Gak Sampai Rp 50 Ribu, 4 Menu Sahur Ini Bisa Jadi Pilihan Berpuasa Hemat

Selama bulan puasa, sahur kudu wajib dilakukan kalau gak mau nahan haus dan lapar lebih berat lagi. Soal menu sahur, ada kok yang praktis dan pastinya gak bikin kamu repot buat nyiapinnya.

Intinya kalau menyajikan menu sahur tuh gak perlu yang mewah-mewah. Menu sahur yang sederhana udah cukup kok bikin perut terisi dan memenuhi gizi kamu.

So, deretan menu sahur ini bisa jadi ide buat kamu yang lagi bingung mau masak apa. Pastinya dijamin gak bikin uangmu keluar banyak.

1. Masak nasi goreng putih

Menu Sahur
Nasi goreng putih (merdeka)

Dari namanya aja kamu pasti membayangkan kalau nasi goreng putih ini benar-benar berwarna putih. Nyatanya, nasi goreng ini begitu selesai dimasak masih ada cokelat-cokelatnya kok. Walaupun gak secokelat nasi goreng pada umumnya.

Buat bikinnya sebagai menu sahur, kamu perlu nyiapin bahan-bahannya ini:

500 gram nasi putih: Rp 6.000

1 butir telur dikocok lepas: Rp 1.500

75 gram ayam fillet dipotong-potong: Rp 3.375

1 buah sosis ayam dipotong-potong: Rp 1.000

2 siung bawah putih dicincang halus: Rp 5.500

50 gram mixed vegetable: Rp 2.000

½ sendok makan kecap ikan

½ sendok teh garam

¼ sendok teh kaldu ayam bubuk

1 batang daun bawang iris halus: Rp500

1 sendok makan minyak untuk menumis

Total: Rp 19.875

Cara masaknya:

  • Mulai dengan menumis bawang putih yang udah dicincang halus.
  • Tuang telur yang sudah dikocok.
  • Kemudian masukkan daging ayam dan sosis ayam yang telah dipotong-potong.
  • Aduk sampai campuran tersebut berubah warna.
  • Terus tuang mixed vegetable. Lalu aduk kembali.
  • Tambah nasi putih, kecap ikan, garam, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan daun bawang.
  • Masak hingga matang dan nasi goreng pun telah siap untuk disajikan sebagai menu sahur.

2. Mi goreng plus sarden kombinasi

Menu sahur
Mi goreng plus sarden kombinasi (resepkoki)

Buat yang suka sarden dan mi, boleh nih sajikan menu yang satu ini buat sahur. Mi yang punya kandungan karbohidrat dikombinasikan dengan sarden yang gizinya bernilai tinggi, termasuk di dalamnya protein, lemak, dan vitamin D.

Bahan-bahan yang kamu perlu siapkan buat bikin mi goreng ditambah sarden antara lain:

200 gr mi telur: Rp 10.000

2 sendok makan minyak

3 buah bawang merah yang dicincang: Rp 5.000

2 buah kemiri yang disangrai: Rp 1.000

4 buah cabai merah kering yang ditumbuk halus

1 sendok teh gula pasir

1 cm lengkuas

1 sendok teh bubuk kunyit

1 batang serai yang diambil putihnya

150 gr sarden dan airnya: Rp 3.450

1 buah jeruk nipis: Rp 1.000

4 sendok makan saus tomat

10 buah jamur merang yang diiris tipis: Rp 5.000

Bawang goreng secukupnya

1 batang daun bawang yang diiris tipis: Rp 500

Total: Rp 25.950

Cara masaknya:

  • Mi telur direbus hingga lunak dan matang kemudian tiriskan.
  • Habis itu panaskan minyak lalu tumis bawang merah, kemiri, cabai merah kering, dan gula pasir sampai bau harumnya tercium.
  • Kemudian tambahkan lengkuas, kunyit bubuk, dan serai.
  • Siram dengan air sarden, air jeruk lemon, dan saus tomat.
  • Masak sampai air berkurang seperempatnya.
  • Masukkan jamur dan ikan sarden terus aduk sampai matang.
  • Setelah itu, letakkan mi di piring saji lalu siram dengan kuah sarden dan menu sahur pun siap disajikan. Jangan lupa buat taburi bawang goreng dan daun bawang.

3. Tumis tahu pedas

Menu Sahur
Tumis tahu pedas (vemale)

Sajian yang ada tahunya memang nikmat rasanya. Bahan makanan yang kaya kandungan protein ini cocok banget buat jadi sumber energi dan jaga kesehatanmu selama bulan puasa.

Buat kamu yang pengin menu sahur nanti ada hidangan tahu, bisa nih coba menyajikan tumis tahu pedas gurih. Bahan-bahannya apa saja?

2 buah tahu cina, potong 3 x 4 x 2 cm: Rp 8.000

2 buah cabai hijau, potong serong tipis Rp 1.000

2 cm jahe, dimemarkan: Rp 1.000

100 gram udang: Rp 9.600

2 tangkai daun bawang, dipotong 1 cm: Rp 1.000

3/4 sendok teh garam

1/8 sendok teh merica

5 butir bawang merah: Rp 7.000

2 siung bawang putih: Rp 5.500

4 buah cabai merah keriting

1 buah tomat ukuran kecil

Total: Rp 33.100

Cara masaknya:

  • Jahe dan cabai hijau ditumis sampai tercium harum.
  • Lalu masukkan udang yang sudah dicincang. Kemudian aduk hingga warnanya berubah.
  • Habis itu masukkan tahu dan daun bawang lalu aduk hingga rata.
  • Taburi garam dan merica terus aduk lagi. Tuang air 150 ml dan masak hingga mengental. Menu sahur tumis tahu pedas pun siap disajikan.

4. Martabak mi

Menu Sahur
Martabak mi (vemale)

Masak mi kalau gitu-gitu doank lama-lama bosan juga. Coba deh kreasiin olahan mi pakai menu martabak mi.

Bahan-bahan menu martabak mi itu simpel kok. Ini lho bahan-bahannya:

2 bungkus mi instan goreng: Rp 5.000

3 butir telur: Rp 4.500

1 siung bawang putih (cincang): Rp 2.750

2 siung bawang merah (cincang): Rp 1.700

2 batang daun bawang (iris tipis): Rp 1.000

1/4 sendok teh merica bubuk (gak harus)

Total: Rp 14.950

Cara masaknya:

  • Rebus mi sampai matang dan tiriskan.
  • Terus campur dengan semua bumbu mi, bumbu iris, dan telur kemudian aduk hingga rata.
  • Biar terbentuk, gunakan cetakan kecil yang udah dioles margarin/minyak buat menuang adonan martabak.
  • Masak dengan api kecil dan tutup cetakan.
  • Tunggu hingga matang dan martabak mi mini buat menu sahur siap disajikan.

Itulah menu-menu yang boleh banget kamu hidangkan jadi menu sahur nanti. Dan tentunya dijamin praktis, banyak gizi, dan murah lagi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →