GarudaFood Terus Berjaya, Ini Rahasia Sukses Sudhamek yang Patut Ditiru

Sudhamek dikenal karena kesuksesannya dalam membesarkan GarudaFood. Rupanya keberhasilannya dalam memajukan perusahaan yang populer karena kacang Garuda dan Pilus ini gak lepas dari kiat-kiat sukses yang diterapkannya selama ini.

Gak cuma itu, kiat sukses yang dijalankan selama ini telah mengantarkan dirinya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Forbes memasukan nama Sudhamek ke daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Ia disebut-sebut punya kekayaan hingga US$ 810 juta atau Rp 12 triliun.

Kalau kamu tahu seperti apa sejarah hidup Sudhamek, kamu pasti bakal kagum sama sosoknya. Dulunya pria yang lahir di Rembang pada 20 Maret 1956 pernah merasakan pahitnya hidup susah. Malah ia pernah di-bully gara-gara miskin.

Terdengar miris memang kisah hidup bos GarudaFood ini. Alih-alih jadi minder dan berlarut-larut dalam keterpurukan, ia justru mendorong dirinya buat terus melangkah maju.

Hingga kemudian datang sebuah kesempatan besar untuk mengubah nasib. Terlahir miskin, kini dia menjadi kaya raya berkat kerja keras. Malah si korban bully ini menjadikan hidupnya berguna dengan membuka lapangan pekerjaan buat ribuan orang.

Balik lagi ke awal, kiat sukses seperti apa yang bisa bikin pemilik nama lengkap Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto seperti sekarang ini? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

1. Manajemen yang baik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Forbes Indonesia (@forbes_id) on Jan 2, 2015 at 2:32am PST

Sudhamek mengakui bahwa manajemen yang baik menjadi kiat suksesnya dalam membesarkan GarudaFood. Berkat manajemen yang udah tertata dengan baik, risiko-risiko yang muncul sewaktu menjalankan bisnis bisa diminimalkan, bahkan diantisipasi agar gak terjadi nantinya.

Apalagi bisnis yang dari awal hingga kini dijalankannya adalah bisnis keluarga. Persoalan-persoalan yang muncul tentunya lebih pelik. Dapat dibayangkan seperti apa jadinya nasib perusahaan tanpa manajemen yang baik. Bisa-bisa bakal timbul persoalan hak milik. Inilah yang gak diinginkan Sudhamek.

2. Pentingnya berinovasi dan perbaikan terus-menerus

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GarudaFood_ID (@garudafood_id) on Jul 31, 2018 at 4:20am PDT

Hampir semua pengusaha sukses setuju kalau terus berinovasi adalah kiat sukses dalam membesarkan bisnis. Kiat ini pun yang disetujui Sudhamek. Baginya GarudaFood bisa seperti sekarang karena terus berinovasi.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Tengok aja varian-varian yang dihadirkan GarudaFood, mulai dari kacang kulit rasa, kacang kulit biga, kacang atom pedas, kacang telur, hingga kacang keriting. Semuanya adalah wujud inovasi yang dilakukan bisnis Sudhamek.

Gak cukup berinovasi, pengusaha yang pernah bekerja di Gudang Garam ini juga menekankan pentingnya melakukan perbaikan terus-menerus. Dengan adanya perbaikan, konsumen merasa masukannya dihargai dan gak menutup kemungkinan bertambahnya konsumen nantinya.

3. Kinerja mesti terukur

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GarudaFood_ID (@garudafood_id) on Feb 27, 2018 at 8:07pm PST

Setiap melakukan pekerjaan harus ada ukuran yang dipakai guna mengetahui apakah kinerja udah sesuai harapan atau belum. Umumnya ukuran yang digunakan adalah target yang ditetapkan secara berkala.

Target ini nantinya meningkat terus dengan syarat target sebelumnya udah tercapai. Namun, kalau belum tercapai, perlu adanya perbaikan. Selain sebagai acuan kinerja yang terukur, adanya target bisa menjadi standar yang dipakai saat bekerja nantinya.

4. Ciptakan strategi yang jitu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GarudaFood_ID (@garudafood_id) on Feb 27, 2018 at 8:07pm PST

Menurut Sudhamek, strategi yang jitu amat diperlukan dalam pengembangan bisnis. Jangan cuma sekadar produksi terus menunggu hingga konsumen datang. Intinya, jemput bola sebelum direbut orang lain.

Selain itu, strategi yang dipakai GarudaFood agar bisnisnya terus berkelanjutan adalah perlunya mencermati selera konsumen. Dari sini nantinya bisa dipikirkan kira-kira seperti apa strategi yang mesti diciptakan buat merebut hati konsumen nanti.

5. Menjaring sumber daya manusia yang kompeten

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GarudaFood_ID (@garudafood_id) on Nov 18, 2017 at 12:47am PST

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Percuma aja udah capek-capek susun strategi yang jitu kalau orang-orang yang menjalankannya gak kompeten. Makanya buat Sudhamek, sumber daya manusia ini menjadi kunci dalam memuluskan setiap business plan yang dibuat.

Itulah alasannya kenapa GarudaFood menyeleksi benar-benar setiap kandidat yang datang melamar. Semuanya bertujuan agar didapat sumber daya manusia yang punya kompetensi dan kapabilitas di bidangnya.

Di samping itu, Sudhamek juga pernah menyatakan dalam suatu wawancara ada tiga nilai yang diyakininya. Pertama, perlunya kedisiplinan. Kedua, pentingnya kerja keras. Ketiga, betapa berharganya kejujuran.

Semua nilai itu didapat Sudhamek dari ayahnya. Dari ketiga nilai itulah, ia memahami artinya pembelajaran. Demikian kiat-kiat sukses dari Sudhamek. Semoga bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →