Atau bisa jadi Xi Mingze emang dapat beasiswa khusus sih.

Aset Presiden Cina dikabarkan berlimpah

Selain memberi informasi tentang putri Xi Jinping, Bloomberg juga pernah melaporkan bahwa Xi punya banyak investasi. Investasi itu gak cuma dalam satu sektor lho.

Kabarnya, keluarga Xi punya saham dalam jumlah besar di Shenzhen Yuanwei, sebuah perusahaan properti. Laporan ini terkuak di media pada 2011 silam.

Xi Jinping juga dikabarkan punya saham di Jiangxi Rare Earth & Rare Metals Tungsten Group, Beijing’s Hiconics Drive Technology company, dan sebuah vila di Hong Kong.

Laporan ini pernah dikonfirmasikan langsung ke Menteri Luar Negeri Cina. Akan tetapi, dia menolak berkomentar.

Itulah informasi seputar gaji Presiden Cina sekaligus investasinya. Sayang banget ya transparansi di sana belum maksimal. Jadi kita belum tahu persis apa betul gaji Xi Jinping sekecil itu atau malah lebih besar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →