Mendulang Uang dari Garage Sale! Ikuti Tips dan Triknya Biar Laku Keras

Kini banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan buat menghasilkan banyak uang, salah satunya adalah dengan menjual barang bekas lewat garage sale. Ketimbang barang bekas menumpuk di rumah mendingan kamu jual di garage sale deh.

Jadi, kamu mengumpulkan semua barang yang udah gak terpakai tapi masih bagus buat kamu jual kembali lewat garage sale. Biasanya apa sih item-item yang gak terpakai alias barang bekas yang menumpuk? Ya, banyak mulai dari sepatu, tas sekolah atau pakaian juga bisa lho.

Selain dapat uang, dengan menggelar garage sale juga bakal membuat rumah kamu menjadi lebih rapi. Lagipula daripada didiamkan aja di rumah yang ada jadi tempat nyamuk bersarang. Lebih baik dijual, lumayan uangnya buat tambahan tabungan jalan-jalan pas tahun baru.

Bahkan, gak sedikit juga orang yang ingin pindahan rumah menggelar garage sale buat mengurangi barang bawaannya ke rumah yang baru.

Garage sale bisa dilakukan di mana aja, kalau biasanya kamu melihat di beberapa tempat seperti saat ada acara atau festival.

Baca juga: Manfaat Garage Sale Bisa Menambah Pendapatan Keluarga Loh, Gak Percaya?

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mendulang banyak pundi-pundi uang lewat garage sale alias barang dagangan kamu laku keras.

Gimana caranya? Gak usah berlama-lama lagi, langsung aja yuk ikuti tips dan triknya di bawah ini.

1. Memilih barang yang ingin dijual

Pilih barang yang sekiranya masih layak buat dijual saat garage sale, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memilah-milih barang apa aja yang ingin kamu jual di garage sale, seperti pakaian, aksesoris, perabot rumah dan lainnya.

Namun, sebelum dijual pastikan kalau barang tersebut masih layak digunakan ya dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum dijual.

Ya, gak mungkin juga kamu menjual barang yang berdebu dan kotor. Siapa juga yang mau beli kalau bentuk barangnya seperti itu.

Baca juga: Butuh Uang Secepat Mungkin? Coba Deh 6 Cara Gampang Ini

Buku bekas juga bisa kamu jual di garage sale lho. Pasalnya, banyak sekali orang yang memburu buku bekas karena harganya yang cukup murah. Kamu bisa memilih buku yang sudah jarang dibaca ya.

2. Menentukan harga jual

Tentukan harga jual yang pantas buat setiap itemnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin ini bisa dibilang penting banget lho yaitu menentukan harga jual. Karena nyatanya, masih banyak sekali orang yang belum tahu gimana cara menentukan harga yang pas saat menjual barang bekas.

Jadi, kamu perlu tahu betul nih harga pasaran buat barang tersebut. Kamu bisa mencarinya lewat website atau forum jual beli barang bekas buat mencari tahu kisaran harganya.

Baca juga: Pas Bokek, 5 Barang di Rumah Ini Bisa Kamu Sulap Jadi Duit

Selain itu, sesuaikan juga merek serta kondisi fisiknya. Perlu diketahui buat harga barang second hand umumnya turun 30 sampai 50 persen dari harga beli.

3. Memilih lokasi jual yang tepat

Pilih lokasi yang tepat saat mengadakan garage sale, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah sudah mengetahui barang apa aja yang ingin dijual dan menemukan harga yang tepat. Saatnya buat memilih lokasi jual yang tepat.

Sesuaikan lokasi jual dengan jumlah barang serta keuntungan yang akan kamu peroleh. Jika barang bekas milikmu totalnya tidak terlalu banyak, sebaiknya dijual lewat online saja. Jadi, kan gak perlu keluar modal tambahan untuk sewa booth.

4. Desain garage sale kamu semenarik mungkin

Desain semenarik mungkin buat acara cuci gudang kamu ini di depan rumah, (Ilustrasi/shutterstock).

Tak hanya barang-barangnya yang bersihkan sebelum dijual. Kamu juga harus mendesain lapak garage sale kamu semenarik mungkin buat menarik minat masyarakat.

Kamu juga perlu effort cukup buat menciptakan tampilan yang menarik. Pasalnya, bisa dibilang agar sulit membuat tampilan barang yang menarik buat  barang second hand, beda dengan barang baru.

Tapi gak perlu khawatir, kamu bisa menciptkan visual dengan teman yang unik dan dilengkapi dengan properti pendukung seperti tenda dan juga beberapa rak gantung.

5. Interaksi dengan pembeli

Berinteraksi dengan pengunjung perlu banget saat garage sale, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu tentu tahu istilah “pembeli adalah raja”. Jadi, kamu jangan pernah tersinggung jika ada pembeli yang menarik barang daganganmu dengan harga murah.

Jika gak  sesuai, kamu bisa menjawabnya dengan baik. Atau kamu bisa membalas tawaran tersebut dengan memberikan diskon khusus, misalnya minimal pembelian tiga atau lima barang, maka akan diberikan potongan harga Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu.

Nah, itu dia lima tips dan trik mudah biar barang dagangan kamu saat garage sale bisa laris manis dan menghasilkan banyak uang. Mengadakan garage sale emang perlu sih buat kamu yang emang suka belanja barang baru.

Setiap barang baru yang masuk ke dalam lemari kamu, misalkan baju dan celana, mau gak mau bakal menumpuk banget dan alhasil bakal jarang memakai pakaian lama. Ketimbang menumpuk dan gak ada fungsinya, cara bikin garage sale bisa lho.

Garage sale salah satu cara yang pas buat kamu mengeluarkan barang-barang yang menumpuk di dalam rumah atau lemari baju. Pilih pakaian, celana atau baju yang udah gak terpakai tapi masih memiliki kualitas layak pakai dan pas buat dijual saat garage sale

Gak cuma itu, kamu juga mesti rela saat menjual barang-barang bekas kamu ke acara ini. Jangan sampai nanti pas meriksa barang bekas sayang buat dijual eh malah masuk lagi ke dalam lemari.

Kalau udah begitu sama aja bohong, kamu gak bisa menghasilkan uang dari garage sale ini. Jadi dari sekarang coba deh memulai hal yang kecil dengan bikin acara ini atau ikut-ikutan sama teman kamu. (Editor: Mahardian Prawira).