Deretan Game Online dengan Pendapatan Puluhan Triliun, Termasuk PUBG?

Game online

Game PUBG belakangan ini lagi jadi sorotan. Sebab game online ini diisukan bakal dapat fatwa haram dari MUI. Wah, main game bisa haram juga toh?

Bukan tanpa alasan kenapa MUI punya wacana pengharaman game PUBG. Adanya konten kekerasan dalam game ini hingga pengaruhnya yang disebut-sebut jadi inspirasi penembakan brutal di New Zealand mendorong MUI buat mempertimbangkan adanya fatwa haram.

Sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari MUI buat mengharamkan game online ini. Lepas dari wacana halal atau haramnya game PUBG, rupanya game yang satu ini dilaporkan meraup pendapatan yang fantastis lho, yaitu sebesar US$ 1,028 miliar atau Rp 14,63 triliun.

Gak nyangka ya satu game aja bisa cetak pendapatan setinggi itu, gimana dengan game-game lainnya? Nah, game PUBG boleh hasilkan pendapatan yang tinggi. Namun, faktanya ada permainan lainnya yang bahkan pendapatannya melebihi dari pendapatan PUBG.

Penasaran apa aja game online yang hasilkan pendapatan bernilai fantastis? Dikutip dari Forbes, berikut ini daftarnya.

Baca juga: Harganya Setara Rumah Mewah di Kemang! Ini 5 Mainan Termahal di Dunia

1. Fortnite

Game online
Fortnite merupakan permainan terlaris di dunia nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Game yang satu ini menjadi salah satu permainan yang paling laris di dunia. Pasalnya, game Fortnite mencatat rekor pendapatan tertinggi tahun 2018, yaitu sebesar US$ 2,4 miliar atau Rp 34 triliun. Pendapatan tersebut diperolehnya dengan menjual skin karakter, emoji, dan item lainnya.

Fortnite menjadi permainan gratis yang banyak di-download di App Store. Walaupun begitu, game ini belum tersedia di Play Store. Rencananya sih permainan yang dikembangkan Epic Games ini bakal segera bisa dinikmati pengguna Android, tapi gak tahu kapan.

Baca juga: Makin Digemari, Popularitas Fintech P2P Lending Bakal Kalahkan Bank

2. Dungeon Fighter Online

Game online
Dungeon Fighter Online salah satu permainan yang pendapatannya cukup banyak, (dfoneople.com).

Ada Dungeon Fighter Online yang menjadi permainan kedua terlaris di dunia. Game yang dikembangkan Nexon Co. Ltd. ini dilaporkan mencetak pendapatan hingga US$ 1,5 miliar atau Rp 21 triliun tahun 2018.

Game Dungeon Fighter Online disebut-sebut memiliki pemain hingga 600 juta yang tersebar di seluruh dunia. Dengan jumlah pemain yang banyak tersebut, Dungeon Fighter Online tercatat menghasilkan pendapatan hingga US$ 11,8 miliar atau Rp 168 triliun sepanjang perjalanannya.

Baca juga: Ada yang Hartanya Rp 512 Triliun, Gak Nyangka Orang-Orang Ini Tajirnya Berkat Judi

3. League of Legends

Game online
League of Legends pendapatannya mencapai Rp 19 triliun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sementara League of Legends menjadi game online nomor tiga terlaris di dunia. Game yang dikembangkan Riot Games dan Tencent ini kabarnya mencatat pendapatan hingga US$ 1,4 miliar atau Rp 19 triliun.

Pendapatan yang dicetak game League of Legends diperoleh dari penjualan Riot Points (RP). Bisa dibilang Riot Points adalah semacam mata uang yang digunakan buat belanja item-item yang dibutuhkan pemain dalam game ini.

4. Pokemon GO

Game online
Pokemon GO salah satu permainan yang pendapatannya gede nih mencapai Rp 18 triliuan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Game online yang satu ini pastinya gak asing lagi buat kamu. Pokemon GO sempat fenomenal tahun 2016. Game ini sepanjang 2018 telah menghasilkan pendapatan sebesar US$ 1,3 miliar atau Rp 18,51 triliun.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pokemon GO mendapatkan penghasilannya dengan menawarkan beberapa item berbayar. Mulai dari Pokeballs, Incese, lucky eggs, lure modules, egg incubators, bag upgrades, hingga pokemon storage upgrades.

Pemain bisa membeli item-item tersebut dengan mata uang Pokecoins. Nah, Pokecoins inilah yang dijual Niantic dan The Pokemon Company yang menjadi pengembang game Pokemon GO.

5. Crossfire

Game online
Crossfire permainan yang pendapatannya mencapai Rp 18 triliunan, (cfnext.lytogame.com).

Selanjutnya, game online yang terlaris di dunia adalah Crossfire. Game yang dirilis pada 3 Mei 2007 ini meraih pendapatan sebesar US$ 1,3 miliar atau Rp 18,51 triliun.

Crossfire tercatat memiliki 8 juta pemain yang aktif pada tahun 2017. Sementara pada 2018, jumlah orang-orang yang registrasi di Crossfire mencapai 660 juta.

Nah, itu tadi daftar game online yang mencetak pendapatan dengan nilai yang fantastis. Gak menutup kemungkinan ke depan posisi tersebut bisa berubah. Di tunggu aja nih game mana yang bakal cetak pendapatan lebih banyak tahun ini. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →