Gak Keterima CPNS? 4 Profesi Ini Juga Menjanjikan untuk Hari Tua Kamu Lho!

PNS

Pendaftaran untuk tes seleksi masuk calon PNS sudah dibuka. Total sebanyak lebih dari 150 ribu posisi dibuka. Nah bagi kamu yang gak lolos masuk, sebetulnya banyak lho profesi yang menjanjikan juga dan bercuan kelak nanti!

Posisi tersebut tersebar gak cuma di pemerintah atau lembaga kementerian pusat, tetapi juga ada pemerintah provinsi maupun daerah. Latar belakang pegawai yang dibutuhkan juga beragam, mulai dari tenaga pendidik, ahli, hingga tenaga medis. 

Buat sebagian besar orang, bekerja menjadi abdi negara adalah dambaan. Hal ini karena berbagai gaji dan tunjangannya yang menggiurkan hingga hari tua nanti. 

Untuk bisa lolos kamu harus bersaing dengan banyak orang dari berbagai daerah. Satu posisi saja, mungkin yang melamar bisa ribuan orang, dan tentunya banyak yang lebih pintar dari kamu. 

Namun, menjadi PNS bukanlah satu-satunya jalan untuk menuju sukses. Banyak profesi yang menjanjikan buat kamu dari segi pendapatan, maupun dari segi karier

Baca juga: Coba Lihat, 10 Gambar Inspirasi Ini Bisa Memotivasimu dalam Karier

1. Pengusaha salah satu profesi yang bisa kamu lakoni jika gak keterima jadi PNS

PNS
Menjadi pengusaha salah satu cara kamu bisa menghasilkan cuan lho di hari tua, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjadi pengusaha ternyata lebih menggiurkan ketimbang jadi PNS lho! Tapi untuk bisa menjadi pengusaha sukses membutuhkan pengorbanan dulu. Jatuh bangun adalah hal yang biasa, kadang dagangan laris, kadang juga sepi. Tapi itulah salah satu kiat untuk sukses. 

Setelah sukses, pendapatanmu per bulannya bahkan bisa melebihi gaji dan tunjangan pegawai negeri. Selain gaji, waktu kerjanya juga lebih fleksibel, kamu bisa berangkat kerja kapanpun dan dimanapun. 

Kalau pegawai kan harus masuk pagi dan pulang sesuai waktunya, kadang kalau ada lemburan baliknya larut malam. 

Baca juga: Dear Bos, Seperti Ini 5 Karakteristik Generasi Z di Dunia Kerja

2. Pegawai BUMN 

PNS
Gak keterima jadi PNS, kamu bisa nih melirik menjadi pegawai BUMN, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu gak berhasil jadi PNS, kamu bisa bekerja di perusahaan milik negara alias BUMN. Bekerja menjadi pegawai BUMN saat ini sudah enak, baik dari segi karier maupun pendapatannya. 

Soal gaji pokok di BUMN biasanya lebih besar ketimbang gaji pokok PNS. Selain itu tunjangannya juga melimpah, ada BUMN yang memberikan gaji lebih dari 15 kali dalam satu tahun untuk pegawainya. 

Baca juga: Supaya Langsung Akrab, Begini Cara Simpel Memperkenalkan Diri di Lingkungan Kerja Baru

3. YouTuber 

PNS
Gak ada salahnya nih menjadi YouTuber, (Ilustrasi/Shutterstock).

Profesi YouTuber belakangan ini tengah digandrungi banget di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak, pendapatan yang didapatkan bisa jauh lebih besar berkali-kali lipat dari pegawai negeri! Dengan catatan, mereka memiliki banyak subscriber dan viewer. 

Di Indonesia sendiri ada Atta Halilintar, yang penghasilan per bulannya bisa mencapai 1,8 miliar, kemudian ada Raditya Dika yang diperkirakan meraup cuan Rp 1,2 miliaran per bulan, dan masih banyak lagi Youtuber sukses lainnya. 

Kalau kamu memiliki keahlian di dalam membuat video, gak ada salahnya untuk terjun ke dunia ini. Tapi, kamu harus memikirkan dulu konten apa yang mau kamu suguhkan dan bisa menarik banyak penonton. 

4. Data scientist 

PNS
Salah satu profesi yang menjanjikan adalah menjadi data scientist, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kini semua dunia kerja sudah bergantung dengan big data alias kumpulan data-data yang dimuat di dalam suatu platform. Data-data tersebut digunakan untuk penentuan kebijakan sampai pengambilan langkah bisnis ke depannya suatu korporasi.

Tapi data tersebut tidak akan ada apabila tidak ada data scientist. Secara garis besar sih mereka bertugas untuk mengumpulkan data, mengolah, sampai menganalisanya. Jangan main-main, gaji yang didapatkan sangat besar, bisa lebih dari Rp 10 juta per bulan. 

Kalau di Amerika Serikat sih posisi ini berada di urutan teratas dengan gaji sekitar Rp 1,5 miliar per tahun! 

Itulah empat profesi yang menjanjikan selain PNS. Sebenarnya apapun profesinya, kamu bisa mencapai kesuksesan kok, asalkan dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan bekerja semaksimal mungkin. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)